Preteli Sparepart Kapal Wisata, Pria di Banyuwangi Digiring ke Kantor Polisi

Kamsiadi menggondol suku cadang Kapal Layar Motor atau KLM Liana yang tengah bersandar di Pantai Marina Boom Banyuwangi.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 08 Mar 2022, 21:30 WIB
Tersangka Kamsiadi alias Jon (40) (Tengah) beserta barang bukti hasil curian diamankan di Kantor Satpol air Banyuwangi. (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)

Liputan6.com, Banyuwangi Satpolairud Polresta Banyuwangi mengamankan nelayan Kelurahan Mandar Banyuwangi, Kamsiadi alias Jon (40), lancaran  mencuri sparepart kapal wisata.

Kasat Polairud Polresta Banyuwangi Kompol Jeni Al Jauza menjelaskan, Kamsiadi ditangkap di rumah rekannya berinisial MD, pada Kamis (3/3/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.

"MD ini orang yang dititipi barang hasil curian Kamsiadi," kata Kompol Jeni, Selasa (8/3/2022).

Kamsiadi menggondol suku cadang Kapal Layar Motor atau KLM Liana yang tengah bersandar di Pantai Marina Boom Banyuwangi.

Ia mengggondol 1 water cooler, 1 mesin pendingin dan 1 dinamo starter. Kamsiadi menggunakan kunci pas untuk membongkar komponen tersebut.

"Aksi itu dilakukan pada Rabu 16 Februari 2022 jam 14.00 WIB. Kondisinya saat itu tengah sepi. Pintu kapal tidak dikunci sehingga pelaku dengan mudah menjarah suku cadang yang memang ada disana," kata Kompol Jeni Al Jauza.


Belum Laku

Usai berhasil mempreteli, komponen suku cadang diletakkan di semak-semak dan pada malam hari diambil kemudian dititipkan ke MD.

Saat ditangkap barang bukti masih disimpan di kediaman MD. Tiga barang bukti masih utuh dan belum laku dijual.

"MD yang dititipi barang dimintai bantuan untuk menjual barang bukti hasil curiannya. Tapi belum sempat terjual kasus ini telah kita bongkar," tandasnya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya