Daftar 4 Negara di Dunia Dukung Invasi Rusia atas Ukraina

Pemungutan suara Majelis Umum PBB telah membuat Rusia semakin terisolasi di panggung internasional setelah menuntut diakhirinya invasi ke Ukraina. Berikut daftar 4 negara pendukung invasi Rusia ke Ukraina.

oleh Hariz Barak diperbarui 05 Mar 2022, 18:35 WIB
Penumpang menunggu di peron stasiun kereta api Lviv, di Lviv, Ukraina barat pada Minggu, 27 Februari 2022. Dengan mobil, kereta api, dan berjalan kaki, puluhan ribu pengungsi Ukraina mencari keselamatan di negara-negara tetangga Ukraina saat invasi Rusia. (AP Photo/Bernat Armangue)

Liputan6.com, Jakarta - Pemungutan suara Majelis Umum PBB telah membuat Rusia semakin terisolasi di panggung internasional setelah menuntut diakhirinya invasi ke Ukraina.

Mosi yang menyerukan penarikan semua pasukan pendudukan didukung oleh 141 negara selama sesi darurat di New York pada Rabu 2 Maret 2022.

Resolusi Majelis Umum tidak mengikat secara hukum, tetapi membawa bobot politik dengan menunjukkan kekuatan perasaan internasional, dan hasilnya lebih lanjut secara diplomatis mengisolasi Rusia di PBB.

Inggris telah melobi di belakang layar bagi negara-negara untuk mendukung mosi tersebut, yang menyesalkan "agresi" Rusia dalam "istilah terkuat" dan menuntut penarikan total pasukan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Berbicara setelah pemungutan suara, perdana menteri Inggris Boris Johnson mengatakan: "Jarang ada kontras antara benar dan salah yang begitu mencolok.

"Kami bersatu dalam kebencian kami terhadap tindakan jahat rezim Putin dan berdiri berdampingan di panggung internasional saat kami menyesalkan agresinya dalam istilah sekuat mungkin."

Pemungutan suara berlangsung dalam sesi darurat pertama majelis sejak 1997, yang dengan mudah melampaui mayoritas dua pertiga yang harus disetujui.

Hanya empat negara yang bergabung dengan Rusia dalam menentang mosi tersebut, sementara 35 negara abstain.

Berikut daftar 4 negara tersebut seperti dikutip dari Yahoo News, Sabtu (5/4/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Belarus

Orang-orang menunggu untuk menyeberang dari wilayah yang dikuasai pemerintah Ukraina ke wilayah yang dikuasai separatis pro-Rusia di Stanytsia Luhanska, satu-satunya titik penyeberangan yang buka setiap hari, di wilayah Luhansk, Ukraina timur, pada 22 Februari 2022. (AP Photo/Vadim Ghirda )

Tidak mengherankan, Belarus – yang dipimpin oleh pendukung Putin Alexander Lukashenko, mendukung invasi Rusia ke Ukraina.

Lukashenko bergantung pada dukungan dari Moskow dan dia sebelumnya telah berbicara tentang setuju dengan Putin atas kekhawatiran kedekatan Ukraina yang semakin meningkat dengan Barat dan NATO.

Presiden Belarusia juga memimpin sebuah negara di mana banyak yang mengidentifikasi erat dengan Rusia, sering memilih untuk berbicara bahasa Rusia daripada bahasa asli.

Belarus juga terkena sanksi Uni Eropa tahun lalu karena pelanggaran hak asasi manusia.


2. Suriah

Orang-orang yang melarikan diri dari konflik dari negara tetangga Ukraina bertemu dengan anggota keluarga mereka di perbatasan di Medyka, Polandia tenggara, pada Jumat, 25 Februari 2022. (AP Photo/Czarek Sokolowski)

Suriah juga memberikan suara dengan Rusia di PBB, membalas dukungan militer dari Putin selama perang Suriah pada tahun 2015.

Bashar al-Assad adalah sekutu utama Putin dan serangan udara yang mendukung membantu presiden Suriah berjuang melawan kelompok-kelompok pro-demokrasi.

Moskow memiliki dua pangkalan militer di Suriah, dan lebih dari 63.000 personel militer Rusia telah dikerahkan ke Suriah, menurut angka Rusia.


3. Eritrea

Pengungsi Ukraina berjalan di sepanjang kendaraan yang berbaris untuk menyeberangi perbatasan dari Ukraina ke Moldova, di titik perbatasan persimpangan Mayaky-Udobne, Ukraina, 26 Februari 2022. Lebih dari sekitar 500.000 orang terpaksa meninggalkan Ukraina selama invasi Rusia (AP Photo/Sergei Grits)

Eritrea, sebuah negara yang terletak di timur laut Afrika, dipimpin oleh Isaias Afwerki dan dukungannya untuk Rusia dianggap karena keinginan untuk menjalin hubungan dengan Putin dalam upaya untuk mendukung kekuasaannya.

Moskow juga telah berinvestasi ke Eritrea, baru-baru ini mengumumkan rencana untuk membangun pusat logistik di sebuah pelabuhan di negara itu.

Memang, Presiden Afwerki mengadakan pembicaraan dengan Perwakilan Khusus Putin awal bulan ini, di mana Rusia menggarisbawahi kerja sama antara keduanya dan sikap bersama terhadap apa yang mereka anggap sebagai sanksi tidak sah.

 


4. Korea Utara

Seorang pengungsi yang melarikan diri dari konflik dari negara tetangga Ukraina beristirahat di stasiun kereta api setelah tiba di Zahony, Hongaria, Minggu, 27 Februari 2022. Lebih dari sekitar 500.000 orang terpaksa meninggalkan Ukraina selama invasi Rusia. (AP Photo/Anna Szilagyi)

Korea Utara adalah negara terakhir yang memberikan suara dengan Rusia, dalam sebuah langkah yang tidak akan mengejutkan siapa pun.

Negara yang terkenal tertutup, yang dipimpin oleh Kim Jong-un, tidak pernah berusaha menyembunyikan sentimen anti-AS dan menyalahkan jangkauan Barat dan NATO di Eropa timur atas invasi Putin.


35 Negara yang Abstain

Pengungsi Ukraina menangis saat mereka bersatu kembali di perbatasan Medyka, Polandia, Sabtu, 26 Februari 2022. Dengan mobil, kereta api, dan berjalan kaki, puluhan ribu pengungsi Ukraina mencari keselamatan di negara-negara tetangga Ukraina saat invasi Rusia. (AP Photo/Visar Kryeziu)

Sebanyak 35 negara abstain dalam pemungutan suara di Rusia, termasuk India, Pakistan dan Afrika Selatan.

Salah satu abstain yang menonjol adalah Iran, yang secara historis menjadi sekutu utama Rusia dan Putin.

Namun abstain China yang mengangkat alis paling banyak, karena merekalah yang paling kritis terhadap AS dan Barat dalam membangun invasi Ukraina.

Asisten menteri luar negeri China Hua Chunying mengatakan AS bertanggung jawab atas "mengipasi api" dari invasi di Ukraina.

Kemitraan antara China dan Rusia tampaknya telah ditetapkan tetapi China juga abstain dalam pemungutan suara dewan keamanan PBB yang mengutuk invasi bulan lalu – menunjukkan Putin tidak dapat selalu bergantung pada sekutunya yang kuat.

Alih-alih memberikan dukungan militer kepada Rusia, China juga mengisyaratkan keinginannya untuk bertindak sebagai mediator dalam konflik, dengan mengatakan bahwa pihaknya "sangat prihatin" tentang bahaya bagi warga sipil.


Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya