Kemenhub Siapkan 8 Kapal Layani Calon Penonton MotoGP Mandalika

Sebanyak delapan kapal akan melayani sejumlah rute yang keluar-masuk Mandalika di Pelabuhan Lembar. Kemenhub juga sedang menyiapkan rencana pengoperasian sejumlah kapal tambahan.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 16 Feb 2022, 17:30 WIB
Proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan MotoGP di Mandalika, selatan Lombok, 23 Februari 2019. Lokasi MotoGP di Lombok diharapkan dapat menghidupkan kembali ekonomi pulau itu yang sempat dilanda gempa. (ARSYAD ALI/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan sedikitnya delapan kapal laut untuk melayani penonton MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022 mendatang. Seluruhnya akan menuju ke Pelabuhan Lembar.

Plt Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha menyampaikan, delapan kapal ini akan melayani sejumlah rute yang keluar-masuk Mandalika di Pelabuhan Lembar. Ia juga menyampaikan sedang menyiapkan rencana pengoperasian sejumlah kapal tambahan.

“Pelabuhan yang utama digunakan untuk melayani para penonton maupun official nanti yang gunakan fasilitas transportasi laut adalah pelabuhan lembar di sini ada fasilitas baru, terminal baru yang merupakan bagian dari pelabuhan lembar. Jarak Gilimas ke lembar hanya 7 kilometer kemudian jaraknya ke Mandalika itu sekitar 50 kilometer,” tuturnya dalam Konferensi Pers, Rabu (16/2/2022).

Rinciannya, rute Surabaya-Lembar akan ada 2 unit kapal roro milik PT Damai Lautan Nusantara dan satu uni kapal roro milik PT Dharma Lautan Utama. Kemudian, Surabaya-Lembar-Waingapu akan tersedia satu unit kapal roro milik PT Pelni.

Lalu, rute Benoa-Lembar-Bima akan disediakan satu uni kapal penumpang milik PT Pelni, serta rute Tanjung Wangi-Lembar akan diseriakan tiga unit kapal roro milik PT Atosim Lampung Pelayaran.

Selain itu, ia menyampaikan telah menyiapkan penerbitan rencana pengoperasian kapal ke pelabuhan Lembar. Diantaranya 2 unit kapal ferry penumpang milik PT Bali Eka Jaya, 1 unit kapal penumpang dan 1 unit kapal wisata milik PT Walacea Jalesveva Lestari, 1 unit kapal penumpang milik PT Pelayaran Tanji Samudera dan 1 unit kapal wisata milik PT The Tanis Lembongan Ekspres.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dukungan Keselamatan

Foto aerial perkembangan pembangunan Sirkuit Jalan Raya Mandalika yang berada di dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kamis (14/1/2021). Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengabarkan perkembangan pembangunan Sirkuit sudah mencapai 42,98 persen. (foto dok MGPA)

Lebih lanjut, pihaknya juga menyiapkan dukungan keselamatan di sektor transportasi laut. Diantaranya, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Lembar mengerahkan 1 unit kapal patroli kesatuan penjagaan laut dan pantai KNP 345.

Ini untuk melakukan penjagaan keselamatan dan keamanan pelayaran dalam mendukung kelancaran pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022.

Lalu, pihaknya juga melakukan sinergi pengamanan sektor laut bersama instansi terkait seperti Polairud NTB, TNI AL, KKP Lembar. Kemudian Kantor Imigrasi, Bea Cukai, Basarnas, Dinas Perhubungan NTB dan Lombok Barat dan Dinas Pariwisata.

Serta, melakukan peningkatan pengawasan dan mensiapsiagakan petugas KPLP dari KSOP Kelas III Lembar dalam memberikan dukungan keselamatan dan keamanan pelayaran.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya