Dihadiri Erick Thohir, Barikade 98 Gelar Peringatan Sumpah Pemuda

Erick Thohir juga menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap Barikade 98 yang memiliki jaringan di provinsi hingga kabupaten.

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Okt 2021, 14:10 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Ketua Umum Barikade 98 Benny Rhamdani dan Sekjen Arif Rahman saat perayaan Hari Sumpah Pemuda, Kamis (28/10/2021). (Ist)

Liputan6.com, Jakarta Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 di Markas Besar Barikade 98, Jalan Cimandiri 7 Jakarta Pusat terasa istimewa. Sebab, selain dihadiri Ketua Umum Benny Rhamdani dan Sekjen Arif Rahman, acara ini juga kedatangan tamu Menteri BUMN Erick Thohir yang mewakili anak muda dengan penuh gagasan besar.

Tiba di lokasi, Erick Thohir langsung melihat keunikan markas Barikade 98 yang dilengkapi dengan foto-foto di dinding yang mencerminkan situasi dan semangat Reformasi 1998. Di samping itu Erick Thohir juga melihat ruang rapat, ruang kerja, studio dan ruang pusat data.

Arif Rahman selaku Sekjen Barikade 98 membuka acara dengan mengenalkan pengurus yang hadir. Di samping itu juga menyampaikan komitmen Barikade 98 untuk mengawal kebijakan Erick Thohir dalam rangka perbaikan BUMN. Di samping itu dia menyampaikan bahwa Erick Thohir adalah simbol dari generasi muda/pop culture, profesional dan pelaku bisnis yang sukses.

Sementara dalam sambutannya, Benny Rhamdani selaku Ketua Umum Barikade 98 menyampaikan semangat kejuangan Sumpah Pemuda seiring dengan semangat reformasi terimplementasi dalam Barikade 98. Hal ini juga perlu dipupuk secara terus menerus dan menjadi penyemangat kita untuk lebih peduli terhadap kondisi masyarakat, apalagi pasca pandemi Covid-19.

"Saya juga selaku Kepala BP2MI memiliki kesan special terhadap figur Pak Erick Thohir di mana Beliau sebagai pengusaha sukses merasa bangga bahwa beliau juga pernah menjadi pekerja migran Indonesia. Beliau menjadi penyemangat bahwa pekerja migran itu membanggakan dan merupakan pahlawan devisa bagi negara kita," ujar Benny.

"Pak Erick merupakan figur yang sejalan visi dan komitmennya sudah teruji sehingga senada dengan semangat reformasi. Barikade siap mengawal gagasan besar Pak Erick terutama untuk memperbaiki BUMN sebagai bentuk kongkrit dari kinerja Beliau," imbuh dia.

Sementara itu, Erick Thohir dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Barikade 98, khususnya Benny Rhamdani yang telah berkomitmen dan menyuarakan secara tegas dukungan terhadap kepemimpinan Joko Widodo. Erick Thohir juga menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap Barikade 98 yang memiliki jaringan di provinsi hingga kabupaten.

"Permasalahan besar yang akan muncul adalah besarnya angka usia produktif 17 hingga 50 tahun, terutama sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Karena penting untuk dipahami satu prinsip utama yang dipedomani adalah merdeka dan berdaulat. Tentunya penting kemerdekaan dan kedaulatan dibidang pangan dan ekonomi," ujar Erick Thohir.

Khusus yang terkait dengan besarnya usia produktif dan angka kerja ini, menurut Erick Thohir ada tiga hal pokok yang harus diperhatikan, yaitu peningkatan kemampuan atau, kapasitas, peluang kerja, dan kesempatan berusaha.

 


Merumuskan Road Map

Dalam dialog juga terdapat pertanyaan dari pengurus Barikade 98 tentang pentingnya program yang berkelanjutan, komitmen keberpihakan kepada UMKM dan masyarakat kecil, bekerja dengan hati.

Erick Thohir pun menjawab tentang tantangan besar Ketika kita harus berhadapan dengan tradisi sebelumnya dan permasalahan yang dibuat oleh pihak sebelumnya yang berkuasa. Oleh karena itu beliau menegaskan ulang untuk sinergi dan berkelanjutan.

Kegiatan ditutup oleh Rahman dengan ucapan terima kasih atas berbagai arahan dan visi yang disampaikan oleh Erick Thohir. Sekjen Barikade 98 ini berkomitmen untuk menindaklanjuti dengan program riil, sinergi dan merumuskan road map untuk Barikade 98.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya