Wapres Ma'ruf Amin Gunakan Pantun untuk Buka Peparnas 2021

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengucapkan pantun untuk membuka secara resmi Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 05 Nov 2021, 19:14 WIB
Wapres Ma'ruf Amin membuka Peparnas Papua 2021. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jayapura - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengucapkan pantun untuk membuka secara resmi Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021.

"Tanah Papua Bumi Cenderawasih. Pace mace manis senyumnya. Cukup sekian dan terima kasih, Peparnas Papua, resmi saya buka," kata Wapres pada upacara pembukaan Peparnas 2021 di Stadion Mandala, Jumat (5/11/2021).

Wapres juga mengucapkan selamat berkompetisi untuk atlet disabilitas yang berkompetisi.

"Saudara-saudara adalah inspirasi dan energi bagi sesama warga bangsa dan negara. Saudara-saudara adalah obor yang menyalakan semangat untuk meraih prestasi," kata Ma'ruf Amin.

Tidak ketinggalan, Wapres memuji panitia dan masyarakat Papua atas persiapan menggelar Peparnas 2021.

"Meskipun banyak tantangan, namun dengan kerja keras dan dukungan masyarakat Papua yang saya cintai, telah berhasil menyiapkan venue pertandingan dan sarana pendukung sesuai standar Peparnas," ungkapnya.


Cahaya dari Timur Papua

Wakil Presiden Ma’ruf Amin bertolak ke Papua untuk meresmikan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2021 di Stadion Mandala, Jayapura, Jumat (5/11/2021) pagi. (Foto: BPMI Setwapres)

Pembukaan Peparnas mengusung tema "Cahaya dari Timur Papua". Hadir deretan musisi papan atas seperti Anggun, Mikhelia, dan Edo Kondologit. Selain itu artis lokal yang terlibat di antaranya Kaonak, Manggorap, Nogei, Shine of Black, Piter Ginuy, dan Irsa Yoku.

Peparnas Papua diikuti oleh 1.985 atlet penyandang disabilitas dari 34 provinsi yang akan berupaya mencetak sejarah sebagai yang terbaik.

Mereka akan berlomba untuk menyumbangkan keping medali bagi kontingen masing-masing pada Peparnas XVI, 5-15 November 2021.

Para atlet akan berlaga pada 12 cabang olahraga, terdiri atas angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola cerebral palsy (CP), tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja.


Seni Budaya di Upacara Pembukaan

Menpora Pastikan Peparnas XVI Papua Resmi Dibuka Wapres Ma'aruf Amin (foto:putra/kemenpora.go.id)

Pembukaan Peparnas juga menghadirkan beragam tarian tradisional dari berbagai daerah, termasuk Papua sebagai tuan rumah.

Dalam upacara pembukaan akan ada atraksi 500 drone yang akan menghiasi langit-langit di Bumi Cenderawasih. Drone tersebut didatangkan dari California dan Dubai. Sementara pilotnya didatangkan dari Eropa dan Singapura.

Suara indah Anggun, yang memakai gaun warna merah menyanyikan lagu kebangsaan ciptaan WR Soepratman, berpadu dengan suara 150 anak Papua yang juga menyampaikan lirik lagu "Indonesia Raya" dengan bahasa isyarat.

Dari segi pengamanan, upacara pembukaan Peparnas Papua melibatkan 1.400 personel TNI-Polri.

Seluruh kegiataan Peparnas Papua bakal menerapkan protokol kesehatan ketat mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Pembatasan penonton saat seremoni pembukaan diberlakukan. Meski begitu, masyarakat akan tetap dapat menyaksikan kemegahan upacara pembukaan dengan hadirnya videotron di sejumlah titik di Jayapura.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya