Ini Waktu Ideal untuk Bermain di Musim Depan Menurut Pelatih Persib

"Kita lihat secara keilmuan, sepakbola sudah kembali dan tubuh memiliki waktu biologisnya sendiri. Kondisi optimal yang dimiliki tubuh berada di pukul 17.00 - 19.00. Itulah waktu terbaik untuk tubuh dalam berpikir dan bertindak," kata Robert

oleh Jefry Hutabarat diperbarui 11 Jul 2022, 16:00 WIB
Pemain Persib Bandung, David Da Silva (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol penyeimbang 1-1 saat babak penyisihan Grup C Piala Presiden 2022 antara Persib Bandung melawan Bali United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Minggu (12/06/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta Persib Bandung menyampaikan surat keberatan atas draf jadwal pertandingan di Liga 1 2022/2023 kepada PT Liga Indonesia Baru. Dari draf yang diterima, klub yang berjuluk Maung Bandung itu menjadi satu-satunya klub peserta Liga 1 yang menjalani 17 laga kandang dengan kick-off di atas pukul 20.00 WIB.

Keberatan tersebut disampaikan secara tertulis melalui surat bernomor 05/DIR/-PBB/VII/2022, Bandung, 6 Juli 2022 dan ditandatangani Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono. 

"Dengan mempertimbangkan faktor kesehatan dari tim kami serta asas keadilan bagi semua tim peserta Liga 1-2022/2023, bersama ini kami menyampaikan keberatan kami mengenai draf jadwal pertandingan Persib Liga 1- 2022/2023, dan berharap tim Persib bisa mendapatkan jadwal yang lebih adil dan merata seperti tim-tim lainnya," bunyi isi surat keberatan tersebut seperti yang dikutip dari laman resmi Persib, Rabu (6/7/2022).

Menyikapi hal tersebut, pelatih Persib Bandung, Robert Albert menawarkan solusi terkait jadwal pertandingan Liga 1 2022/2023. Sebelumnya, Persib mengajukan keberatan atas draf jadwal pertandingan yang mayoritas digelar di malam hari. 

Pelatih asal Belanda itu berharap, operator kompetisi bisa mempertimbangkan kembali waktu kick-off pertandingan Persib. Karena waktu kick-off pada pukul 20.30 WIB memberikan pengaruh negatif bagi kesehatan pemain.

"Kita lihat secara keilmuan, sepakbola sudah kembali dan tubuh memiliki waktu biologisnya sendiri. Kondisi optimal yang dimiliki tubuh berada di pukul 17.00 - 19.00. Itulah waktu terbaik untuk tubuh dalam berpikir dan bertindak," kata Robert seperti yang dikutip dari laman resmi klub, Sabtu (10/7/2022).

Robert menyadari, pernyataannya tersebut bisa disalahartikan oleh sejumlah pihak yang tak bertanggung jawab. Namun, ia memastikan jika maksudnya tersebut adalah untuk menawarkan solusi, tanpa dibubuhi sedikit pun kritik kepada pihak manapun.

"Saya hanya bicara dari segi teknis. Yang saya katakan adalah hal normal, tidak bermuatan kritik. Ini pemikiran dari segi profesional untuk menemukan solusi terbaik," ungkapnya


Jelang Liga I, Pelatih Persib Berharap Pemainnya Terus Berkembang

Sesi latih tanding yang dilakoni Persib Bandung melawan Persib U-20 di Lapangan Sidolig, Sabtu (9/7/2022). (Bola.com/Erwin Snaz)

Pelatih Robert Alberts menilai, anak asuhnya terus mengalami perkembangan, terutama setelah menyaksikan gim melawan Persib U-20 di Stadion Persib, Sabtu 9 Juli 2022. 

Pada gim ini, Persib sempat kesulitan membobol gawang juniornya di sepanjang babak pertama. Persib akhirnya bisa mencetak gol di babak kedua. 

"Tim mengalami perkembangan dari segi permainan. Kombinasi terjalin dengan baik di antara pemain tengah dan bek sayap. Ada kerja sama yang baik dan kepercayaan diri dari para pemain di posisi tersebut," ungkap Robert, setelah pertandingan. 

Menurut Robert, kerja sama dan kepercayaan diri para pemain merupakan faktor penting menghadapi Liga 1 2022/2023. Terlebih, kompetisi musim ini akan menggunakan format kandang-tandang. 

"Hal tersebut penting karena kami akan menjalani pertandingan kandang dan tandang yang diisi penuh suporter (lawan). Kami harus bisa mengatasinya dengan cepat agar bisa siap di tanggal 24 (Juli) nanti," tambahnya.


Sembuh dari Cedera, Pemain Bintang Persib Kembali Latihan

Bek Persib Bandung, Nick Kuipers. (Bola.com/Erwin Snaz)

Nick Kuipers mengaku senang bisa kembali bergabung dalam sesi latihan Persib. Pemain asal Belanda itu sebelumnya menepi dari lapangan untuk memulihkan diri dari cedera dan gangguan kesehatan.

Kuipers mengalami cedera pada pertandingan Grup C Piala Presiden saat Persib berhadapan dengan Persebaya Surabaya di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Jumat 17 Juni 2022. Setelah menjalani pertandingan melawan Bhayangkara FC, 21 Juni 2022, ia juga terserang demam.

"Yang pasti, saya sangat senang bisa berada kembali di lapangan. Sekarang, saya siap menjalani persiapan untuk musim ini," kata Kuipers setelah menjalani latihan di Stadion Persib, Kota Bandung, Jumat 8 Juli 2022. 

Di dalam sesi latihan tersebut, Kuipers masih berlatih terpisah dengan para pemain lainnya. Ia butuh waktu untuk menyesuaikan diri dan secara bertahap membangun kembali kebugarannya sebelum melahap menu latihan secara penuh.


Persib Menang di Latih Tanding

Suasana sesi latihan Persib Bandung menjelang babak perempat final Piala Presiden 2022 di Lapangan Sidolig, Senin (27/6/2022). (Bola.com/Erwin Snaz)

Persib menang 4-0 atas Persib U-20 pada uji tanding di Stadion Persib, Sabtu 9 Juli 2022. Empat gol kemenangan Pangeran Biru disumbangkan Febri Hariyadi menit 52, Erwin Ramdani (74), Arsan Makarin (77-penalti), dan Marc Klok (82).

Kemenangan Persib tidak didapat dengan mudah. Meski memiliki banyak peluang, Persib tidak mampu mencetak gol di sepanjang babak pertama.

Gol baru tercipta di babak kedua, tepatnya di menit 52 melalui Febri Hariyadi. Kerja sama antara Febri dan Erwin di lini depan menjadi kunci terciptanya gol itu. 

Di menit 74, filiran Erwin yang menggandakan keunggulan Persib. Kemudian, Arsan Makarin mencetak gol ketiga dari titik penalti setelah ia dilanggar Febrian Rizki. Arsan yang mengambil tendangan penalti mampu menuntaskan tugasnya dengan maksimal pada menit 77. 

Di menit-menit akhir pertandingan, Klok menggenapkan keunggulan Persibmenjadi 4-0. Gol Itu tercipta memanfaatkan umpan Arsan di sisi kanan. Umpan Arsan disambar pemilik nomor punggung 10 Persib tersebut untuk membuat Persib menang 4-0. 


Persib Poles Semua Lini Jelang Liga 1

Dua bek tangguh Persib Bandung, Nick Kuipers dan Victor Igbonefo. (Bola.com/Muhammad Faqih)

Persib terus memperkokoh setiap lini menjelang bergulirnya Liga 1 2022/2023, tak kecuali posisi gelandang. Setelah Marc Klok, musim ini Persib menambah kekuatan dengan masuknya dua pemain yang bisa menempati posisi tengah, yakni Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya.

Sebelumnya, Persib telah memiliki beberapa pemain di posisi itu seperti Dedi Kusnandar, Abdul Aziz, Beckham Putra Nugraha, Robi Darwis, hingga Arsan Makarin. 

Meski tak menampik adanya persaingan, Beckham tetap menyambut positif. Pemain muda jebolan Diklat Persib tersebut mengatakan, banyaknya rekan satu tim yang sama posisi adalah hal bagus. Dia tetap memberikan dukungan kepada pemain yang dipercaya tampil oleh pelatih Robert Alberts.

"Jadi saya sih melihatnya itu bukan persaingan. Justru jadi bagus bagi tim. Siapapun yang bermain pasti akan memberikan yang terbaik bagi Persib. Berjuang untuk kemenangan Persib," kata pemain bernomor punggung 7 tersebut.

Beckham memastikan, ia dan rekan-rekannya akan tampil 100 persen untuk meraih kemenangan dalam setiap laga.

"Siapapun yang main akan dapat dukungan. Pemain yang tidak terpilih oleh pelatih tetap memberikan dukungan. Profesional saja sih kalau menurut saya," ungkapnya. 

Infografis Persib Bandung (Liputan6.com/Sangaji)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya