Pentingnya Edukasi Seks bagi Remaja Penyandang Disabilitas

Banyak acara TV memiliki momen bermesraan, namun hubungan cinta penyandang disabilitas jarang dibahas.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 27 Feb 2022, 18:00 WIB
Penyandang disabilitas menjajal fasilitas di Stasiun Jatinegara, Jakarta, Jumat (3/12/2021). KAI Commuter berupaya memperbaiki layanan perkeretaapian, termasuk meningkatkan aksesibilitas di kereta dan stasiun. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Banyak acara TV memiliki momen bermesraan, namun hubungan cinta penyandang disabilitas jarang dibahas.

Berdasarkan laporan media monitoring Amerika (GLAAD) 2021, hanya 3,5% serial fiksi yang menampilkan disabilitas. Namun disabilitas sangat nyata bagi 25% orang Amerika dan jelas penyandang disabilitas berhubungan seks juga.

Serial Sex Education di Netflix misalnya, menonjolkan fakta tentang banyak siswa dengan disabilitas yang tidak mendapat pendidikan seks.

Dilansir dari Teenagevogue, serial sex education menunjukkan bahwa penyandang disabilitas juga membutuhkan pendidikan seks.

Shane Burcaw, advokat disabilitas dan pendiri organisasi nirlaba Laughing At My Nightmare yang memiliki bentuk distrofi otot yang membuatnya harus menggunakan kursi roda selama 20 tahun terakhir, mengaku mendapat hiburan dalam menonton karakter layar yang mengeksplorasi seksualitas mereka.

"Karena sebelumnya tidak ada contoh penyandang disabilitas sepertinya yang dianggap menarik, maupun sebagai pasangan yang diinginkan. Hal itu membuat Burcaw merasa seperti ia tidak mampu menemukan cinta,"katanya.

"Saya meragukan nilai saya sebagai pasangan. Saat SMA, saya tidak pernah mendapat pelajaran maupun panutan tentang pacar yang 'baik', bisa berhubungan seks dan berpelukan serta berpegangan tangan," lanjut dia.

Ternyata Burcaw menemukan ada terlalu banyak penyandang disabilitas yang bisa dikatakan relate dengan pengalamannya. Menurut laporan tahun 2021 dari SEICUS, 36 negara bagian sama sekali tidak memasukkan penyandang disabilitas muda dalam persyaratan pendidikan seks mereka, atau menyediakan sumber daya terkait pendidikan seks yang dapat diakses. Dari mereka yang melakukannya, hanya tiga yang secara eksplisit memasukkan pemuda penyandang disabilitas dalam mandat pendidikan seks, sementara yang lain hanya membutuhkan sumber daya yang dapat diakses.

Sementara, ketika program pendidikan seks mengabaikan penyandang disabilitas, para siswa tersebut dapat kehilangan pelajaran penting tentang kesehatan seksual, dan harga diri. Untungnya, program pendidikan seks yang komprehensif dapat memberdayakan penyandang disabilitas untuk lebih percaya diri dalam seksualitas dan tubuh mereka.

 


Faktanya, penyandang disabilitas juga aktif secara seksual

Penyandang disabilitas terkadang dianggap kekanak-kanakan dan polos. Stereotip ini dapat membuat guru dan orang tua percaya bahwa penyandang disabilitas tidak tertarik pada seks atau tidak mampu memiliki hubungan yang memuaskan.

Holmans adalah seorang dengan autisme. Kesalahpahaman umum tentang orang-orang di spektrum autisme adalah bahwa mereka tidak tertarik pada seks. Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu menemukan bahwa individu autis memiliki berbagai kebutuhan, keinginan, dan preferensi seksual. Bagi orang-orang seperti Holmans, mungkin frustasi untuk menavigasi perasaan seksual ini ketika mereka tidak termasuk dalam kelas pendidikan seks.

"Saya tidak belajar apa pun tentang batasan dan persetujuan," kata Holmans. Holmans merasa sendirian dan terisolasi karena "Kelas pendidikan seks yang saya ikuti semuanya berbasis rasa takut, dan itu memberi tahu saya apa yang 'tidak boleh dilakukan', yang justru merupakan cara yang salah untuk berbicara dengan anak yang membangkang. Sifat terlarang dari semua itu membuat segalanya semakin memikat. Pendidikan seks membuat saya memiliki banyak pertanyaan, dan saya tidak punya siapa pun untuk mengajukan pertanyaan ini."

Komunitas disabilitas bukanlah sebuah monolit, dan belajar tentang disabilitas di kelas pendidikan seks sebenarnya dapat bermanfaat bagi semua orang.

Andrew Gurza, seorang konsultan kesadaran disabilitas, mengatakan, “Kita semua akan menghadapi disabilitas di beberapa titik, apakah kita saat ini difabel atau tidak ataukah sakit kronis. Anda mungkin bisa menjadi difabel. ika Anda cukup beruntung, Anda mungkin bertemu dengan orang yang seksi, difabel juga, dan Anda mungkin ingin tahu cara menavigasi seksualitas dengan mereka. Jadi semua orang menang dengan pendidikan seks ramah disabilitas.”

Ryann Mason yang merupakan seorang perawat dan penyandang Sindrom Ehlers-Danlos mengatakan, disabilitas dapat secara drastis mengubah persepsi seseorang tentang kesenangan, belum lagi mengubah anatomi seksual seseorang yang sebenarnya.

"Agar pasien ini benar-benar beradaptasi dengan tubuh mereka yang baru difabel, kesehatan seksual perlu diajarkan oleh para profesional medis," sarannya.

Mason tahu bahwa, bahkan jika seorang siswa merasa tidak perlu belajar tentang disabilitas dalam pendidikan seks, mereka mungkin membutuhkan informasi ini seiring bertambahnya usia.

Menurut Forum Ekonomi Dunia, 80% penyandang disabilitas mendapatkan disabilitas mereka antara usia 18 dan 64 tahun. Sebagian besar penyandang disabilitas mengembangkan gejala mereka antara usia 18 dan 64 tahun. Pendidikan seks ramah disabilitas dapat mempersiapkan orang dewasa muda untuk memprioritaskan kesehatan seksual bahkan ketika tubuh mereka berubah di kemudian hari.

Banyak penyandang disabilitas telah berjuang untuk menemukan dukungan yang mereka butuhkan untuk mengembangkan pemahaman yang sehat tentang seksualitas mereka. 

Holmans menciptakan Neurodivergent Rebel untuk menjawab pertanyaan yang mungkin dimiliki orang dengan autisme, termasuk pertanyaan tentang seks yang mungkin tidak nyaman mereka tanyakan di kelas pendidikan seks. Dalam sebuah posting Facebook, Holmans menulis, "Seks adalah aktivitas sensorik, jadi masuk akal bagi saya bahwa beberapa pencari sensorik Autistik akan menikmati dan mencari seks."

Holmans juga meyakinkan orang autisme bahwa tidak apa-apa bagi mereka untuk tidak menginginkan seks, dan bahwa mereka harus percaya diri dalam mengungkapkan batasan mereka kepada pasangan, “Tidak ada satu pengalaman terpadu antara orang autisme dan seks, tetapi saya tidak berharap harus ada. Tidak ada satu pun pengalaman orang neurotipikal dengan seks. Semua orang menyukai hal yang berbeda, setiap orang menyukai hal yang berbeda, dan itu hanya sifat manusia.”

Tanpa pendidikan seks, hanya ada sedikit tempat bagi penyandang disabilitas ini untuk berpaling jika mereka ingin mempelajari informasi yang akurat tentang seks. Beberapa orang dewasa muda menonton film porno atau masturbasi untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka.

Masturbasi adalah bagian yang sehat dari perkembangan seksual, dan sebagian besar remaja telah melakukan masturbasi sebelumnya. Tetapi jika penyandang disabilitas mencoba menggunakan mainan seks yang tidak dirancang untuk tubuh mereka, mereka mungkin mengalami kram tangan atau keterbatasan lainnya.

Advokat Gurza ingin mengubah itu, jadi ia mulai mencari cara agar dirinya bisa membuat mainan seks yang dirancang oleh dan untuk penyandang disabilitas. Sehingga terbentuklah Bump'n, sebuah perusahaan yang membuat vibrator untuk penyandang disabilitas, dengan dirinya sebagai Chief Disability Officer. Gurza tahu bahwa penyandang disabilitas tidak dapat bergantung pada kelas pendidikan seks formal untuk mengajari mereka tentang tubuh dan kesenangan mereka. “Saya berharap kita bisa berbicara lebih terbuka tentang bagaimana perasaan seks dan disabilitas. Saya ingin orang tahu bagaimana rasanya dikucilkan, bagaimana rasanya menginginkan keintiman tetapi tidak merasa bahwa Anda pantas untuk memilikinya.”

Faktanya, tambah dia, penyandang disabilitas sama aktifnya secara seksual seperti orang lain. Itulah kenapa kita perlu memperbarui narasi dan keyakinan masyarakat untuk mencerminkan hal itu, dan itu bisa dimulai di kelas dengan pendidikan seks yang lebih inklusif dan beragam.

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya