Ma'ruf: Peparnas Bukan Sekedar Kompetisi Olahraga, Tapi Bukti Kesetaraan

Ma'ruf Amin meyakini, Peparnas 2021 yang diselenggarakan di Papua akan kembali sukses, seperti halnya PON XX yang juga digelar di Papua.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 05 Nov 2021, 20:23 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka Peparnas Papua 2021, Jumat (5/11/2021). (Foto: Setwapres)

Liputan6.com, Jakarta - Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) merupakan ajang kompetisi olahraga bagi atlet difabel. Ajang ini menjadi sangat istimewa karena para atlet mampu bisa mendobrak batas sekaligus menjadi pemenang seperti layaknya mereka yang bukan penyandang disabililtas.

Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin ketika membuka Peparnas XVI Tahun 2021 di Stadion Mandala, Jayapura, Jumat (5/11/2021).

"Peparnas juga bukan sekedar kompetisi olahraga. Tetapi lebih dari itu, ini adalah pembuktian adanya semangat kesetaraan dan persamaan bagi bangsa Indonesia semua," kata Ma'ruf.

Dia mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyambut Peparnas Papua dengan semangat persaudaraan untuk mendukung pemerintah yang telah berkomitmen memberikan perlakuan yang setara bagi setiap warga negara.

"Mari kita rayakan kesetaraan ini dalam semangat persaudaraan sesama anak bangsa sesuai dengan semboyan 'Sehati Mencapai Tujuan, Ciptakan Prestasi!'," imbau Ma'ruf dengan semangat.

Dia meyakini, Peparnas 2021 yang diselenggarakan di Papua akan kembali sukses, seperti halnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang juga digelar di Papua dan ditutup oleh Wapres.

"Saya yakin Paralimpik ini akan sukses kembali, karena masyarakat Papua adalah masyarakat pecinta olahraga dan masyarakat Papua adalah tuan rumah yang hangat," kata Ma'ruf Amin.

 


Ajak Bangun Sportivitas

Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka Peparnas Papua 2021, Jumat (5/11/2021). (Foto: Setwapres)

Dalam kesempatan tersebut, Ma'ruf memberikan apresiasi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, Para Gubernur, Ketua Umum NPC Indonesia beserta seluruh jajaran pengurus, dan seluruh pihak yang telah bekerja keras mempersiapkan pelaksanaan Peparnas Papua.

"Secara khusus saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada saudara saya, sa pu sodara Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe dan seluruh jajaran pemerintah daerah Papua selaku Panitia Besar Peparnas Tahun 2021," ucap Wapres.

"Meskipun banyak tantangan, namun dengan kerja keras serta dukungan seluruh masyarakat Papua yang saya cintai, masyarakat Papua yang sa sayang, telah berhasil menyiapkan venue tempat pertandingan dan sarana pendukung sesuai dengan standar pertandingan Pekan Paralimpik Nasional," sambung dia.

Sementara kepada para seluruh kontingen yang akan berlaga di Peparnas XVI Papua, selain memberikan apresiasi, Wapres juga mengobarkan semangat untuk berkompetisi, bahkan ia juga mengucapkannya dalam bahasa Papua.

"Saya mengajak seluruh atlet dan masyarakat Papua yang hadir malam ini untuk mengulangi apa yang saya katakan 'Kalo Dorang Bisa, Ko Juga Bisa'. Selamat berkompetisi, bangun sportivitas yang tinggi untuk meraih prestasi," pungkas Ma'ruf.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya