Emmeril Kahn Mumtadz Belum Juga Ditemukan, Istri Ridwan Kamil: Ril... Mamah Pulang Dulu ke Indonesia, Ya

Setelah lebih dari sepekan absen dari mengunggah kabar di Instagram, Atalia Ridwan Kamil membuat postingan anyar berisi foto dan pesan menyentuh.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 02 Jun 2022, 18:07 WIB
Hingga Kamis, 2 Juni 2022, anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, belum juga ditemukan setelah dikabarkan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss sekitar sepekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Hingga Kamis, 2 Juni 2022, anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, belum juga ditemukan setelah dikabarkan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss sekitar sepekan lalu.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah Swiss maupun Ridwan Kamil beserta istri, Atalia Praratya, untuk menemukan pemuda berusia 23 tahun itu. Meski demikian, putra sulung Gubernur Jawa Barat itu belum juga ditemukan.

Rasa kehilangan dan kepasrahan ditunjukkan oleh istri Ridwan Kamil. Setelah lebih dari sepekan absen dari mengunggah kabar di Instagram, wanita yang akrab disapa Ibu Cinta itu membuat postingan anyar. 

Sebuah pesan menyentuh mengiringi dua foto sarat makna yang diunggahnya. Pada foto pertama, tampak sang gubernur diapit oleh dua perempuan yang diyakini sebagai istri dan putrinya tengah duduk menghadap Sungai Aare. Foto kedua berisi surat tulisan tangan Wali Kota Bern. 

Dalam pesan di bawah foto, Atalia berpamitan pada sang putra. "Ril... mamah pulang dulu ke Indonesia, ya.." tulisnya dalam awal pesan.

"Mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah SWT, di mana pun kamu berada..."

Kalimat demi kalimat dalam rangkaian pesan Atalia tersusun indah sekaligus menerbitkan haru dan pilu. Menggambarkan cinta dan kerinduan seorang ibu yang begitu sarat, namun ruang dan waktu belum juga mengizinkan mereka bertemu. Maka yang dapat dilakukan hanyalah memasrahkannya pada Sang Maha Kuasa.

"Insya Allah kamu tidak akan kedinginan, kelaparan atau kekurangan apapun. Bahkan kamu akan mendapatkan limpahan kasih sayang, karunia dan kebahagiaan yang tak pernah putus.

Disini, di sungai Aare yang luar biasa indah dan cantik ini, mamah lepaskan kamu, untuk kita bertemu lagi cepat atau lambat.

Seperti yang pak walikota sampaikan,

`The city of Bern will forever be deeply connected to us…`

Doa terbaik mamah dalam setiap helaan nafas,

Atalia

Aare river, Juni 2022"

 


Reaksi Warganet

Pesan menyentuh Atalia bagi Eril pun mendapat reaksi warganet, tak terkecuali para figur publik seperti Najwa Shihab, Sahrul Gunawan, Eddies Adelia, dan lainnya. 

"Doa yang tak putus untuk teh @ataliapr dan kang @ridwankamil sekeluarga. Insya Allah selalu diberi kekuatan dan ketegaran..." demikian tulis Najwa Shihab. 

Penyanyi Hedi Yunus pun ikut menyemangati ibu tiga anak itu. "Teeehhh.... tabah yaaaa." 

Harapan dan kerinduan Atalia untuk bertemu dengan Eril tak hanya tampak dari unggahan terbarunya, melainkan juga dari foto profil dan kolom bionya. 

Atalia memasang foto profil dirinya tengah mengecup sang putra. Sementara pada kolom bio, Atalia memohon doa pada masyarakat untuk terus mendoakan putra sulungnya. 

"Mohon keikhlasannya untuk terus mendoakan A Eril."


Dukungan penuh Pemerintah Swiss

Kepala Protokol Kementerian Luar Negeri Swiss, Duta Besar Schaer kembali menekankan dukungan penuh pemerintah Swiss atas upaya pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril dan menjadikan pencarian itu sebagai prioritas utama.

Duta Besar Schaer juga memastikan bahwa Kementerian Luar Negeri Swiss telah berkomunikasi erat dengan pihak Kepolisian Kota Bern dan memantau perkembangan pencarian Eril.

Hal itu disampaikan Schaer saat menemui orang tua Eril, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya yang didampingi Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman Hadad pada Rabu (1/6/2022) petang.

Pencarian Eril, di sungai Aare, Kota Bern hari ini terus diintensifkan dengan metode patroli darat, perahu, dan drone. Fokus pencarian hari ini adalah di area Marzili hingga pintu air Engehalde.

Selain itu, patroli juga tetap dilakukan mulai area Schwellenmaetelli hingga Wohlensee.

"Orangtua saudara Eril, Bapak Ridwan Kamil beserta Ibu Atalia, hari ini masih memeriksa langsung beberapa titik-titik potensial di sepanjang bantaran Sungai Aare. Rute yang ditempuh oleh orangtua saudara Eril termasuk rute darat dan sebagian wilayah sungai yang aman dijelajahi manusia," tulis keterangan KBRI di Bern yang dikutip Kamis (2/6/2022).

KBRI Bern mendapatkan kabar hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada hari Kamis (26/5/2022) pukul 11.24 waktu setempat.

Upaya pencarian Eril oleh tim SAR melibatkan unsur polisi, polisi maritim, dan pemadam kebakaran, serta didukung oleh Pemerintah Kanton Bern. Upaya pencarian intensif ini masih berlangsung dan akan terus dilanjutkan.


Interpol Terbitkan Yellow Notice

Polri menyatakan bahwa Interpol sudah menerbitkan dokumen pencarian orang hilang atau yellow notice terkait hilangnya anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril yang hanyut terseret arys sungai Aaree di Kota Bern, Swiss.

"Ya betul, Interpol sudah merilis yellow notice Eril," tutur Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Kamis (2/6/2022).

Menurut Dedi, dengan terbitnya yellow notice tersebut artinya seluruh negara yang menjadi anggota Interpol telah menerima informasi hilangnya anak Ridwan Kamil.

"Dari Interpol pusat yang ditujukan kepada seluruh anggota Interpol dunia," jelas dia.

Dedi menegaskan, langkah penerbitan yellow notice ini merupakan upaya proaktif Polri untuk ikut membantu pencarian Emmeril Khan Mumtadz yang hanyut di sungai Aaree, Swiss.

"Polri berkerja sama dengan Interpol, kepolisian Swiss dan KBRI setempat terus memantau secara aktif perkembangan di lapangan," kata Dedi menandaskan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya