Banjir Jakarta, Busway Berhenti Beroperasi

Kepala Badan Layanan Umum (BLU) transjakarta M Akbar mengatakan moda transportasi massal ini akan beroperasi jika banjir Jakarta telah surut.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 17 Jan 2013, 12:30 WIB
Bus transjakarta memilih tidak beroperasi menyusul sejumlah ruas jalan Jakarta yang tergenang banjir. Menurut Kepala Badan Layanan Umum (BLU) transjakarta M Akbar, moda transportasi massal akan beroperasi jika banjir Jakarta telah surut.

"Mulai dari jam 09.00 WIB, praktis tidak dioperasikan. Karena adanya genangan air di beberapa ruas. Dan kami statusnya akan menunggu, jika menyusut akan dioperasikan kembali," kata Akbar, saat dihubungi Liputan6.com, melalui sambungan telepon di Jakarta, Kamis (17/1/2013).

Menurut Akbar, armada transjakarta yang telah beroperasi sejak pagi kini telah dikembalikan ke pangkalannya. "Ada sebagian yang standby di sejumlah halte bus way," ungkap dia.

Pantuan Liputan6.com, banjir setinggi 50 centimeter yang menggenangi ruas di jalan Hotel Indonesia telah membuat bus transjakrta  tidak beroperasi.

"Busway koridor 1-11 sudah diinstruksikan dari pusat tidak beroperasi lagi karena semua akses jalannya terendam banjir," ucap Wisnu, petugas di Halte Busway Bundaran HI.

Menurut Wisnu, bus transjakarta koridor 1 Blok M-Kota dan sebaliknya telah berhenti beroperasi sekitar pukul 09.30 WIB. Akibatnya, sebanyak 16 armada menumpuk di halte Bundaran HI.

"Sebenarnya udah tertahannya sekitar pukul 08.00 WIB karena banyak kendaraan pribadi yang masuk ke jalur busway. Tapi pas pukul 09.30 WIB di sini sudah berhenti beroperasi, tadi di sini ada sekitar 16 bus yang tertahan. Belum tahu nih mulai beroperasi lagi kapan," tambah Wisnu.

Sementara sejumlah penumpang di halte tersebut ini memilih tidak melanjutkan perjalanannya. "Tadi jumlah penumpang yang menumpuk sekitar 70 orang, karena busway tidak beroperasi mereka meninggalkan halte," jelas Wisnu.(Ali)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya