Prediksi Liverpool vs MU di Liga Inggris: Setan Merah Bisa Apa?

Liverpool menjamu Manchester United (MU) pada lanjutan Liga Inggris 2021/2022 di Anfield, Selasa (19/4/2022) atau Rabu dini hari WIB. Kali ini dua musuh bebuyutan ini bertarung mempertaruhkan rapor di akhir musim.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 19 Apr 2022, 08:30 WIB
Liga Inggris menghadirkan duel sengit Liverpool vs Manchester United. (AP Photo/Rui Vieira)

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool menjamu Manchester United (MU) pada lanjutan Liga Inggris 2021/2022 di Anfield, Selasa (19/4/2022) atau Rabu dini hari WIB. Kali ini dua musuh bebuyutan ini bertarung mempertaruhkan rapor di akhir musim.

The Reds membutuhkan tambahan poin untuk terus menekan pimpinan klasemen Manchester City. Liverpool tertinggal satu angka di belakang sang juara bertahan Liga Inggris.

Kemenangan atas MU akan membantu usaha klub Merseyside tersebut menduduki takhta. Di sisi lain, pasukan Jurgen Klopp juga berkesempatan melukai hasrat The Red Devils merebut tiket Liga Champions musim depan.

MU saat ini berada di peringkat lima, tertinggal tiga nilai dari Tottenham Hotspur. Mereka juga bersaing dengan Arsenal yang setingkat di bawah, tapi memiliki poin sama dan tabungan satu laga.

Di sisi lain, kesuksesan MU mencuri angka dari markas rival abadi bakal membantu aspirasi mereka, plus menghambat laju Liverpool pada persaingan takhta.

Pertaruhan inilah yang menjadi perhatian pertandingan nanti. Meski begitu, angin condong bergerak ke Liverpool mengingat level permainan kedua tim sangat timpang.

Jika The Reds berpeluang menjadi quadruple winners musim ini, MU membutuhkan hattrick pemain berusia 37 tahun untuk menaklukkan tim buncit Norwich City akhir pekan lalu. Bukti lain superioritas Liverpool adalah kemenangan 5-0 pada pertemuan pertama di Old Trafford Oktober silam.

Walau demikian, Jordan Henderson dan kawan-kawan tidak mau memandang lawan sebelah mata. Mereka berniat tetap menghormati rival.

"Omong kosong jika kami mengira laga nanti bakal mudah. MU pasti tetap menyulitkan. Saya kira kami tampil fantastis di Old Traffod. Kami harus berada di level serupa jika mau meraih tiga angka lagi" tandas striker Liverpool Diogo Jota, dikutip situs resmi klub.


Kondisi Terkini

Harry Maguire Vs Mohamed Salah dalam duel Manchester United kontra Liverpool di Old Trafford, Minggu (25/10/2021). Dalam pekan ke-9 Liga Inggris 2021/2022, Liverpool menang 5-0. (AFP/Oli Scarf)

Liverpool sempat panik dengan kondisi Jota. Tapi pemain asal Portugal itu fit dan bisa duduk di bangku cadangan pada semifinal Piala FA melawan Manchester City akhir pekan lalu. Dengan begini, Klopp bebas memilih personel yang dianggap tepat untuk meraih kemenangan.

Joel Matip dan Henderson berpotensi menjadi starter menggantikan Ibrahima Konate dan Naby Keita. Roberto Firmino juga bisa memulai laga sejak menit pertama usai mencetak dua gol ke gawang Benfica pekan lalu.

Di sisi lain, MU mengalami kendala di lini tengah. Fred dan Scott McTominay kembali absen. Kondisi psikologis Bruno Fernandes juga dalam tanda tanya setelah terlibat kecelakaan kendaraan. Sementara Edinson Cavani dan Luke Shaw masih menghilang.

Namun, tetap ada kabar gembira yang diterima MU. Raphael Varane berpotensi ambil bagian di Anfield. Kehadirannya krusial karena The Red Devils memiliki duel krusial lain melawan Arsenal di depan mata.

Selain itu, manajer MU Ralf Rangnick berpeluang menurunkan Aaron Wan-Bissaka dan Nemanja Matic agar timnya bisa meredam daya dobrak Liverpool. Jika demikian, Jesse Lingard harus kembali ke bangku cadangan usai menjadi starter untuk kali pertama musim ini melawan Norwich City.


Perkiraan Pemain dan Performa Tim

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Henderson, Fabinho, Thiago; Salah, Firmino, Mane

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Wan-Bissaka, Lindelof, Maguire, Telles; Matic, Pogba; Elanga, Fernandes, Sancho; Ronaldo

 

5 Pertemuan Terakhir

24-10-2021 MU 0-5 Liverpool (EPL)

14-05-2021 MU 2-4 Liverpool (EPL)

25-01-2021 MU 3-2 Liverpool (Piala FA)

17-01-2021 Liverpool 0-0 MU (EPL)

19-01-2020 Liverpool 2-0 MU (EPL)

 

5 Pertandingan Terakhir Liverpool (M-M-S-S-M)

02-04-22 Liverpool 2-0 Watford (EPL)

06-04-22 Benfica 1-3 Liverpool (UCL)

10-04-22 City 2-2 Liverpool (EPL)

14-04-22 Liverpool 3-3 Benfica (UCL)

16-04-22 City 2-3 Liverpool (Piala FA)

 

5 Pertandingan Terakhir Manchester United (M-K-S-K-M)

13-03-22 MU 3-2 Tottenham (EPL)

16-03-22 MU 0-1 Atletico (UCL)

02-04-22 MU 1-1 Leicester (EPL)

09-04-22 Everton 1-0 MU (EPL)

16-04-22 MU 3-2 Norwich (EPL)


Fakta Menarik

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

- Liverpool tak terkalahkan dalam enam laga kandang terakhir melawan MU di semua kompetisi (M3 S3 K0).

- Liverpool mencatat lima clean sheet dan cuma kebobolan total satu gol dalam enam laga kandang terakhirnya melawan MU di semua kompetisi.

- Liverpool tak terkalahkan dalam 12 laga terakhirnya di Liga Inggris (M10 S2 K0).

- Liverpool selalu menang dalam 10 laga kandang terakhirnya di Liga Inggris.

- Liverpool selalu mencetak minimal dua gol dalam enam dari tujuh laga kandang terakhirnya di Liga Inggris.

- Liverpool mencatat lima clean sheet dan cuma kebobolan satu gol dalam enam laga kandang terakhir di Liga Inggris.

- MU cuma menang dua kali dalam enam laga terakhir di Liga Inggris (M2 S2 K2).

- MU selalu gagal clean sheet dalam lima laga terakhir di Liga Inggris.

- MU cuma menang tiga kali dalam 10 laga tandang terakhirnya di Liga Inggris (M3 S4 K3).

- MU selalu kalah dalam dua laga tandang terakhir di Liga Inggris.

 

Infografis transfer MU. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya