KPPU Bereskan 47 Laporan Terkait Persaingan Usaha Sepanjang 2021

Kinerja persaingan usaha terlihat dari peningkatan nilai indeks persaingan usaha 2021 yang naik dari 4,67 menjadi 4,81.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 23 Nov 2021, 20:45 WIB
Logo KPPU. (Dok KPPU)

Liputan6.com, Jakarta - Meski menghadapi berbagai tantangan, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) masih menunjukkan berbagai kinerja positif di bidang penegakan hukum di sepanjang tahun 2021.

Secara umum, kinerja persaingan usaha terlihat dari peningkatan nilai indeks persaingan usaha 2021 yang meningkat dari 4,67 menjadi 4,81, KPPU mengungkapkan.

Berbagai indikator kinerja penegakan hukum juga menunjukkan nilai positif. Hal itu disampaikan dalam Media Gathering yang dilaksanakan secara hybrid hari ini di Jakarta. Acara tersebut menghadirkan Komisioner KPPU M. Afif Hasbullah

Selain itu, KPPU juga menyadari kinerjanya tidak lepas dari peran jurnalis yang secara intensif melakukan pemberitaan berbagai permasalahan persaingan usaha.

Untuk itu, KPPU menyampaikan, perlu disediakan suatu forum sebagai wadah untuk mempererat hubungan baik dengan media.

Dalam media gathering kali ini, KPPU menggarisbawahi beberapa kinerjanya.

Dari sisi penegakan hukum, KPPU menjelaskan bahwa telah menyelesaikan 47 laporan dari 174 laporan yang ditangani tahun ini, serta menangani 29 penelitian perkara inisiatif. Delapan diantaranya lanjut ke tahap penyelidikan.

Jumlah perkara KPPU yang diputus sepanjang tahun 2021 pun signifikan, yakni 23 perkara dengan 6 putusan KPPU dikuatkan di Pengadilan Niaga.

Dari sisi merger dan akuisisi, KPPU telah menerima 187 notifikasi, yang 58 diantaranya merupakan notifikasi perusahaan asing. Sebagian besar notifikasi asing tersebut berkaitan dengan industri manufaktur, konstruksi, dan perkebunan.

Pada 2021 ini, aspek kemitraan UMKM juga menjadi fokus besar KPPU. Terdapat 16 pengawasan kemitraan yang dilakukan KPPU, dimana 4 diantaranya telah ditindaklanjuti ke perkara.

Adapun keaktifan dalam upaya pemberian saran dan pertimbangan atas kebijakan pemerintah.

Dari sisi kebijakan, telah disampaikan 9 kajian kebijakan persaingan usaha terkait berbagai tindakan perdagangan lintas batas, ungkap KPPU.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


KPPU Award 2021

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menerima penghargaan tertinggi Kategori Kemitraan Utama untuk Kemenhub dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di Jakarta, Selasa (15/12/2020). (Ist)

KPPU turut mengumumkan nominasi penerima KPPU Award 2021 bagi Kementerian dan Pemerintah Provinsi.

Ada 11 Kementerian dan 9 Pemerintah Provinsi yang dinominasikan KPPU untuk menerima anugerah tersebut.

KPPU Award, merupakan anugerah yang diberikan kepada Kementerian dan Pemerintah Provinsi atas kinerja dan kontribusi mereka dalam menerapkan prinsip persaingan usaha dan prinsip kemitraan yang sehat dalam kebijakan ekonominya.

Anugerah tersebut akan diberikan pada kegiatan penganugerahan yang akan dilaksanakan pada 14 Desember mendatang.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya