AS dan Eropa Putus Impor Rusia, Harga Minyak Melonjak 7 Persen

Harga minyak melonjak ke level tertinggi sesi Selasa karena Presiden Joe Biden mengumumkan larangan impor fosil Rusia

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 09 Mar 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi Tambang Minyak (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak melonjak ke level tertinggi sesi Selasa karena Presiden Joe Biden mengumumkan larangan impor fosil Rusia termasuk minyak sebagai tanggapan atas invasi negara itu ke Ukraina.

Dilansir dari CNBC, Rabu (9/3/2022), harga minyak mentah WTI melonjak sebanyak 7 persen diperdagangkan di atas USD 128 per barel.

Itu mengakhiri hari 3,6 persen lebih tinggi pada USD 123,70. Minyak mentah Brent, patokan internasional, melonjak 7,7 persen menjadi USD 132,75, sebelum diperdagangkan dari level tertinggi. Pada akhir sesi, kontrak berdiri 4,3 persen lebih tinggi pada USD 123,21.

“Kami membuat keputusan ini melalui konsultasi erat dengan sekutu dan mitra kami di seluruh dunia, khususnya di Eropa,” kata Biden dalam konferensi pers.

“Kami bekerja sama dengan Eropa dan mitra kami untuk mengembangkan strategi jangka panjang untuk mengurangi ketergantungan mereka pada Rusia,” tambahnya.

Pada tahun 2021, AS mengimpor sekitar 672.000 barel per hari minyak dan produk olahan dari Rusia, atau sekitar 8 persen dari total impor, menurut Andrew Lipow, presiden Lipow Oil Associates, berdasarkan data dari Administrasi Informasi Energi.

Sebelumnya, Inggris mengumumkan pembatasannya sendiri untuk membeli impor minyak Rusia tepat sebelum Biden berbicara, dengan mengatakan akan menghentikan impor negara itu pada akhir tahun. Uni Eropa juga meluncurkan rencana untuk menghentikan penggunaan bahan bakar fosil Rusia.

John Kilduff, mitra pendiri Again Capital, mengatakan harga minyak naik kedua di USD 130 dan gagal, yang menyebabkan beberapa penjualan.

“Semua orang bertanya-tanya dengan Biden yang mengumumkan sanksi – apakah itu akan menjadi rumor, menjual momen berita,” kata Kilduff. “Finalitas pengumuman Biden yang memperkuat momen berita jual. Sekarang kami tahu di mana kami berdiri,” lanjutnya.

 


Prediksi Pasar

Ilustrasi Tambang Minyak (iStock)

Pasar telah menyetujui sendiri kompleks energi Rusia, dengan pembeli menghindari minyak negara.

“Perkiraan bervariasi, tetapi mungkin adil untuk mengatakan bahwa jika larangan impor diberlakukan di Rusia, volume tambahan yang menjadi tidak tersedia akan relatif terbatas,” kata Tamas Varga dari broker PVM.

“Larangan de facto atas impor minyak mentah Rusia ada di sini dengan atau tanpa undang-undang pemerintah,” tambah Lipow.

 

Sementara itu, harga minyak melonjak pada Minggu ke harga yang terakhir terlihat pada 2008.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate, patokan minyak AS, diperdagangkan setinggi USD 132,07. Patokan internasional minyak mentah Brent mencapai USD 139,13. Namun keduanya menetap jauh di bawah tertinggi tersebut selama sesi perdagangan Senin.

Rusia adalah produsen dan pengekspor minyak dan gas utama, dan perang negara itu terhadap Ukraina mengganggu pasar global.

“Mengingat peran kunci Rusia dalam pasokan energi global, ekonomi global dapat segera menghadapi salah satu guncangan pasokan energi terbesar yang pernah ada,” kata Goldman Sachs Senin dalam sebuah catatan kepada klien.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya