Kasus Pelecehan Seksual di Korea Selatan 'Nth Room' akan Diangkat Menjadi Dokumenter Netflix

Netflix Korea Selatan mengabarkan bahwa kisah dari Nth Room tersebut akan diangkat menjadi sebuah film dokumenter. Bertajuk "Cyber Hell: Exposing An Internet Horror"

oleh Sabrina Julie diperbarui 20 Apr 2022, 20:00 WIB
Netflix

Liputan6.com, Semarang - Masih ingat dengan kasus pelecehan seksual yang menghebohkan masyarakat Korea Selatan di tahun 2020? Ya Nth Room, sebuah kasus kekerasan dan pelecehan seksual melalui grup Telegram. 

Nth room adalah sebuah nama grup telegram yang digunakan untuk mendistribusikan video-video pelecehan dan kekerasan seksual dari 74 perempuan dengan 16 korban merupakan anak di bawah umur. 

Pelaku yang bernama Jo Joo-bin, kini tengah mendapatkan hukuman kurungan penjara selama 42 tahun. Pada saat itu banyak selebriti yang turut menyuarakan agar tersangka mendapatkan hukuman seberat-beratnya atas tindakan yang telah dilakukan. 


Hampir Dialami Jisoo Blackpink

Kabarnya pelecehan seksual tersebut hampir saja terjadi pada Jisoo Blackpink yang sempat menjadi korban pengintaian selama 3 bulan. Namun rencana jahat Jo Joo-bin tersebut tidak berhasil lantaran Jisoo tidak pernah bertemu dengan sosok pria itu. Pengakuan dari Jo Joo-bin tersebut sempat membuat geger BLINK (penggemar BLACKPINK). 


Akan Diangkat Menjadi Dokumenter

Hari Rabu (20/04/2022) Netflix Korea Selatan mengabarkan bahwa kisah dari Nth Room tersebut akan diangkat menjadi sebuah film dokumenter. Bertajuk "Cyber Hell: Exposing An Internet Horror" penggarapan film dokumenter ini akan melibatkan 24 reporter, produser, juga pihak kepolisian yang menangani kasus Nth Room.

"Cyber Hell: Exposing An Internet Horror" akan mengusung cerita dokumenter pelecehan seksual yang berbeda di mana pelaku melakukan sebuah kejahatan seksual tanpa bertatap muka dengan korban. Dalam  kejahatan seks siber, pelaku Nth Room menciptakan sebuah zona nyaman di mana ia bisa tampil sebagai seorang anonim. 

Melalui trailer yang telah dibagikan oleh Netfilx, menampilkan beberapa narasumber yang mengungkapkan perasaan mereka ketika menangani kasus Nth Room. Sang sutradara Choi Jin Seong menuturkan bahwa kasus Nth Room ini jauh lebih kompleks dan rumit, bahkan beberapa pihak yang terlibat juga bekerja keras untuk menuntaskan kasus ini. 

Kabarnya "Cyber Hell: Exposing An Internet Horror" akan tayang resmi melalui platform Netflix pada tanggal 18 Mei 2022 mendatang.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya