Presiden Baru India Draupadi Murmu Resmi Dilantik

Presiden baru India, Draupadi Murmu resmi dilantik.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 25 Jul 2022, 15:10 WIB
Draupadi Murmu terpilih menjadi Presiden India. (AP, File)

Liputan6.com, New Delhi - Droupadi Murmu, seorang politikus dari suku minoritas, dilantik sebagai presiden baru India pada Senin (25/7).

Dilansir BBC, Senin (25/7/2022), mantan guru berusia 64 tahun itu berasal dari negara bagian Odisha (Orissa) dan pernah menjabat sebagai gubernur negara bagian.

Murmu adalah pemimpin suku pertama di negara itu di posisi teratas.

"Peningkatan saya sebagai presiden bukan hanya pencapaian saya tetapi semua orang di negara ini, bahwa mereka dapat bermimpi mencapai tingkat ini," kata Murmu setelah mengambil sumpah.

Presiden di India adalah kepala negara, tetapi tidak menjalankan kekuasaan eksekutif.Dia dipilih oleh anggota majelis parlemen dan majelis legislatif negara bagian dan wilayah serikat federal yang dikelola. 

Murmu mencatatkan kemenangan yang nyaman melawan kandidat oposisi - politisi veteran Yashwant Sinha. 

Sinha, yang merupakan menteri senior dalam pemerintahan BJP yang dipimpin oleh perdana menteri saat itu Atal Bihari Vajpayee pada 1990-an dan awal 2000-an, sekarang menjadi kritikus vokal partai dan Perdana Menteri Narendra Modi. Murmu menggantikan Presiden Ram Nath Kovind, yang masa jabatannya berakhir pada 24 Juli.

Murmu terpilih sebagai calon presiden setelah diskusi rinci tentang 20 nama yang telah dipertimbangkan oleh BJP dan sekutunya. Dia mengatakan dia mengetahui tentang pencalonannya dari televisi dan berita itu "mengejutkan" dan "menyenangkan" dia."

Sebagai seorang wanita suku dari distrik Mayurbhanj yang terpencil, saya tidak berpikir untuk menjadi kandidat untuk posisi teratas," katanya kepada wartawan setelah mengetahui pencalonannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penilaian Publik

Presiden terpilih India Droupadi Murmu adalah orang pertama dari suku minoritas yang menduduki jabatan tersebut - AFP/File

Para pemimpin politik di Odisha menyambut pencalonannya, menggambarkannya sebagai "putri tanah". Rekan partai di negara bagian, Kabi Wisnu Satpathy, yang telah mengenalnya sejak 1980-an, menggambarkannya sebagai orang yang "terus terang dan sederhana".

"Seorang wanita yang penyayang, dia baik hati, tanpa arogansi, tanpa pamer. Dia tidak pamer, bergaul dengan bebas dengan orang-orang dan rendah hati dan membumi. Sebagai seorang politisi, dia tahu bagaimana membawa orang."

Pada bulan Agustus, anggota parlemen India juga akan memilih untuk memilih wakil presiden negara itu.

BJP telah mengumumkan Jagdeep Dhankar - seorang pemimpin senior yang adalah gubernur negara bagian Benggala Barat - sebagai kandidatnya. 

Pihak oposisi menurunkan Margaret Alva, seorang veteran Kongres yang telah menjadi menteri federal beberapa kali. 


Sosok Droupadi Mumu

Ilustrasi bendera India (AFP Photo)

Murmu menjadi pusat perhatian pada tahun 2017 ketika dikabarkan bahwa BJP sedang mempertimbangkan namanya untuk pemilihan presiden tahun itu. 

Dia kemudian menjabat sebagai gubernur negara bagian Jharkhand.Lahir pada tahun 1958 di desa Baidaposi, distrik Mayurbhanj, Murmu berasal dari komunitas Santhal, salah satu kelompok suku terbesar di India. 

Putri seorang kepala dewan desa, ia belajar di Ramadevi Women's College di ibu kota negara bagian, Bhubaneswar.

Wartawan dan aktivis Nigamananda Patnaik, yang mengenalnya sejak 1980, mengatakan Murmu memulai pendidikannya di sekolah desanya.“Ketika dia masih kecil, ayahnya membawanya ke kota terdekat Rairangpur ketika seorang menteri di pemerintahan Odisha, Kartik Majhi, berkunjung.

Tiba-tiba, dia berlari ke atas panggung, melambaikan sertifikat sekolahnya, dan memberi tahu menteri itu bahwa dia ingin belajar di Bhubaneswar."

Menteri sangat terkesan dengan antusiasme gadis kecil itu sehingga dia memerintahkan stafnya untuk membantunya mendapatkan tempat di sekolah negeri di ibukota negara bagian, kata Patnaik. 


Perjalanan Hidup

Bendera India (iStock)

Memulai karirnya sebagai pegawai pemerintah Odisha, Ibu Murmu menjabat sebagai asisten junior di departemen irigasi dan energi dari 1979-1983.

Setelah dia berhenti dari pekerjaannya di Bhubaneswar dan kembali ke Rairangpur untuk mengurus keluarganya atas desakan ibu mertuanya, dia mengambil pekerjaan sebagai guru di Sekolah Integral Sri Aurobindo.

“Tapi dia menolak menerima gaji. Sekolah hanya membayar ongkos becaknya. Dia bilang ini bukan pekerjaan, tapi pelayanan publik. Dia bilang gaji suaminya, petugas bank, cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga. ," kata Ibu Patnaik.

Karir politiknya dimulai pada tahun 1997 ketika dia terpilih sebagai anggota dewan dalam pemilihan lokal di Rairangpur. Dia sering terlihat secara pribadi mengawasi pekerjaan sanitasi di kota, berdiri di bawah sinar matahari saat saluran air dibersihkan dan sampah dibersihkan.

Sebagai anggota BJP, dia terpilih menjadi anggota majelis negara dua kali - pada tahun 2000 dan pada tahun 2009 - dari kursi Rairangpur.

Infografis 9 Panduan Imunisasi Anak Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya