5 Tips Mudik Aman Agar Tak Tertular Covid-19, Pastikan Sudah Vaksin Ya!

Perlu diperhatikan agar mudik tetap sehat ya sobat Liputan 6

oleh Nuraida diperbarui 27 Apr 2022, 17:00 WIB
Ilustrasi Memakai Masker Credit: pexels.com/Polina

Liputan6.com, Semarang Jutaan penduduk Indonesia melakukan aktivitas mudik di momen Idul Fitri tahun ini. Tentu saja, diperbolehkannya mudik setelah tertunda dua tahun disambut baik oleh warga.

Meski demikian, perlu diperhatikan bahwa kita masih dalam pandemi Covid-19. Meski sudah vaksin pun, kita masih bisa tertular virus corona.

Oleh sebab itu, ada banyak yang perlu diperhatikan saat mudik agar tak tertular Covid-19. Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Tjandra Yoga Aditama berbagi tips mencegah penularan Covid-19 saat mudik.

Yang paling perlu diperhatikan adalah melengkapi vaksin sampai dosis ketiga atau booster.

"Ini bukan hanya bermanfaat bagi para pemudik tetapi juga tentu diharapkan juga punya dampak memberi perlindungan bagi kemungkinan penularan di kampung halaman yang dikunjungi," kata Tjandra,dikutip dari Merdeka.com, Rabu (27/4).

Nah, berikut lengkapnya tips tak tertular Covid-19 dari Prof Tjandra Yoga Aditama dilansir dari Merdeka.com:


Tips Tak Tertular Covid-19

1. Melengkapi vaksin hingga vaksin booster.

2. Pemudik tetap menjaga protokol kesehatan. Terutama, memakai masker secara ketat dan rutin mencuci tangan.

3. Pemudik perlu berupaya optimal untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan, meskipun tak mudah untuk diterapkan.

4. Lakukan pengecekan kesehatan jika mengalami keluhan atau kontak dengan orang lain. Saat ini, memang tak ada anjuran melakukan tes sebelum bepergian bila sudah mendapatkan vaksinasi lengkap. Namun, tes diperlukan untuk mengetahui kondisi kesehatan.

5. Pemerintah perlu memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan. Pemerintah juga perlu meningkatkan pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) untuk mewaspadai penularan varian baru Covid-19.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya