Pratama Arhan Gabung, Tokyo Verdy Jadi Klub Jepang Terpopuler di Instagram

Kedatangan Pratama Arhan terus berdampak positif bagi popularitas Tokyo Verdy. Mereka menjadi klub Jepang dengan follower terbanyak di Instagram.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 28 Feb 2022, 21:20 WIB
Kedatangan Pratama Arhan terus berdampak positif bagi popularitas Tokyo Verdy. Mereka menjadi klub Jepang dengan follower terbanyak di Instagram. (Bola.com/Maheswara Putra)

Liputan6.com, Tokyo - Kedatangan Pratama Arhan terus berdampak positif bagi popularitas Tokyo Verdy. Mereka menjadi klub Jepang dengan follower terbanyak di Instagram.

Pengikut Tokyo Verdy melebihi 285 ribu pada Jumat (18/2/2022) pagi WIB. Klub berbasis Ajinomoto Stadium itu pun bangga mengumumkan capaian tersebut dan mengucapkan terima kasih menggunakan berbagai bahasa.

"Thank you, arigato, terima kasih, obrigado, gracias. Most followed J League club on Instagram," tulis Tokyo Verdy.

Pratama Arhan merespon posting-an tersebut dengan emoticon selebrasi. Sementara warganet turut berkomentar. "The power of netijen +62," tulis @liputantimnas.

Sebelum mengumumkan kepindahan Arhan, pengikut Verdy di Instagram sekitar 49 ribu. Setelah kepastian merekrut Arhan, followers Verdy langsung naik dua kali lipat.

Pratama Arhan resmi bergabung dengan Tokyo Verdy yang bermain di kasta kedua alias J2. Arhan menyusul sejumlah pemain muda Indonesia yang go internasional.

Kepastian pemain PSIS Semarang itu pindah ke Tokyo diumumkan di akun media sosial klub. "Selamat Datang, Arhan! Verdy Adalah Home-mu," demikian tulis situs resmi klub.

Arhan mencuri perhatian Verdy setelah tampil cemerlang di Piala AFF 2020 bersama timnas Indonesia. Di ajang itu Arhan membawa skuad Garuda lolos hingga final.

Berposisi sebagai bek kiri, Arhan memiliki kelebihan dalam hal kecepatan, umpan akurat dan tendangan geledek. Arhan juga punya senjata andalan lain berupa lemparan kedalam mematikan.


Sikap PSIS

Pratama Arhan. (Dok. PSIS Semarang)

PSIS Semarang tak keberatan untuk melepas Pratama Arhan untuk gabung ke Tokyo Verdy. Mahesa Jenar bahkan memberikan dukungan penuh.

"Kami mengonfirmasi Pratama Arhan akan melanjutkan karier di kasta kedua Liga Jepang dengan bergabung Tokyo Verdy. Good luck selalu, Arhan! Terus bersinar dan banggakan Indonesia di kancah Internasional," tulis akun resmi PSIS.

Kepergian Arhan ke kasta dua Liga Jepang memang seperti menunggu waktu saja. Penampilan gemilang di Piala AFF 2020 membuat banyak klub luar negeri mengincar jasa Arhan.

 


Indonesia Keempat

Pemain PSIS, Pratama Arhan berusaha merebut bola dalam laga pekan pertama BRI Liga 1 2021/2022 antara PSIS Semarang melawan Persela Lamongan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (04/09/2021) WIB. (Bola.com/Bagaska Lazuardi)

Dengan demikian, Arhan menjadi pemain keempat dari Indonesia yang bisa mencicipi kompetisi Jepang. Sebelumnya ada Ricky Yacobi yang direkrut Matsushita Electric FC (sekarang Gamba Osaka), lalu Irfan Bachdim, dan kemudian Stefano Lilipaly.

"Saya sangat senang bergabung dengan Tokoy Verdy, salah satu klub tersukses di Liga Jepang. Saya mohon dukungannya kepada semuanya untuk perjuangan saya di sini," kata Pratama Arhan.


Profil Tokyo Verdy

Penjualan jersi Pratama Arhan di situs Tokyo Verdy. (Potongan layar situs Tokyo Verdy).

Tokyo Verdy saat ini berkiprah di J-League 2, atau kasta kedua Liga Jepang. Klub ini didirikan pada 1969 dengan nama lengkap Tokyo Verdy 1969 Football Club.

Sepanjang sejarah, Tokyo Verdy pernah menjuarai Liga Jepang sebanyak tujuh kali. Selain itu, Tokyo Verdy juga enam kali menjadi juara J League Cup.

Di level Asia, Tokyo Verdy pernah menjadi juara Liga Champions Asia pada tahun 1987. Total sudah ada 25 trofi yang diraih klub yang bermarkas di Ajinomoto Stadium tersebut.


Infografis

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya