Terjerat Skandal Pelecehan Seksual, Pelatih Skating Korsel Dipenjara 14,5 Tahun

Pelatih skating Korsel dihukum total 14 tahun penjara akibat melecehkan Shim Suk-hee.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 10 Des 2021, 13:54 WIB
Ilustrasi Pelecehan Seksual/Pencabulan. (Freepik/Jcomp)

Liputan6.com, Seoul - Pelatih skating Cho Jae-beom (40) harus menjalani total hukuman 14,5 tahun penjara akibat kasus kekerasan seksual terhadap atlet Shim Suk-hee (24). Korban merupakan atlet berpretasi yang meraih medali Olimpiade.

Pelecehan seksual terhadap Shim pada 2014-2017 dalam 27 kesempatan berbeda. Kasus ini mulai terkuak pada 2019.

Berdasarkan laporan Yonhap, Jumat (10/12/2021), Mahkamah Agung memutuskan bahwa Cho harus dipenjara selama 13 tahun. Vonis itu ditambah dengan vonis 18 bulan atas tuduhan kekerasan fisik pada Shim.

Pengadilan juga memerintahkan agar Cho menyelesaikan perawatan untuk para pelaku kekerasan seksual. Total treatment itu mencapai 200 jam.

Selain itu, ia juga dilarang untuk bekerja di fasilitas-fasilitas yang berhubungan dengan anak-anak, pemuda, dan penyandang disabilitas selama tujuh tahun.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Atlet Berprestasi

Sebuah tiang bendera kosong (tengah) sebelum digantung bendera Korea Utara jelang Olimpiade Musim Dingin 2018 di Stadion Olimpiade di Pyeongchang, Korea Selatan (1/2). (AFP Photo/Yonhap)

Shim Suk-hee merupakan atlet speed skater yang berprestasi. Ia adalah pemenang medali di Olimpiade Musim Dingin di Sochi (Rusia) dan Pyeongchang (Korsel).

Wanita kelahiran 30 Januari 1997 ini meraih emas di Olimpiade Pyeongchang.

Serangan seksual pertama kali dialami oleh Shim ketika usianya masih 17 tahun.

Pada 2019, media-media Korsel melaporkan bahwa Shim diperkosa oleh pelatihnya di ruang ganti. Awalnya, Shim memilih bungkam karena khawatir kariernya akan terganggu.

Cho awalnya membantah melakukan pemerkosaan sebelum akhirnya divonis penjara oleh pengadilan.


Infografis Kekerasan Seksual:

Infografis Bentuk-Bentuk Kekerasan Seksual. (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya