Wamenkeu: Siapkan Diri Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Tepat pada 2 Maret 2022 ini, sudah 2 tahun Covid-19 menyebar di Indonesia.

oleh Liputan6.com diperbarui 02 Mar 2022, 10:45 WIB
Pengendara melintas di depan mural protokol kesehatan COVID-19 di Jakarta, Minggu (21/11/2021). Untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19, pemerintah akan menerapkan kebijakan PPKM Level 3 untuk seluruh wilayah Indonesia selama masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.(Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Tepat pada 2 Maret 2022 ini, sudah 2 tahun Covid-19 menyebar di Indonesia. Tahun 2020 di tanggal yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan secara resmi ditemukannya warga Indonesia yang terpapar Covid-19.

"Hari ini 2 Maret, kasus Covid-19 pertama di Indonesia diumumkan," kata Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara saat membuka acara Kolaborasi Ekosistem Infrastruktur untuk Mendorong Pemulihan Ekonomi dan Mendukung Pembangunan Berkelanjutan, Jakarta, Rabu (2/3/2022).

Selama 2 tahun ini, Suahasil menyebut terjadi banyak peristiwa penting. Banyak kejadian yang telah membuat situasi di keluarga, lingkungan kerja hingga gaya hidup berubah.

Saat ini pemerintah bukan hanya memikirkan pembangunan dan menjaga masuknya pendapatan. Tetapi menjaga sektor kesehatan sebagai garda terdepan dalam menghadapi ancaman virus corona yang terus bermutasi.

"Tahun 2020 dan 2021 ini kita sudah melakukan kerja keras. Kita upayakan dari APBN, menjaga protokol kesehatan, vaksinasi dan memastikan sektor kesehatan kira siap siaga," tuturnya.

 


Berdampingan dengan Covid-19

Warga duduk-duduk di Taman Puring, Jakarta, Minggu (14/3/2021). Mulai 13 Maret 2021, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta kembali membuka 28 Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ibu Kota di masa penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dalam 2 tahun ini juga berbagai varian cari Covid-19 sudah masuk ke Indonesia. Varian delta sempat melumpuhkan Indonesia saat tren pemulihan ekonomi berlangsung tahun lalu. Kini, varian omicron sedang menyebar di seluruh Indonesia.

Untuk itu, Suahasil mengatakan, sudah saatnya masyarakat dan pemerintah mulai bersiap untuk hidup bersama dengan virus corona. Selayaknya saat kita menghadapi flu yang sempat menjadi virus mematikan di awal kemunculannya.

"Kita bayangkan kondisi pandemi ini akan terus dan harus kita hidup bersama virus ini seperti virus flu," katanya

Maka, salah satu upaya yang dilakukan dengan menyiapkan sektor kesehatan. Sektor ini harus diperkuat dan diberikan dukungan agar tetap bisa menjadi garda terdepan melawan berbagai mutasi Covid-19.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya