KAI DAOP 4 Semarang Masih Sediakan Layanan Vaksin Gratis, Yuk Cek Daftar Lokasi dan Jamnya

Layanan vaksinasi gratis itu berada di 4 (empat) lokasi yaitu di Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Tegal, Stasiun Cepu dan Klinik Mediska Semarang.

oleh Tito Isna Utama diperbarui 12 Apr 2022, 20:59 WIB
Ilustrasi foto suasana Stasiun Tawang Kota Semarang , (Foto : Titoisnau)

Liputan6.com, Semarang - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang masih menyediakan layanan vaksinasi gratis bagi masyarakat dan pelanggan kereta api. Layanan vaksinasi gratis itu berada di 4 (empat) lokasi yaitu di Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Tegal, Stasiun Cepu dan Klinik Mediska Semarang.

Hal tersebut merupakan hasil dari kerja sama antara KAI dengan Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, dan Dinas Kesehatan setempat untuk mendukung program vaksinasi pemerintah. Sedangkan vaksinasi yang disediakan mulai dari vaksin dosis pertama, dosis kedua maupun vaksin dosis ketiga (booster).

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro menjelaskan untuk jam pelayanan dan lokasi vaksinasi gratis di wilayah Daop 4 Semarang sebagai berikut:

1. Stasiun Semarang Tawang, beroperasi tanggal 9 s.d. 30 April 2022, mulai pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB

2. Stasiun Tegal, beroperasi tanggal 5 s.d. 30 April 2022, mulai pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB

3. Stasiun Cepu, beroperasi tanggal 7, 13, 18, 23 dan 28 April 2022, mulai pukul 15.00 s.d. 17.00 WIB

4. Klinik Mediska Semarang, beroperasi hari Senin s.d. Sabtu (hari Minggu dan tanggal merah tutup), mulai pukul 08.00 s.d. 11.00 WIB

Selain itu, KAI Daop 4 Semarang juga masih menyediakan 6 (enam) stasiun yang melayani rapid antigen seharga Rp35.000 yaitu Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Weleri, Stasiun Pekalongan, Stasiun Tegal dan Stasiun Cepu.

KAI akan memastikan seluruh pelanggan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Tujuannya untuk mencegah penularan Covid-19 pada moda transportasi kereta api di tengah meningkatnya minat masyarakat untuk mudik Lebaran 1443 H.

Berikut persyaratan lengkap perjalanan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal terbaru, sesuai SE Kemenhub Nomor 39 Tahun 202.

 

 


Syarat Naik Kereta Api Jarak Jauh:

1. Vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19

2. Vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam

3. Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam

4. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam

5. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

 

 


Syarat Naik Kereta Api Lokal dan Aglomerasi:

1. Wajib menunjukkan kartu vaksin dosis pertama

2. Tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen atau RT-PCR

3. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya