Diproduksi di Dalam Negeri, Seberapa Besar TKDN Hyundai Ioniq 5?

Mobil listrik terbaru Hyundai Motors Indonesia (HMID), Ioniq 5 resmi meluncur di gelaran IIMS 2022

oleh Arief Aszhari diperbarui 04 Apr 2022, 17:06 WIB
(Foto:Dok.Hyundai)

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai Ioniq 5 resmi meluncur di gelaran IIMS 2022. Produk terbaru Hyundai Motors Indonesia (HMID) ini menjadi produk mobil listrik pertama yang diproduksi di Tanah Air.

Proses perakitannya sendiri dilakukan di pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang terletak di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Lalu, dengan statusnya sebagai mobil listrik buatan Indonesia, berapa tingkat kandungan lokal dalam negeri (TKDN)  Hyundai Ioniq 5?

"Untuk TKDN, pasti ada karena kita sudah diproduksi di sini. Kedua, dengan adanya pabrik baterai kita sudah siap dan sudah produksi, TKDN akan semakin banyak," jelas Makmur Chief Operating Officer (COO) HMID, di gelaran IIMS 2022, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Namun, Makmur sendiri tidak mengungkap secara rinci seberapa besar TKDN pada Hyundai Ioniq 5 ini.

Pihaknya hanya mengatakan, seiring dengan baterai Ioniq 5 yang juga diproduksi secara lokal, maka TKDN mobil listrik asal Negeri Gingseng ini akan semakin besar.

"Ioniq 5 ini model produksi kita kedua setelah Creta. Pabrik kita siapkan memang untuk produksi mobil listrik pertama, dan bisa kita suplai untuk Indonesia," tegasnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Spesifikasi

Sebagai informasi, Hyundai ioniq 5 memiliki dua tipe, yaitu Prime Standard dan Signature Standard dengan kemampuan yang mampu melaju dari 0 - 100 km/jam dalam kurun waktu 8,5 detik.

Sedangkan tipe Prime Long Range dan Signature Long Range mampu membuat mobil berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam kurun waktu 7,4 detik.

Ioniq 5 juga memiliki jarak tempuh yang mengagumkan. Ioniq 5 tipe Prime Standard dan Signature Standard dapat dikendarai sejauh 384 KM bila baterai mobil sedang terisi penuh.

Tidak hanya sampai di situ, Hyundai Ioniq 5 tipe Long Range juga memiliki kemampuan jarak tempuh yang lebih mengesankan lagi, di mana tipe Prime Long Range bisa dikendarai sejauh 481 KM dan tipe Signature Long Range dapat menempuh jarak sejauh 451 KM (berdasarkan WLTP[1]).

 


Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya