Info Mudik: Jalur Tol dan Arteri di Jabar Siap, Perhatikan Jadwal One Way

Kepolisian Daerah Jawa Barat telah melakukan pengecekan jalur arteri dan jalan tol dalam persiapan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2022.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 23 Apr 2022, 06:00 WIB
Kendaraan yang didominasi pemudik melintasi Jalan Tol Cipali di kawasan Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (8/7). Diberlakukannya sistem satu arah atau one way menyebabkan jalur Trans Jawa dari arah Palimanan menuju Cikampek ramai lancar pada H+3 Lebaran. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Bandung - Kepolisian Daerah Jawa Barat telah melakukan pengecekan jalur arteri dan jalan tol dalam persiapan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2022. Kapolda Jabar Irjen Suntana pun menyatakan kesiapan personelnya.

"Alhamdulillah, jalannya bagus sekali, dan lampu penerangan untuk malam hari juga bagus, dan pos pam, pos terpadu tersedia," ucap Suntana Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Lodaya 2022 di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (22/4/2022).

Suntana juga menyatakan pihaknya telah menyiapkan pengamanan di sejumlah fasilitas rekreasi, tempat istirahat, dan sentra vaksinasi sesuai arahan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. 

"Selain melaksanakan pelayanan pengamanan, sesuai dengan arahan gubernur, kami menyiapkan pula sentra vaksinasi di seluruh pos pam dan pos terpadu yang ada," tuturnya.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo menerangkan, pihaknya menyiapkan 353  pos yang terdiri dari pos pengamanan sebanyak 239, pos pelayanan 74 pos.    

Untuk jalur tol disediakan 15 pos dan jalur arteri sebanyak 59 pos. Pos-pos ini nantinya akan berguna untuk melaksanakan pengamanan dan juga pelayanan serta kontrol serta analisis dan evaluasi terkait pelaksanaan arus mudik Lebaran.

Dalam pos-pos tersebut juga tersedia pelayanan petugas kepolisian, petugas kesehatan, pemadam kebakaran, bengkel, dan gerai vaksin. Bahkan, ada pos-pos unik yang disediakan pihak kepolisian seperti ruang bermain anak dan ruang baca untuk mengusir kejenuhan selama di perjalanan.

"Mudik kali ini agak berbeda dengan progres mudik dari tahun-tahun sebelumnya, di mana kita mengharapkan bahwa pemudik bukan saja menjadi objek akan tetapi juga menjadi subjek, dengan harapan pemudik bisa berkontribusi untuk menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik," ujar Ibrahim.

Sementara, personel yang dipersiapkan sekitar 27.327 personel yang terdiri dari kepolisian dibantu pemangku kebijakan terkait dari berbagai instansi yang nantinya akan membantu pelayanan di pos-pos tersebut.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penerapan One Way di Tol

One way arus balik Tol Kalikangkung.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan, adanya kebijakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait pemberlakuan sistem one way atau satu jalur di Tol Cikampek selama periode mudik Lebaran, akan membuat perubahan jalur.

Dengan adanya kebijakan yang berlaku pada 28-30 April 2022 tersebut, pemudik yang akan menuju wilayah seperti Jakarta dan Karawang pada periode tersebut tidak bisa melewati jalan tol, dan harus lewat jalur arteri atau non tol.

Dia menjelaskan, pengaturan one way ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kepadatan kendaraan yang akan menuju barat pun sebaliknya.

"Dalam waktu dekat akan terjadi kenaikan signifikan di jalur utara, makanya kenapa tanggal 28-30 ini akan ada one way dari Jakarta ke Cirebon dan Jawa Tengah juga. Sehingga dari Bandung ke arah Jakarta ini harus melalui jalur arteri," kata pria yang akrab disapa Emil itu.

Emil mengatakan, Operasi Ketupat Lodaya 2022 akan dilaksanakan selama 12 hari. 

"Kegiatan Operasi Ketupat kalau di Jawa namanya Operasi Ketupat Lodaya 2022. Ini akan berlangsung 12 hari dari sebelum Lebaran hingga setelah Lebaran," katanya.

Emil menyampaikan, sekitar 30.000 personel yang terdiri dari Polri, TNI dan dinas terkait dari Pemprov Jabar disiagakan untuk arus mudik Lebaran 2022. 

"Personel yang disiapkan untuk mudik Lebaran di Jabar kurang lebih 30.000 personel. Pos pengamanan ada 330 dari Polri, dan di luar Polri ada 150, sehingga total 480 pos yang tersebar di jalur mudik, maupun tempat wisata," tuturnya.

Selain itu, Pemprov Jabar siap menyambut dan melaksanakan kelancaran arus mudik Lebaran 2022. 

"Alhamdulillah di tanggal 22 April ini Jawa Barat sangat siap untuk melaksanakan kelancaran mudik Lebaran Tahun 2022," ujarnya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya