Erick Thohir: RS Internasional Bali untuk Pariwisata Kesehatan dan Investor

Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Rumah Sakit (RS) Internasional Bali yang terletak di Kawasan Wisata Sanur

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Des 2021, 15:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mendampingi Presiden Jokowi dalam groundbreaking Rumah Sakit (RS) Internasional Bali

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Rumah Sakit (RS) Internasional Bali yang terletak di Kawasan Wisata Sanur, Kota Denpasar, Provinsi Bali, pada Senin, 27 Desember 2021.

Dengan adanya rumah sakit tersebut, diharapkan warga negara Indonesia (WNI) tak akan lagi berobat ke luar negeri.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengatakan, bahwa rumah sakit internasional ini mempunyai dua tujuan. Selain membantu Bali untuk mempunyai pariwisata baru dan pariwisata kesehatan, rumah sakit ini juga diharapkan bisa mendukung pelayanan kesehatan bagi para investor yang pekerja atau profesionalnya berada di Indonesia.

"Karena investasi itu artinya juga mereka ingin memastikan kesehatan mereka terjamin, standar kesehatan internasional untuk pekerjanya ataupun para profesional yang ada di Indonesia. Karena itu penting sekali platform kesehatan ini kita bangun di Bali," ujar Menteri BUMN dalam laporannya di Bali, Senin (27/12/2021).

Menteri Erick menambahkan, Bali Internasional Hospital akan menjadi rumah sakit pertama bertaraf Internasional, sekaligus destinasi wisata kesehatan bagi warga Indonesia dan wisatawan mancanegara.

"Ini dapat menekankan jumlah WNI yang tiap tahun nya pergi ke luar negeri untuk mendapat pelayanan kesehatan," ujarnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Indonesia Rugi Rp 97 Triliun

Presiden Joko Widodo memberi keterangan saat meninjau langsung vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak usia 6-11 tahun yang digelar di Kompleks SDN Cideng, Gambir, Jakarta, Rabu (15/12/2021). (Foto: Lukas-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan sebanyak 2 juta masyarakat Indonesia pergi ke luar negeri untuk berobat setiap tahun. Hal ini membuat Indonesia kehilangan sekitar Rp97 triliun.

"Kita tahu setiap tahun ada kurang lebih 2 juta masyarakat kita yang pergi ke luar negeri untuk mendapatkan layanan kesehatan baik itu ke Singapura, baik itu ke Malaysia, baik itu ke Jepang, baik itu ke Amerika, dan ke tempat-tempat lainnya dan kita kehilangan Rp97 triliun karena itu," jelas Jokowi saat Groundbreaking Rumah Sakit (RS) Internasional Bali di Denpasar, Senin (27/12).

Untuk itu, dia mengapresiasi pembangunan RS Internasional Bali yang digagas oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Jokowi berharap adanya RS bertaraf internasional di Bali ini, membuat masyarakat tak lagi berobat ke luar negeri.

"Semuanya tidak ada yang pergi keluar. Semuanya ke Bali dan Bali akan menjadi tempat destinasi wisata kesehatan yang ini akan menaikkan meningkatkan wisata orang ke Pulau Bali," katanya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya