Ketum PSSI Lepas Timnas Indonesia TC ke Turki

PSSI resmi melepas Skuad Garuda jalani pemusatan latihan (TC) di Turki, Kamis (11/11/2021).

oleh Liputan6.com diperbarui 12 Nov 2021, 10:55 WIB
Pelepasan yang dihadiri oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan beserta jajarannya juga diikuti oleh seluruh Skuat Timnas Indonesia yang dipimpin pelatih Shin Tae-yong, serta para pemain termasuk pemain naturalisasi, Elkan Baggott. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan bertolak ke Turki, Kamis (11/11/2021). Sebelum berangkat, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan ikut dalam acara pelepasan skuad Garuda tersebut di Hotel Sultan, Jakarta.

Dilansir laman resmi PSSI, Timnas Indonesia berangkat dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, pukul 21.30 WIB menuju Turki dengan menggunakan maskapai penerbangan Turkish Airlines.

Mereka akan menjalani pemusatan latihan di Turki hingga 1 Desember guna persiapan menjelang piala AFF 2020. Selain latihan, Evan Dimas dan kawan-kawan akan melakoni dua laga uji coba internasional melawan Afghanistan (16/11) dan Myanmar (25/11).

"Saya bahagia sekali bisa bertemu dan melepas timnas Indonesia yang akan berangkat ke Turki malam ini untuk menjalani pemusatan latihan dan dua uji coba internasional melawan Afghanistan tanggal 16 November (FIFA match day) serta Myanmar 25 November 2021 (FIFA A match) mendatang," kata  Iriawan.


Alasan Pilih Turki

Acara yang diawali dengan sambutan-sambutan juga diisi dengan prosesi mencium bendera Merah Putih oleh semua anggota Skuat Garuda yang berlangsung khidmat. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

TC Timnas Indonesia akan berlangsung di Kota Antalya, Turki. Sebanyak 25 pemain akan mengikuti pemusatan latihan, termasuk Elkan Baggott, Egy Maulana, dan Ryuji Utomo.

PSSI memilih Turki karena di sana para pemain akan mendapatkan fasilitas lapangan dan hotel yang bagus di Antalya. Hal tersebut tentu akan menunjang untuk peningkatan performa pemain.

"PSSI menargetkan timnas Indonesia meraih dua kemenangan pada laga uji coba melawan Afghanistan dan Myanmar. dengan meraih kemenangan di dua laga uji coba akan membuat Indonesia naik peringkat FIFA (saat ini Indonesia peringkat 165 FIFA) dan menambah kepercayaan diri para pemain," ucap Iriawan. 


Lanjut ke Singapura

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan kepada anak asuhnya saat sesi latihan di Lapangan B Senayan, Jakarta, Selasa (9/11/2021).(Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Setelah TC di Turki berakhir, Timnas Indonesia akan langsung terbang ke Singapura untuk berlaga di Piala AFF 2020. Pada ajang tersebut, skuad Garuda tergabung dalam Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos

Timnas Indonesia akan memulai kiprahnya di Piala AFF 2020 pada 9 Desember 2021 dengan melawan Kamboja. Tiga hari berselang, skuad Garuda bakal bersua Laos.

Pada 15 Desember 2021, giliran Vietnam yang jadi lawan Timnas Indonesia. Lalu di laga pamungkas, Evan Dimas dan kawan-kawan bakal berhadapan dengan Malaysia pada 19 Desember 2021.

"Saya harap hajar semua lawan, apalagi ada Vietnam dan Malaysia di babak penyisihan grup. Jangan takut, mental harus kuat lawan mereka!. Tunjukkan bahwa timnas Indonesia tim yang kuat di piala AFF 2020," sebut Iriawan.

"Untuk piala AFF Suzuki 2020, kami ingin timnas Indonesia meraih juara di ajang bergengsi Asia Tenggara tersebut. Pemain harus terus berjuang, bekerja keras, disiplin, dan mengikuti arahan dari pelatih."

“PSSI terus mendukung penuh semua program dari pelatih Shin Tae-yong demi raihan prestasi terbaik timnas indonesia, dan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah terutama Menpora, Zainudin Amali yang terus-menerus membantu dan mendukung penuh kami," pungkas Iriawan.

Penulis: Rafi Abdul Rochim

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya