Banyak yang Salah! Ternyata Begini Tips Minum saat Puasa agar Ibadahmu Lancar

Seperti yang diketahui bahwa ketika berpuasa, kita dilarang untuk makan dan minum selama 12 jam

oleh Sabrina Julie diperbarui 29 Mar 2022, 15:59 WIB
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Robert Brown Stock

Liputan6.com, Semarang - Diketahui bahwa 80 persen tubuh manusia terdiri dari air. Oleh sebab itu setidaknya dalam sehari manusia membutuhkan 2 liter air, atau setara dengan 8 gelas air minum. Kekurangan air tentu akan berdampak pada kondisi tubuh manusia, salah satunya dehidrasi atau kekurangan cairan. 

Lantas bagaimana menjaga kebutuhan cairan tubuh ketika menjalankan ibadah puasa? Seperti yang diketahui bahwa ketika berpuasa, kita dilarang untuk makan dan minum selama kurang lebih 12 jam. Sementara tubuh terus beraktivitas dan membutuhkan cairan.

Yuk simak tips minum berikut agar ibadah puasa lancar.


Pola 2-4-2 Saat Puasa

Cara memenuhi kebutuhan cairan saat berpuasa yakni dengan menjalankan pola 2-4-2, yaitu:

1. 2 gelas air putih saat berbuka puasa

Agar lebih sehat biasakan untuk mulai berbuka puasa dengan air putih sebelum menyantap hidangan lain. Disarankan agar minum sebanyak 2 gelas secara berkala untuk mengganti cairan tubuh selama seharian berpuasa.

2. 4 gelas di malam hari

Selanjutnya, minumlah air putih sebanyak 4 kali di malam hari. Untuk waktu yang disarankan yakni satu gelas sebelum makan malam, satu gelas setelah makan malam, kemudian satu gelas setelah salat tarawih, dan satu gelas menjelang tidur. Meminum air putih sebelum dan sesudah makan diketahui dapat melancarkan proses pencernaan.

3. 2 gelas saat sahur

Ketika makan sahur, dianjurkan untuk meminum 2 gelas air putih. Pembagian minum saat sahur dapat dilakukan ketika bangun tidur atau sebelum makan, dan segelas setelah makan sahur. Saat berpuasa sebaiknya tidak melewatkan makan sahur dan meminum air putih agar cairan tubuh tetap terpenuhi sebelum menjalankan ibadah puasa.

Nah itu tadi tips minum untuk umat muslim yang hendak menjalankan ibada puasa Ramadhan. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya