Prediksi AFF U-19 2022 Indonesia vs Myanmar: Jangan Terpengaruh Laga Lain!

Timnas Indonesia saat ini masih berada di posisi ketiga pada klasemen Grup A Piala AFF U-19 2022.

oleh Thomas diperbarui 10 Jul 2022, 09:30 WIB
Timnas Indonesia U-19 pada laga kontra Filipina hari Jumat (08/07/2022). (Bagaskara Lazuardi/Bola.com)

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia U-19 akan melakoni laga pamungkas Piala AFF U-19 2022 melawan Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga pada Minggu (100/7/2022) malam WIB. Pasukan Shin Tae-yong wajib meraih kemenangan untuk meraih tiket ke semifinal.

Saat ini timnas Indonesia masih berada di posisi tiga klasemen Grup A Piala AFF U-19 2022. Indonesia mengoleksi delapan poin. Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan tertinggal dua poin dari Vietnam dan Thailand yang berada di posisi satu dan dua.

Kondisi ini membuat Indonesia harus menang melawan Myanmar jika ingin lolos ke semifinal. Namun nasib Indonesia juga akan ditentukan oleh duel Vietnam melawan Thailand.

Yang dikhawatirkan Thailand dan Vietnam bakal "main mata" agar mendepak Indonesia. Jika Vietnam atau Thailand saling mengalahkan atau hasil imbang 0-0 dan Indonesia menang atas Myanmar maka Garuda Muda bakal jadi juara grup.

Namun andai Vietnam vs Thailand berakhir imbang dengan gol (1-1, 2-2, dst), maka Indonesia bisa gagal lolos meski mengalahkan Myanmar. Pasalnya, secara head to head timnas U-19 Indonesia kalah dari dua rivalnya. Sebelumnya mereka cuma bermain tanpa gol saat melawan Vietnam dan Thailand.

Shin Tae-yong sendiri tidak mau ambil pusing dengan hasil pertandingan Vietnam melawan Thailand. Pelatih asal Korea Selatan itu memilih fokus memberikan kemenangan melawan Myanmar.

"Jujur saya tidak bisa prediksi soal laga tersebut, mungkin kedua tim akan kerja keras. Hasilnya kita saksikan saja nanti," kata Shin Tae-yong seusia Indonesia menghajar Filipina.

 

 


Striker

Logo Piala AFF U-19 2022. (Twitter AFF)

Melawan Myanmar, Indonesia kembali tak bisa diperkuat gelandang andalannya Marselino Ferdinan. Pemain Persebaya Surabaya itu mengalami cedera hamstring saat melawan Thailand sehingga harus menepi selama dua bulan.

Sejauh ini absennya Marselino masih belum berpengaruh besar. Indonesia tetap tampil apik dan bisa membantai Filipina 4-1. Rabbani Tasnim Siddiq jadi bintang lapangan dengan membuat hat-trick.

Performa apik Rabbani akan sedikit memusingkan Shin Tae-yong untuk memilih siapa yang akan dimainkan di lini depan saat melawan Filipina. Pasalnya di Hokky Caraka juga tampil baik dan membuat hat-trick kala melawan Brunei Darussalam.


Kiper

Satu tempat di sektor penyerangan kemungkinan besar masih jadi milik Ronald Kwateh. Kecepatan dan kelincahan putra Roberto Kwateh itu masih sangat dibutuhkan timnas U-19 Indonesia untuk membongkar pertahanan Myanmar.

Dari 11 pemain yang akan diturunkan melawan Myanmar praktis baru penjaga gawang Cahya Supriyadi yang pasti akan main. Kiper Persija Jakarta itu menjadi pemain tak tergantikan di timnas U-19 Indonesia.

Cahya jadi pahlawan Indonesia saat bermain imbang tanpa gol dengan Thailand. Dia melakukan beberapa penyelamatan gemilang dan penting di babak kedua. Sisa 10 pemain lain baru akan ditentukan STY jelang pertandingan.


Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia U-19: Cahya Supriyadi; Ahmad Rusadi, Marcell Januar Putra, Muhammad Ferrari; Kakang Rudianto, Arkhan Fikri, Dimas Juliono Pamungkas, Zanadin Fariz; Alfriyanto Nico, Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh.

Myanmar U-19: Hein Htet Soe; Myo Min Hein, Lan Sann Aug, Lin Lin Tun, Ar Kar Kyaw, Zaw Win Thein, Hein Zaw Naing, Thar Yar Win Htet, La Min Htwe, Tun Tun Thein, Oakkar Naing.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya