Paulina Petik Pelajaran Penting dari The Apprentice One Championship: Merasa Beruntung Meski Sempat Tertekan

Wawancara bersama Paulina Purnomowati, wakil Indonesia di The Apprentice One Championship Edition.

oleh Liputan6.com diperbarui 09 Feb 2022, 18:30 WIB
Paulina Purnomowati kini rutin berolahraga untuk menghadapi tantangan The Apprentice: ONE Championship Edition.

Liputan6.com, Jakarta Banyak pengalaman yang didapatkan Paulina Purnomowati saat mengikuti The Apprentice One Championship Edition. Satu-satunya wakil Indonesia di acara reality show yang sedang tayang di Netflix tersebut  juga merasa beruntung bisa belajar langsung kepada CEO kelas dunia.

Dalam wawancara dengan Liputan6.com, Paulina bercerita tentang kesibukan yang dijalainya selama tampil di The Apprentice One Championship. Dia mengaku sempat tertekan karena harus mempersiapkan diri sejak pukul 05.00 hingga 22.00. Jadwal tidurnya juga terganggu karena kerap harus menyelesaikan tugas bisnis hingga larut malam. Namun semua pengorbanan itu sepadan dengan hasil yang didapatkan.

"Rasanya luar biasa beruntung si aku ada di situ,” ucap Paulina Purnomowati, Rabu (9/2/2022).

The Apprentice One Championship Edition merupakan reality show yang menggabungkan tantangan fisik dan tugas binsis. Acara yang dipandu langsung oleh CEO dan Chairman One Championship, Chatri Sityodtong ini mulai tayang di Netflix sejak 1 Februari lalu dan berjalan dalam 13 epsiode. 

Sebanyak 16 peserta dari berbagai negara ikut ambil bagian dalam acara ini. Paulina merupakan satu-satunya kandidat dari Indonesia yang akihrnya mampu sampai ke tahap 5 besar. Sementara pemenang perlombaan ini mendapat tawaran pekerjaan senilai 250.000 dolar AS di bawah bimbingan  Sityodtong.

Selama mengikuti The Apprentice, Paulina mendapatkan banyak masukan dan tips cara berbisnis. Dia juga mengatakan harus pintar-pintar mengelola ego untuk bisa bertahan dalam kompetisi tersebut. Selain itu, dalam menjalankan tugas binsis, Paulina mengaku selalu berusaha untuk menerapkan value.  

 

 


Diberi Jalan

Wawancara Eksklusif Bersama Paulina Purnomowati pada Rabu (9/2/2022)

Paulina sebenarnya tidak mendaftar sendiri untuk tampil pada kompetisi ini. CV dan lamarannya justru dikirimkan oleh teman-temannya. Beruntung, dia kemudian dipanggil wawancara hingga berbicara langsung dengan Chatri Sityodtong. "Dia langsung mengatakan saya masuk 16 besar," kata Paulina. 

 

“Aku merasa dikasih jalan banget. Pas aku baca value Chatri itu klik banget sama aku. Jadi aku memutuskan untuk berani melepaskan posisi aku. Toh ini masih tentang dunia kerja yang tetap bisa aku masukin ke CV,” kata Paulina yang rela meninggalkan pekerjaannya demi ikut The Apprentice.


Mewarisi Jiwa Kepemimpinan Ayah

Jiwa kepemimpinan tidak muncul begitu saja dalam diri Paulina. Dia sudah mewarisinya dari sang ayah.

Bakatnya kemudian diasah lebih tajam saat mengambil gelar MBA dalam Bisnis Internasional & Pemasaran dari Northeastern University di Boston, Massachusetts. Selanjutnya, Paulina pernah bekerja Country Head Indonesia di Global Brands Group Asia, Country Manager di Inditex Indonesia, dan Country Manager Indonesia di Valiram Group, dan sejumlah posisi kepemimpinan kunci di beberapa perusahaan besar.

Namun demi mengikuti, The Apprentice, Paulina pun rela meninggalkan pekerjan terakhirnya. 

 

 

Penulis: Jesslyn Koesman

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya