Harumkan Nama Senegal, Sadio Mane Diabadikan Jadi Nama Stadion

Nama Sadio Mane bakal diabadikan menjadi nama sebuah stadion yang terletak di Kota Sedhiou, Senegal.

oleh Dzaky Nurcahyo diperbarui 14 Feb 2022, 21:05 WIB
Penyerang Senegal, Sadio Mane berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Burkina Faso pada pertandingan semifinal Piala Afrika 2022 di stadion Ahmadou Ahidjo di Yaounde, Kamerun, Kamis (3/2/2022). Senegal menang atas Burkina Faso 3-1 dan lolos ke final. (AP Photo/Themba Hadebe)

Liputan6.com, Jakarta - Penyerang Liverpool Sadio Mane bakal diabadikan. Dia menjadi nama sebuah stadion di kota kelahirannya, Sedhiou.

Wali Kota Sedhiou Abdoulaye Diop mengatakan, pemberian nama ‘Sadio Mane’ sebagai nama stadion dilakukan guna menghormati jasa pemain berusia 29 tahun tersebut. Terlebih, baru-baru ini, Mane sukses membawa Senegal merajai Piala Afrika 2021.

“Mane berhasil meningkatkan derajat negara Senegal, termasuk wilayah Sedhiou dan negara bagian Casamance,” ujar Walikota Sedhiou seperti dilansir ESPN, Senin (14/2/2022).

“Saya ingin mengabadikan nama Sadio Mane di Stadion Sedhiou sebagai bentuk pengakuan putra dan putri di wilayah ini terhadap seorang pria yang berhasil mengenalkan nama Bambali dan Ibu Kota Sedhiou kepada khalayak luas.”

“Sadio Mane benar-benar layak untuk mendapatkan hadiah spesial ini,” tandasnya.


Masih Tahap Pembangunan

Timnas Senegal berhasil merengkuh gelar pertamanya di Piala Afrika usai mengalahkan Mesir 4-2 (0-0) via adu penalti dalam laga final Piala Afrika 2021, Minggu (6/2/2022). Sebelumnya, prestasi terbaik Senegal hanyalah menjadi runner-up di dua edisi, 2002 dan 2019. (AFP/Kenzo Tribouillard)

Stadion Sedhiou atau kelak bernama Stadion Sadio Mane saat ini masih dalam tahap pembangunan. Diperkirakan, pembangunan Stadion Sadio Mane bakal selesai tahun depan.

Mane sendiri rencananya akan hadir untuk meresmikan stadion ini. Diharapkan nantinya bakal bermunculan ‘Sadio Mane’ yang lain dan bisa meneruskan tekad Mane untuk membangun Senegal.


Bangun Infrastruktur

Penyerang Senegal, Sadio Mane bermain dengan bola saat latihan untuk pertandingan semifinal Piala Afrika 2021 di stadion Ahmadou Ahidjo di Yaounde, Kamerun, Selasa (1/2/2022). Senegal akan menghadapi Burkina Faso di babak semifinal Piala Afrika 2021, Kamis 3 Februari 2022. (AP Photo/Sunday Alamba)

Mane sudah sejak lama dikenal sebagai pemain sepak bola yang baik hati. Ia kerap menyisihkan penghasilan yang didapat untuk membangun kampung halamannya di Senegal.

Tercatat, Mane telah membangun beberapa infrastruktur di Bambali, Sedhiou, Senegal. Ia telah membangun masjid, sekolah, fasilitas kesehatan, dan rumah sakit. Tentunya, pemberian nama ‘Sadio Mane’ sebagai nama stadion menjadi hal yang wajar karena dirinya begitu berjasa.


Infografis

Infografis transfer Liverpool. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya