Ditemukan Meninggal, Keluarga Pastikan Hak Eril Anak Ridwan Kamil Sebagai Muslim Terpenuhi

Jenazah anak dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril berhasil ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu 8 Juni 2022 pagi. Keluarga pun memastikan pengurusan jasad almarhum sesuai dengan syariat Islam.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 09 Jun 2022, 20:22 WIB
Anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril hingga saat ini belum ditemukan usai dinyatakan hilang pada Kamis 26 Mei 2022 terbawa arus Sungai Aare di Swiss. (Instagram @ataliapr)

Liputan6.com, Jakarta Jenazah anak dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril berhasil ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu 8 Juni 2022 pagi. Keluarga pun memastikan pengurusan jasad almarhum sesuai dengan syariat Islam.

"Selaku keluarga akan menerima almarhum Eril untuk kemudian kami akan menyempurnakan hak Eril selaku muslim, di antaranya apabila dia wafat hendaknya dia diantarkan, disucikan, dikafani, disalatkan, dan diantarkan untuk dimakamkan sesuai syariat Islam sejauh yang dimungkinkan dengan tetap menjaga kehormatan sesuai kondisinya," tutur adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6/2022).

Elpi menyampaikan, penemuan Eril dalam kondisi meninggal dunia tentunya sudah sesuai dengan takdir Tuhan. Termasuk berserah atas upaya pencarian yang pada tanggal 6 Juni 2022 telah sepenuhnya diberikan kepada kepolisian Swiss.

"Pada hari ini Alhamdulillah KBRI menyampaikan informasi upaya pencarian sudah sesuai takdir," kata Elpi.

Kepolisian Bern, Swiss, berhasil menemukan jenazah anak dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hanyut di Sungai Aare. Jasadnya ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern pada Rabu 8 Juni 2022 pagi.

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad menyampaikan, awalnya pihak KBRI dan keluarga Ridwan Kamil menerima informasi dari kepolisian Swiss pada Rabu, 8 Juni 2022 bahwa ada temuan jasad yang diduga Eril sekitar pukul 06.50 waktu Swiss atau 11.50 WIB.

"Sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad yang ditemukan itu betul ananda Eril," tutur Muliaman dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6/2022).

 


Tes DNA

Kemudian pada Kamis siang ini wakru Swiss, lanjut Muliaman, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa tes DNA jasad adalah Eril. Hal itu pun turut disampaikan secara resmi oleh kepolisian Swiss lewat pemberitaan resmi.

"Selanjutnya sesuai prosedur hukum kepolisian Swiss, kepolisian menyiapkan berkas ke Pengadilan Bern untuk serah terima kepada keluarga," jelas dia.

Kemudian sekitar dua jam sebelum konferensi pers yang dilakukan pada 19.30 WIB, pihak Pengadilan Swiss telah memberikan kewenangan kepada keluarga Ridwan Kamil yang ada di Bern untuk menerima jasad Eril.

"KBRI Bern memastikan penghormatan hak-hak ananda Eril sebagai muslim terpenuhi sesuai syariat Islam. Selanjutnya KBRI Bern akan memastikan pengurusan ananda Eril ke Tanah Air," Muliaman menandaskan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya