Keunikan Sirkuit Mandalika, Siap Beri Sensasi Tontonan Balap Beradrenalin Tinggi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI membeberkan keunikan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 06 Nov 2021, 20:00 WIB
Area sirkuit ini dibangun di daerah wisata. Para pembalap dan penonton akan disuguhkan oleh pemandangan indah laut dan bukit yang mengelilingi bagian sirkuit.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI membeberkan keunikan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat.

"Semua pasti tahu tentang World Superbike dan MotoGP yang akan dilangsungkan di tempat ini. Namun, apakah #SobatParekraf juga tahu kalau beberapa hal ini cuma ditemukan di Sirkuit Mandalika?," tulis Kemenparekraf dalam laman Instagram resminya, Jumat (6/11/2021).

Dikenal sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP), Kemenparekraf mengungkapkan bahwa Sirkuit Mandalika menyimpan berbagai fakta unik.

Hal itu mulai dari konsep Sirkuit Mandalika yang menjadikannya bisa diakses siapa saja, hingga konstruksi bangunan yang memakai produk asli Indonesia.

"Nggak cuma itu! Sirkuit Mandalika tidak hanya memberikan sensasi tontonan beradrenalin tinggi, tetapi juga menyajikan pesona indah deretan perbukitan dan kawasan pantai di Lombok," ujar Kemeparekraf.

Selain itu, Sirkuit Mandalika juga disertai dengan infrastruktur beserta panorama indahnya yang bisa dinikmati saat berkunjung.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kerennya Hotel Bintang 3 di Sirkuit Mandalika, Tempat Menginap Penonton MotoGP

Pembangunan 300 unit sarana hunian pariwisata (sarhunta) di sekitar Sirkuit Mandalika guna mendukung pelaksanaan ajang MotoGP Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB). (Dok. Kementerian PUPR)

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan telah menyelesaikan pembangunan 300 unit sarana hunian pariwisata (sarhunta) guna mendukung pelaksanaan ajang MotoGP Mandalika di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kementerian PUPR juga siap mensukseskan ajang MotoGP di Mandalika, NTB dengan memberikan bantuan perumahan yakni sarana hunian pariwisata bagi masyarakat di sekitar Sirkuit Mandalika," kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, 21 Oktober 2021.

Khalawi menilai, adanya pembangunan sarhunta sangat membawa dampak positif bagi masyarakat di sekitar Sirkuit Mandalika. Pasalnya, rumah-rumah masyarakat yang dulunya tidak layak huni kini berubah menjadi lebih rapi dan nyaman.

Melalui Program Sarhunta ini, imbuhnya, Kementerian PUPR juga ingin masyarakat sekitar pembangunan Sirkuit Mandalika juga merasakan hasil pembangunan di sektor perumahan.

"Rumah-rumah yang mendapatkan program sarhunta juga bisa digunakan sebagai penginapan atau homestay bagi wisatawan yang akan berkunjung guna menyaksikan ajang balapan MotoGP," ungkap Khalawi.Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Nusa Tenggara I Ditjen Perumahan Rini Dyah Mawarty mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah menyelesaikan sekitar 300 unit Sarhunta. Rumah-rumah warga yang tidak layak huni sebelumnya di data dan diberikan pendampingan agar direhab menjadi lebih layak huni, serta memiliki fasilitas penginapan layaknya hotel bintang tiga.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya