Sederet Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1443 H dari Sejumlah Tokoh

Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh tepat pada hari ini, Senin (2/5/2022). Sejumlah tokoh pun mengucapkan Selamat Lebaran 2022.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 02 Mei 2022, 14:48 WIB
Umat ​​Muslim berfoto di depan masjid Kubah Batu setelah sholat Idul Fitri, yang menandai akhir bulan suci Ramadhan, di kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem Lama pada 2 Mei 2022. (AFP/Ahmad Gharabli)

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh tpat pada hari ini, Senin (2/5/2022). Sejumlah tokoh pun mengucapkan Selamat Lebaran 2022.

Salah satunya seperti disampaikan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Fadil bersama keluarga menunaikan salat Idul Fitri di Stadion Presisi, Polda Metro Jaya, Senin (2/5/2022).

Ia pun mengungkapkan rasa syukur bahwa suasana lebaran Idul Fitri 1443 H sangat berbeda pada tahun sebelumnya.

"Seperti yang disampaikan khatib bahwa kita harus bersyukur Alhamdulillah tahun ini kita bisa berlebaran seperti sedia kala," kata Fadil di Stadion Presisi, Senin (2/5/2022).

Fadil menyampaikan masyarakat untuk terus mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menebarkan nilai-nilai keagamaan kehidupan sehari-hari.

Kemudian, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri dalam sebuah unggahan di laman Instagram-nya. Dalam unggahan itu, terlihat Menkeu membagikan foto dirinya berfoto bersama keluarga.

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah. Dengan teriring doa: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ يَا كَرِيْمَ. Taqabbalallohu Minna wa Minkum wa taqabbal yaa Kariim. Mohon maaf lahir dan batin," tulis Sri Mulyani di Instagram.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin pun menyampaikan selamat lebaran kepada seluruh umat Islam.

"Kepada saudara-saudara umat Islam di manapun berada, saya mengucapkan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah," kata Ma'ruf Amin dalam keterangan video.

Berikut sederet ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah dari sejumlah tokoh dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Gubernur DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersyukur kembali melaksanakan salat Idul Fitri bersama warga di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersyukur kembali melaksanakan salat Idul Fitri bersama warga di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Menurut dia, ini untuk pertama kalinya penyelenggaraan salat Idul Fitri di JIS. Sehingga bisa jadi momentum bersejarah.

"Alhamduillah Allah telah mengizinkan kita ini melaksanakan salat Idul Fitri di tempat dan momen yang bersejarah ini. Ini adalah untuk pertama kalinya JIS digunakan untuk salat Idul Fitri dan kita menjadi pribadi-pribadi pertama yang menggunakan tempat ini untuk bersujud di hadapan Allah," kata Anies di JIS, Senin (2/5/2022).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menyatakan ucapan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah berkerja keras untuk membangun JIS dan menyiapkan penyelengaraan Salat Idul Fitri 1443 Hijiriah.

Selain itu, dengan adanya Salat Idul Fitri yang dilakukan bersama masyarakat, jelas sebagai pertanda bahwa semua pihak telah berjuang untuk mengendalikan pandemi Covid-19.

"Ini adalah kemengan setelah dua Idul Fitri tanpa kebersamaan tanpa perayaan besar karena perjuangan kita mengendalikan pandemi dan juga ini adalah kemenangan setelah 13 tahun menanti akhirnya jakarta memiliki stadionnya sendiri yakni JIS," tutup Anies.

 


2. Kapolda Metro Jaya

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bersama keluarga menunaikan salat Idul Fitri di Stadion Presisi, Polda Metro Jaya, Senin (2/5/2022). (Liputan6.com)

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bersama keluarga menunaikan salat Idul Fitri di Stadion Presisi, Polda Metro Jaya, Senin (2/5/2022).

Fadil mengungkapkan rasa syukur bahwa suasana lebaran Idul Fitri 1443 H sangat berbeda pada tahun sebelumnya.

"Seperti yang disampaikan khatib bahwa kita harus bersyukur Alhamdulillah tahun ini kita bisa berlebaran seperti sedia kala," kata Fadil di Stadion Presisi, Senin (2/5/2022).

Fadil mengatakan, pada lebaran tahun ini masyarakat bisa kembali beraktivitas secara normal namun, Fadil mengigatkan agar tetap mentaati protokol kesehatan.

"Bisa salat di lapangan, bisa mudik, sesuatu yang kita syukuri tapi tentunya harus tetap mematuhi protokol kesehatan," ujar dia.

Fadil menyampaikan masyarakat untuk terus mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menebarkan nilai-nilai keagamaan kehidupan sehari-hari.

"Kita ini bangsa yang besar yang harus selalu mencintai negeri ini. Pak Kiai Prof Amin mengatakan bahwa mari kita disamping ukhuwah Islamiyah, ukhuwah basyariyah, dan ukhuwah wathaniyah mulai kita tegakkan khususnya berbangsa dan bernegara sebagai bangsa yang besar kita harus menjalin silaturahmi dengan siapa pun," papar dia.

"Insya Allah semua tantangan bisa kita hadapi dengan baik. Minal a'idin wal faidzin," imbuh dia.

Sejumlah jajaran turut mendampingi Fadil Imran antara lain Wakapolda Metro Jaya, Brigjen. Pol Hendro Pandowo, Direktur Reserse Kriminal Khusus (DirReskrimsus) Polda Metro Jaya, Brigen Pol Tubagus Ade Hidayat, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Auliansyah Lubis.

 


3. Menteri BUMN dan Menteri Keuangan

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid At-Thohur, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. (Dok Erick Thohir)

Hari ini, tepatnya Senin 2 Mei 2022 umat Muslim di seluruh Indonesia menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Sejumlah menteri pun menyampaikan ucapan doa dan harapannya untuk Lebaran 2022 kepada masyarakat di Tanah Air.

Salah satunya adalah Menteri BUMN Erick Thohir, yang menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri.

Ucapan Idul Fitri tersebut ia sampaikan dalam sebuah unggahan video di laman Instagram resminya pada Senin pagi (2/5/2022).

"Assalammualaikan Wr Wb. Hari kemenangan telah tiba. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf labir dan batin," tutur Erick Thohir dalam unggahan video tersebut.

Selain itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga menjadi salah satu figur publik yang menyampaikan sambutan Hari Raya Idul Fitri.

Ucapan Hari Raya Idul Fitri itu ia sampaikan dalam sebuah unggahan di laman Instagram-nya.

Dalam unggahan itu, terlihat Menkeu membagikan foto dirinya berfoto bersama keluarga.

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah. Dengan teriring doa: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ يَا كَرِيْمَ. Taqabbalallohu Minna wa Minkum wa taqabbal yaa Kariim. Mohon maaf lahir dan batin," tulis Sri Mulyani di Instagram, dikutip Senin (2/5/2022).

"Semoga semua rangkaian ibadah Ramadhan kita diridhoi Allah SWT. Insyallah kita dipertemukan kembali dengan Ramadhan tahun depan dalam keadaan sehat wal afiat," tutupnya.

 


4. Menko Polhukam

Menko Polhukam Mahfud Md. (Liputan6.com)

Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, banyak hikmah yang diambil di hari Raya Idul Fitri 2022.

Adapun itu disampaikannya usai melakukan Salat Idul Fitri dan Khotbah di Masjid Nursiah Daud Paloh, Jakarta Barat.

"Banyak hikmah, antara lain karena sekarang konteksnya dengan pandemi kita bersyukur, upaya-upaya kita dikabulkan oleh Allah yaitu meminimalisir pandemi Covid-19 dan dunia sudah mengakui bahwa Indonesia adalah salah satu yang terbaik. Karena apa? Karena masyarakatnya bekerja sama dengan baik, pemerintahnya bersungguh-sungguh," kata dia, Senin (2/5/2022).

Di sisi lain, soal keamanan Mudik Lebaran, menurut Mahfud pemerintah sudah berupaya maksimal meski masih ada masalah, salah satunya soal kemacetan.

"Keamanan, alhamdulillah kita maksimalkan meskipun di sana-sini ada masalah. Karena 87 juta rakyat itu bukan main banyaknya sehingga bisa terjadi, misalnya banyak orang yang karena tidak mengerti pengumuman, lalu pada jam yang masih ditutup menyerbu ke pintu tol, ya macet dong, di Merak juga begitu," kata dia.

Meski mengaku ada masalah macet panjang pemudik, Mahfud mengklaim pemerintah akan memperbaiki masalah tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Semuanya oleh pemerintah Insyallah bisa diselesaikan sebaik-baiknya secara maksimal. Yang penting rakyatnya juga yang mudik juga sadar bahwa ini adalah kehidupan bersama kita dan untuk ibadah. Ibadah itu tidak boleh bikin kerusakan. Ibadah itu selalu menimbulkan kenyamanan dan kesejukan,” pungkasnya.

 


5. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan selamat Idul Fitri kepada seluruh umat islam di Indonesia. (Liputan6.com)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan Selamat Idul Fitri kepada seluruh umat islam di Indonesia.

Ucapan selamat Idul Fitri itu ia sampaikan dalam sebuah unggahan di laman Instagram resminya pada Minggu (1/5/2022).

"Kepada seluruh Umat Islam di Tanah Air, dalam kapasitas sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, juga sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H," tulis Airlangga Hartarto dalam unggahannya di Instagram, dikutip Senin (2/5/2022).

"Minal Aidin wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, taqabbal Yaa Kariim," tuturnya.

Menko Airlangga pun berharap, pada Lebaran kali ini, masyarakat sama-sama mendoakan untuk kemajuan Indonesia di masa mendatang.

"Saling peduli, saling kasih, saling bantu, saling mendoakan, untuk Indonesia yang lebih maju, adil, sejahtera, damai dan berkah," ujarnya.

Selain sebagai Menko Bidang Perekomonian, Airlangga Hartarto juga menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri bersama keluarganya.

Dalam unggahan di platform yang sama, Airlangga sebelumnya sudah mengunggah ucapan selamat Idul Fitri dengan menyertakan foto dirinya bersama sang istri, Yanti Isfandiary.

"Saya dan Ibu Yanti, beserta seluruh keluarga, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin," tutur Airlangga.

Ia melanjutkan dengan menyampaikan harapannya, "Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita, menjadikan kita termasuk ke dalam orang-orang yang bertakwa".

"Di hari yang fitri, jangan lupa kita doakan para orang tua kita, keluarga dan saudara, sahabat dan orang-orang yang kita sayangi, alim ulama, kaum Muslimin dan Muslimat, para pemimpin, dan seluruh warga bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai ini," tambahnya.

"Insya Allah Indonesia sehat, sejahtera, rukun, aman sentosa dan berkah senantiasa, aamiin YRA," tutup Airlangga.

 


6. Ketua DPR RI

Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H kepada seluruh rakyat Indonesia. (Liputan6.com)

Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H kepada seluruh rakyat Indonesia.

"Saya, Puan Maharani mengucapkan Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Mohon maaf lahir dan batin," kata dia dalam keterangannya, Senin (2/5/2022).

Dalam kesempatan itu, politikus PDIP ini mengajak seluruh masyarakat untuk merayakan Lebaran dengan penuh syukur meski Indonesia masih berada dalam pandemi Covid-19.

Puan meminta masyarakat agar terus memupuk tali persaudaraan. Menurut dia, silaturahmi harus terus dijaga sekalipun pandemi Covid-19 membuat adanya sejumlah batasan.

"Jangan sampai pandemi Covid membuat jarak persaudaraan kita. Manfaatkan momen Idul Fitri untuk saling bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat, kolega, teman, dan orang-orang terdekat," kata dia.

Meski demikian, mantan Menko PMK Ini tetap mengimbau agar masyarakat tetap waspada dengan penyebaran virus Covid-19. Ia menekankan untuk selalu disiplin terhadap protokol kesehatan.

"Jangan pernah abai karena Covid-19 masih ada. Disiplin diri sendiri adalah bentuk peduli kepada orang-orang yang kita cintai. Selamat berkumpul dengan keluarga dan sahabat," kata Puan.

Dalam kesempatan itu, dia juga melihat Idul Fitri 2022 ini sebagai buah kemenangan semua pihak dalam mengendalikan pandemi Covid-19. Puan mengajak agar masyarakat untuk terus bersyukur.

"Hari ini kita rayakan kemenangan sebagai buah dari perjuangan. Hari ini kita rayakan kebersamaan sebagai syukur atas keselamatan dan kesehatan," kata dia.

"Hari ini kita melangkah sebagai bangsa yang penuh berkah. Bangsa yang pantang menyerah," tutup Puan.

 


7. Wapres RI

Wakil Presiden Ma'ruf Amin pun menyampaikan selamat lebaran kepada seluruh umat Islam. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin pun menyampaikan selamat lebaran kepada seluruh umat Islam.

“Kepada saudara-saudara umat Islam di manapun berada, saya mengucapkan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah," kata Ma'ruf Amin dalam keterangan video, Minggu malam 1 Mei 2022.

Dia menilai, Lebaran 2022 ini lebih istimwa karena masyarakat diperbolehkann mudik. "Setelah dua tahun merayakan Idul Fitri dengan segala keterbatasan akibat pandemi Covid-19, alhamdulillah ikhtiar dan doa untuk mengendalikan sebaran Covid-19 diperkenankan Allah sehingga masyarakat bisa kembali mudik berlebaran di kampung," kata Ma'ruf Amin.

Dia mengingatkan agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan selama bersilaturahmi, sehingga tak ada lonjakan kasus Covid-19 usai liburan lebaran.

"Saya mengimbau kebahagiaan bersama sanak saudara tetap diiringi penerapan protokol kesehatan ketat, untuk menghindari melonjaknya kembali Covid-19 pasca lebaran nanti," pesan Ma'ruf Amin.

Selain itu, dia mendoakan segala amal ibadah umat muslim selama Ramadhan kemarin diterima oleh Allah SWT.

"Insyaallah seluruh amalan kita di bulan Ramadhan menjadi bekal kita untuk menguatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan mengembalikan jiwa kita ke fitrah," kata Ma'ruf Amin.

"Mohon maaf lahir dan batin," pungkas dia.

 


8. Presiden RI

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengucapkan Selamat Idul Fitri 1443 Hijriah pada Minggu (1/5/2022). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengucapkan Selamat Idul Fitri 1443 Hijriah pada Minggu (1/5/2022).

Jokowi juga menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin kepada seluruh masyarakat kepada masyarakat Indonesia. Ucapan itu ia sampaikan di saluran YouTube Sekretariat Presiden.

"Dengan segala kerendahan hati, saya sekeluarga mengucapkan selamat Idulfitri 1443 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," ucap Presiden Jokowi dalam saluran YouTube Sekretariat Presiden pada Minggu (1/5/2022).

"Saya juga mengucapkan selamat Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin," kata Ibu Iriana.

Pada momen lebaran tahun ini, Jokowi mengaku bersyukur masyarakat Indonesia sudah diperbolehkan mudik, sehingga dapat berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

"Alhamdulillah, Lebaran tahun ini kita sudah dapat berkumpul dengan keluarga. Bertemu orang tua, sanak saudara, dan juga kerabat di kampung halaman," tutupnya.

Infografis Hari Raya Idul Fitri. (Liputan6.com/Deisy Rika)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya