Yoshiko Ohta Sang Pengisi Suara Nobita Pertama Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun

Selain mengisi suara Nobita, mendiang Yoshiko Ohta juga terlibat dalam Ranma 1/2, Inuyasha, dan sejumlah film Disney.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 11 Nov 2021, 11:46 WIB
Doraemon Stand By Me. (Shirogumi Robot Communications dan Shin-Ei Animation via IMDb)

Liputan6.com, Tokyo - Yoshiko Ohta, seiyuu atau dubber karakter ikonis Nobita dalam anime Doraemon, diketahui telah meninggal dunia. Dilansir dari Today Online, Kamis (11/11/2021), ia mengembuskan napas terakhir pada usia 89 tahun.

Kabar duka ini dikonfirmasi oleh agensinya, Theatre Echo. Pihak agensi ini merilis obituari terkait sang dubber.

Disebutkan bahwa wanita ini meninggal dunia karena gagal jantung, di sebuah rumah sakit di Kanagawa, Jepang, pada 29 Oktober 2021.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dari Tahun 1960-an

Yoshiko Ohta. (Theatre Echo via myanimelist.net)

Yoshiko bergabung dengan Theatre Echo pada 1963 dan terlibat dalam sejumlah kartun klasik dan anime dari tahun 1960-an hingga 1990-an.

Wanita yang menikah dengan aktor Jepang Osamu Saka ini dikenal dengan bakatnya yang mampu menjadi pengisi suara laki-laki maupun perempuan. Ia juga kerap menghidupkan karakter protagonis usia remaja.

 


Tahun 1973

Tahun 1973, ia menyuarakan karakter Nobita Nobi dalam serial animasi perdana Doraemon. Serial ini hanya tayang di stasiun TV Jepang selama setengah tahun dan tak pernah ditayangkan ulang.

 


Inuyasha hingga Film Disney

Selain di Doraemon, ia sempat terlibat dalam sebagai Sapphire di Princess Knight, Leo dalam Kimba the White Lion, juga di anime populer Ranma ½ dan Inuyasha.

Suaranya juga muncul dalam sejumlah film animasi Disney dengan dubbing Jepang seperti Peter Pan, Bambi, Dumbo, and The Fox dan the Hound.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya