Setjen DPD RI Luncurkan Logo Baru, Apa Maknanya?

Sekretariat Jenderal (Setjen) DPD RI meluncurkan logo baru Selasa, (14/12/2021). Logo yang dibuat oleh pegawainya itu sebagai identitas pengikat kebersamaan di dalam organisasi.

oleh Liputan6.com diperbarui 14 Des 2021, 22:33 WIB
Petugas membersihkan area depan Gedung MPR/DPR/DPD yang meliputi Kolam, Halaman, Lobi gedung Nusantara Jakarta, Rabu (29/7/2020). Menjelang bulan Agustus yang juga Perayaan Kemerdekaan RI, Parlemen bersolek menyambut sidang Tahunan yang diselenggarakan 14 Agustus 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Sekretariat Jenderal (Setjen) DPD RI meluncurkan logo baru Selasa, (14/12/2021). Logo yang dibuat oleh pegawainya itu sebagai identitas pengikat kebersamaan di dalam organisasi.

"Kami merasa perlu membentuk logo tersendiri yang melambangkan identitas organisasi," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD RI Rahman Hadi di Jakarta, Selasa (14/12/2021).

Peluncuran logo baru yang memiliki simbol tersendiri tersebut, kata Rahman, menjadi penguatan branding organisasi agar lebih mudah diingat.

Selain itu, logo tersebut melambangkan nilai-nilai yang dianut oleh seluruh pegawai Setjen DPD RI, mulai dari kerja keras, semangat, dan kinerja untuk mendukung tugas DPD RI.

Logo baru Setjen DPD RI berbentuk gedung parlemen dengan warna hijau dan dan biru sebagai garis di bagian tengah. Ada pula tulisan Setjen DPD RI dan gambar padi serta kapas.

"Bentuknya ramping, sederhana, dan modern. Itu menunjukkan bahwa Setjen DPD RI sebagai pendukung DPD RI yang profesional dan akuntabel, sedangkan warna hijau melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan daerah," kata Deputi Administrasi DPD RI Lalu Niqman Zahir seperti dikutip dari Antara.

Selanjutnya warna biru melambangkan lautan yang menggambarkan Nusantara. Ada pula padi dan kapas yang merupakan dukungan Setjen DPD RI terhadap pelaksanaan fungsi dan tugasnya yang berkeadilan sosial.

Menurut Lalu Niqman, Setjen DPD RI telah merumuskan logo yang berciri khas dan mempunyai nilai filosofi budaya kerja mereka sejak 2018.

Selain meluncurkan logo baru, Setjen DPD RI juga mencanangkan transformasi digital, Core Values Ber-AKHLAK, dan employer branding, yaitu Bangga Melayani Bangsa.


Ubah Wajah Setjen DPD

Rahman Hadi menilai hal itu akan mengubah wajah Setjen DPD RI dari konvensional menjadi modern dan mengikuti perkembangan zaman.

"Kami serius melakukan transformasi digital secara terstruktur, masif, dan terencana guna memberikan dukungan kepada DPD RI dan pelayanan prima kepada masyarakat," katanya.

Untuk mempercepat transformasi sumber daya manusia Setjen DPD RI, kata dia, memberlakukan core values aparatur sipil negara (ASN), yakni Ber-AKHLAK.

"Ber-AKHLAK" merupakan core values ASN yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo dan akronim dari berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

Setjen DPD RI, kata dia, juga berkomitmen menjadikan Ber-AKHLAK sebagai core values dan menginternalisasikan nilai Ber-AKHLAK ke dalam perilaku ASN sehari-hari.

Dengan demikian, kata Rahman Hadi, akan muncul budaya organisasi yang berpikiran tangguh, profesional, dan mendukung transformasi digital.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya