Masih Andalkan Sigra, Penjualan Daihatsu Naik 34,7 Persen

Pasar otomotif Tanah Air mencatatkan peningkatan yang signifikan. Daihatsu menjadi salah satu pabrikan yang merasakan catatan positif ini.

oleh Arief Aszhari diperbarui 10 Jun 2022, 09:08 WIB
Setelah resmi meluncur September lalu , Daihatsu mengundang jurnalis otomotif nasional untuk menjajal performa Sigra terbaru

Liputan6.com, Jakarta - Pasar otomotif Tanah Air mencatatkan peningkatan yang signifikan. Hingga Mei 2022, tercatat penjualan ritel hingga 381 ribu unit atau naik 18,5 persen dibandingkan periode yang sama pada 2021 sekitar 322 ribu unit.

Sedangkan dari sisi merek, Daihatsu tetap mempertahankan posisi nomor dua penjualan otomotif nasional, dengan raihan penjualan ritel hingga Mei 2022 sebanyak lebih dari 73 ribu unit, atau naik 34,7 persen dibanding Mei 2021.

Selain itu, kenaikan market share Daihatsu tercatat sebesar 2,3 persen menjadi 19,3 persen dibandingkan periode yang sama 2021 sebesar 17 persen. Sehingga kenaikan persentase Daihatsu lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional.

Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel tetap didominasi oleh tiga model, seperti Daihatsu Sigra  sebanyak 18.069 unit, atau berkontribusi 24,5 persen. Disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 16.954 unit (23 persen), dan Xenia dengan raihan 9.910 unit (13,4 persen).

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan, Daihatsu bersyukur dapat mempertahankan penjualan lima bulanan dengan raihan positif yang terus mendekati level normal seperti pada sebelum pandemi Covid-19.

"Semoga capaian baik ini, serta penurunan Covid-19 di Indonesia dapat kembali menggairahkan pasar otomotif nasional,” ujar Hendrayadi dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Kamis (9/6/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Modal Kuat Daihatsu Sirion Hadapi Kompetitornya di Segmen Hatchback

New Daihatsu Sirion resmi meluncur di Indonesia dengan pembaruan di berbagai sisi. Produk baru ini menjadi bukti Sirion masih eksis di segmen mobil perkotaan, meskipun tidak setenar kompetitornya.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), coba memberikan gambaran akan hal itu, terutama penilaian soal Sirion kalah pamor dibandingkan kompetitornya.

Jika melihat tren pasar dan bicara market, Sirion seperti dijelaskannya masuk ke dalam city car hatchback. Dulu, kata dia, jumlah pemain city car hatchback banyak.

Namun, lambat laun tinggal beberapa brand saja yang bermain di segmen ini, termasuk Daihatsu.

"Kalau kita lihat dalam 2-3 tahun terakhir, pemjualan di segmen city car hatchback ini sekitar 1.200-1300 unit, rata-rata per bulannya sebesar itu. Kalau di pasar besar otomotif Indonesia, kita ambilah rata-rata 80.000 unit per bulan, berarti hanya 1,5 persen atau 1,75 persen saja. Jadi kecil sekali segmen ini," kata dia.

Infografis Perluasan Ganjil Genap Jakarta di 26 Ruas Jalan. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya