6 Fakta soal Karantina Ahmad Dhani dan Mulan Jameela, Masuk Kategori Kekhususan

Awalnya muncul dugaan bahwa Ahmad Dhani dan Mulan Jameela tak jalani karantina usai pulang dari Turki.

oleh Selma Intania Hafidha diperbarui 14 Des 2021, 15:24 WIB
Mulan Jameela dan Ahmad Dhani. (Foto: Instagram @mulanjameela1)

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari yang lalu, Ahmad Dhani dan Mulan Jameela sekeluarga diduga tak menjalani karantina sepulang dari Turki. Isu ini diawali dari seseorang yang mengirim pesan langsung atau direct message kepada Adam Deni. Orang yang dirahasiakan identitasnya itu mengaku bertemu keluarga Ahmad Dhani di Turki. 

Orang tersebut kembali ke Jakarta pada 5 Desember 2021 dan langsung menjalani karantina selama 10 hari sesuai peraturan. Namun, dia mendapat kabar bahwa Ahmad Dhani dan keluarganya sudah kembali beraktivitas di Jakarta dan tidak jalani karantina.

Membantah isu yang mencuat, pengacara Ahmad Dhani, Ali Lubis, membantah isu yang sempat mencuat tersebut. Menurut dia, keluarga Ahmad Dhani telah menjalani masa karantina sebagaimana mestinya.

"Mereka sekeluarga tidak ke mana-mana dan justru melakukan karantina sesuai ketentuan yang berlaku," kata Ali saat dihubungi Liputan6.com, Minggu, 12 Desember 2021.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fakta soal karantina Ahmad Dhani dan Mulan Jameela, Selasa (14/12/2021).


1. Klarifikasi Pengacara

Ahmad Dhani bersama istrinya, Mulan Jameela. (Daniel Kampua/Fimela.com)

Usai isu perihal Ahmad Dhani dan Mulan Jameela dan sekeluarga tak jalani karantina sepulang dari Turki, sang pengacara berikan klarifikasi. Sang pengacara, Ali Lubis, mengatakan bahwa isu yang beredar tersebut tidak benar.

"Bahwa terkait adanya netizen yang menyebutkan keluarga mereka tidak melakukan karantina setelah melakukan perjalanan dari Turki itu tidak benar," kata pengacara Ahmad Dhani, Ali Lubis, saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (12/12/2021).


2. Mulan Jameela Disebut Kantongi Izin Karantina Mandiri

Mulan Jameela dan Ahmad Dhani. (Instagram/mulanjameela1)

Anggota DPR Mulan Jameela dan suaminya Ahmad Dhani disebut-sebut tidak menjalani proses karantina sepulang perjalanan dari Turki. Namun, isu tersebut dibantah oleh sang pengacara. Belakangan diketahui, Mulan ternyata mengantongi surat untuk bisa dikarantina mandiri di rumah.

Hal tersebut diungkapkan Komandan Satgas Udara Covid-19, Bandara Soekarno-Hatta, Kolonel Agus Listiono kepada Liputan6.com, Minggu, 12 Desember 2021. 

"Benar, dapat surat dari BNPB untuk karantina mandiri," kata Agus Listiono.

Menurut Agus, surat rekomendasi untuk bisa dikarantina mandiri di rumahnya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, diberikan kepada Mulan Jameela karena yang bersangkutan merupakan anggota DPR RI.


3. Masuk dalam Kategori Kekhusuan

Keluarga Ahamd Dhani kunjungi berbagai tempat di Solo. (Sumber: Instagram/@mulanjameela1)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan mengatakan, Ahmad Dhani dan Mulan Jameela termasuk kategori kekhususan dalam hal melakukan karantina sebagaimana surat edaran dari Satgas Covid-19.

Hal tersebut disampaikannya lantaran adanya dugaan Ahmad Dhani dan Mulan Jameela melanggar aturan tak melakukan karantina sepulang dari Turki. Selain pernyatan tersebut, sebelumnya, sang pengacara juga menyebut bahwa Ahmad Dhani dan Mulan mematuhi peraturan untuk karantina.

Zulpan menjelaskan, sebagaimana dalam surat edaran dari Satgas Covid-19, bahwa pejabat negara termasuk anggota DPR dan keluarganya merupakan kategori kekhususan.

"Ahmad Dhani istrinya adalah anggota DPR RI, ini termasuk kategori dapat kekhususan karantina," kata dia di Mapolda Metro Jaya, Senin (13/12/2021).


4. Karantina di Rumah

Ahmad Dhani bersama istrinya, Mulan Jameela. (Daniel Kampua/Fimela.com)

Mulan Jameela dan suaminya Ahmad Dhani disebut-sebut tidak menjalani proses karantina sepulang perjalanan dari Turki. Namun ternyata, Mulan mengantongi surat untuk bisa dikarantina mandiri di rumah. Hal tersebut diungkapkan Komandan Satgas Udara Covid-19, Bandara Soekarno-Hatta, Kolonel Agus Listiono, Minggu (12/12/2021).

“Benar, dapat surat dari BNPB untuk karantina mandiri," kata Agus Listiono.

Menurut Agus, surat rekomendasi diberikan kepada Mulan Jameela untuk bisa dikarantina mandiri di rumahnya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan karena yang bersangkutan merupakan anggota DPR RI.

"Karantina mandiri untuk Ibu Mulan Jameela karena anggota DPR RI. Karantina mandiri di rumah," ungkap dia.


5. Awal Mula Isu Mencuat

Ahmad Dhani. (Foto: Dok. Instagram @ahmaddhaniofficial)

Awal mula muncul dugaan Ahmad Dhani dan Mulan tidak melakukan karantina, berasal dari Adam Deni yang mengunggah tangkapan layar berisi direct message (DM) di Instagram dari seseorang yang mengaku bertemu keluarga Ahmad Dhani selama di Turki.

Adam Deni lantas mencantumkan isi pesan dari orang tersebut yang mengatakan bahwa Ahmad Dhani dan sekeluarga sudah beraktivitas di Jakarta, sementara ia masih menjalani karantina selama 10 hari sejak 5 Desember 2021.

"Saya bertemu dengan Mulan Jameela, Ahmad Dhani dan semua anak-anaknya, di Capadocia Turki pada 2 Desember 2021," begitu isi pesan unggahan Adam Deni di Instagram @adamdenigrk, Minggu (12/12/2021) yang berasal dari seseorang yang dirahasiakan identitasnya.

"Kebetulan saya satu bus dengan keluarga beliau dijemput dari hotel menuju ke tempat naik balon udara," sambung sumber tersebut.


6. Sempat Beredar Kabar Ahmad Dhani dan Mulan Jameela ke Mal

Ahmad Dhani bersama istrinya, Mulan Jameela dan Ibunya. (Daniel Kampua/Fimela.com)

Setelah di Jakarta, sumber Adam Deni tersebut langsung menjalani karantina 10 hari sesuai peraturan pemerintah. Namun, ia mengaku terkejut saat melihat dan mendengar kabar keluarga Ahmad Dhani sudah beraktivitas seperti biasa.

"Saya tiba kembali ke Jakarta pada tanggal 5 Desember 2021. Sesuai dengan peraturan pemerintah. Saya pun menjalani karantina 10 hari. Hari ini hari ke 7 karantina saya," sumber tersebut menceritakan.

"Tapi pada tanggal 9 Desember 2021 teman saya memberi informasi kalau temannya itu bertemu dengan Mulan Jameela dan Ahmad Dhani di Mal Pondok Indah. Dan pada hari yang sama, anaknya, Al Ghazali, dengan pacarnya nonton di bioskop," ujar netizen itu.

"Dan pada hari Sabtu 11 Desember 2021 Al, El, Dul naik helikopter keliling Jakarta. Tapi posting-an itu udah di-takedown. Postinga-n Dul juga sudah di-takedown setelah kami komen di posting-annya," sambungnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya