6 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Masa Pakai Gadget Lebih Lama

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat gadget supaya awet lebih lama.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 13 Des 2021, 21:00 WIB
Charge adalah momen dimana kamu tidak bisa leluasa menggunakan ponsel maupun smartphone kamu karena sedang diisi baterainya.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone dapat memiliki masa pakai antara 2-10 tahun tergantung pada mereknya, tetapi yang terpenting, pada penggunaan Anda.

Jika Anda melindunginya dari kerusakan, menggunakan baterai dengan bijak, dan memperbarui aplikasi Anda, maka Anda akan membantunya bertahan lebih lama.

Tetapi ini bukan hanya tentang mengetahui apa yang harus Anda lakukan — ini juga tentang apa yang tidak boleh Anda lakukan dalam keadaan apa pun.

Dilansir dari laman Bright Side, Senin (13/12/2021), berikut adalah sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan untuk mempertahankan masa pakai smartphone:


1. Jangan pernah menggunakan pin logam untuk membersihkan port pengisian daya

Jangan sampai bikin ponsel kamu rusak karena salah nge-charge. (Sumber foto: Tenfizz.com)

Benda logam seperti pin, pisau, atau klip kertas, dapat menggores port ponsel dan menimbulkan lebih banyak masalah bagi Anda.

Salah satu dari 2 opsi terbaik adalah tusuk gigi, yang cukup kecil untuk muat di dalam port dan membersihkan semua tepinya.

Opsi kedua adalah kompresor udara yang dapat meniup semua debu dan kotoran.

Hindari meniup dengan mulut Anda di dalam port karena napas Anda mengandung partikel air yang dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan.


2. Jangan biarkan ponsel Anda terkena sinar matahari

Tips Charge Baterai Smartphone Dua Kali Lebih Cepat

Beberapa dari Anda mungkin merasa nyaman untuk mengisi daya ponsel sambil meletakkannya di dekat jendela.

Namun, ini tidak ada gunanya karena ponsel Anda mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengisi daya karena paparan sinar matahari memperlambat proses pengisian daya.

Tidak hanya itu, layar akan menyerap panas dengan sangat cepat dan mulai mengalami gangguan secara tidak terduga. Dalam skenario terburuk, ponsel Anda dapat menjadi terlalu panas dan mati untuk melindungi dirinya sendiri.


3. Jangan biarkan baterai mencapai 0% sebelum mengisinya

Cara mengatasi baterai smartphone yang tidak bisa di-charge paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com, kemarin, Senin (15/12/2014).

Persentase masa pakai baterai terbaik adalah antara 20% -80%. Anda tidak boleh membiarkan ponsel Anda turun hingga 0% sebelum mengisi daya, dan mengisinya hingga lebih dari 80% dapat menguras baterai.

Skenario yang ideal adalah mengisinya hingga 50% , jadi setengah dari ion lithium berada di lapisan lithium cobalt oxide dan setengahnya lagi berada di lapisan grafit.

Namun, ini mungkin tidak terlalu praktis bagi banyak dari Anda, jadi pertahankan 80% sebagai plafon Anda.


4. Jangan terlalu sering memasukkan ponsel ke dalam air, meskipun dikatakan tahan air

dok: jalantikus.com

Beberapa produsen akan mengatakan bahwa ponsel Anda dapat hidup dengan baik di bawah air, tetapi ini hadir dengan beberapa pengecualian. Tidak disarankan untuk membawa ponsel Anda ke dalam air tanpa alasan.

Smartphone seharusnya baik-baik saja jika tidak sengaja jatuh di genangan air atau basah karena hujan, tetapi tidak bijaksana untuk menyimpannya di bawah air untuk waktu yang lama. 5-30 menit adalah waktu yang masih wajar.


5. Jangan bawa gadget ke kamar mandi

Ini alasannya mengapa Anda tidak diperkenankan mempergunakan smartphone di toilet.

Membawa ponsel Anda ke kamar mandi tidak hanya tidak sehat, tetapi juga bisa berbahaya bagi ponsel Anda dan diri Anda sendiri.

Kesalahan kecil dapat mengakibatkan ponsel dan pengisi daya jatuh ke dalam tabung, menyebabkan sengatan listrik yang fatal.


5. Jangan mengisi daya semalaman

Charge ponsel (sumber: iStockphoto)

Produsen ponsel seperti Apple, mengatakan bahwa meninggalkan ponsel Anda untuk diisi dayanya dalam semalam adalah berbahaya. Itu karena ponsel Anda akan berhenti mengisi daya setelah mencapai 100%, dan setelah mencapai 99%, ia harus mengerahkan upaya dua kali lipat untuk mengisi ulang.

Juga, seperti yang disebutkan di atas, sebagian besar produsen mengatakan bahwa yang terbaik adalah mengisi daya ponsel hingga 80%, sesuatu yang tidak akan terjadi jika dicolokkan sepanjang malam.


Infografis 6 Tips Bantu Anak Terbiasa Pakai Masker Cegah Covid-19:

Infografis 6 Tips Bantu Anak Terbiasa Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya