Wahai Pria, Ini 6 Tips Memilih Pembersih Wajah yang Sesuai dengan Jenis Kulitmu!

Ya, memang, perawatan wajah tidak hanya ditujukan untuk wanita semata, tapi pria juga perlu!

oleh Fachri pada 02 Agu 2022, 14:35 WIB
Ilustrasi pria selepas membersihkan wajah. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Di era sekarang, sudah jamak kita temukan bahwa pria memiliki concern yang sangat besar dengan perawatan wajah. Ya, memang, perawatan wajah tidak hanya ditujukan untuk wanita semata, tapi pria juga perlu!

Jika berbicara pembersih wajah pria yang menjadi langkah awal untuk menjaga kesehatan kulit wajah, sudah banyak tersedia di pasaran. Memang, jumlahnya tidak sebanyak pembersih wajah wanita ya. Tapi, tetap saja, itu membuktikan bahwa semakin banyak pria yang concern akan perawatan wajah.

Yang perlu diingat, sebagai pria, kita harus selektif dalam dalam memilih pembersih wajah. Pria harus tahu pembesih wajah apa yang sesuai dengan jenis kulit wajahnya. Itu dilakukan supaya wajah jadi bersih secara maksimal.

Nah, kamu masih bingung menentukan produk pembersih wajah yang sesuai jenis kulit wajah? Di bawah ini adalah cara memilih produk pembersih wajah pria berdasarkan jenis kulit ya!


6 Jenis Kulit Wajah

1. Kulit Wajah Normal

Yang namanya normal, sudah pasti tidak ada masalah yang berarti bagi kulit ya. Pria dengan kulit wajah ini bisa dibilang memiliki kulit yang sehat dan bersih.

Kulit wajah normal juga tidak terlalu sensitif, kering, berminyak, pori-pori wajah hampir tersamarkan, dan tampak cerah. Buat yang memiliki jenis kulit ini, kamu bisa memilih jenis facial wash atau facial foam.

2. Kulit Wajah Berminyak

Siapa di sini yang memiliki jenis kulit wajah ini? Yup, ini merupakan masalah yang harus segera diatasi ya! Kulit wajah ini biasanya disebabkan oleh produksi sebum (zat berminyak) berlebih yang berasal dari kelenjar minyak.

Biasanya, area yang sering memproduksi minyak berlebihan ada pada area T-zone, seperti dahi, hidung, dan dagu. Kalau kamu memiliki permasalahan ini, bisa memilih pembersih wajah pria facial foam ya. Pembersih wajah pria tersebut cenderung ringan serta dapat menghilangkan minyak berlebih dan menjaga kelembapan pada kulit. 

 

3. Kulit Wajah Berjerawat

Nah, mungkin banyak ya yang memiliki permasalahan ini. Ya, jika wajah kamu berjerawat, pembersih wajah pria yang harus dipilih adalah yang memiliki label noncomedogenic, yakni tidak dapat menyebabkan pori-pori wajah tersumbat. 

Kamu juga harus memilih pembersih wajah pria yang memiliki kandungan asam salisilat atau tea tree oil di dalamnya yang berfungsi untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

4. Kulit Wajah Sensitif

Kalau kamu sering merasakan kemerahan, gatal, kering, dan sensasi seperti terbakar, itu tandanya kulit wajah kamu sensitif. Kamu bisa pilih pembersih wajah pria yang kandungan ringan, tidak ada aroma wewangian, dan tidak mengandung alkohol.

Kamu juga bisa memilih pembersih wajah pria yang berlabel hypoallergenic dan bebas kandungan paraben. Itu bertujuan untuk mencegah iritasi pada kulit dan menjaga kelembapan kulit.

5. Kulit Wajah Kering

Bagi pria yang memiliki jenis kulit wajah ini, kamu harus tahu terlebih dahulu ya penyebab dan tanda-tanda kulit wajah bisa kering. Kulit wajah kering disebabkan oleh sedikit kelembapan di lapisan kulit terluar lho. Jika kamu memiliki pori-pori dan garis-garis kulit wajah yang terlihat jelas, itu tanda bahwa kulit wajah kamu kering.

 

Untuk mengatasi permasalahan itu, kamu bisa memilih pembersih wajah pria bertekstur krim yang dapat melembapkan dan menutrisi kulit, seperti lanolin, petroleum, dan minyak mineral. Jangan memilih sabun pembersih wajah pria berjenis  foam serta produk yang mengandung asam salisilat dan asam glikolat ya!

Jika kamu memilih pembersih wajah pria dengan kandungan seperti itu, kulit wajah akan semakin kering dan bisa mengelupas lho!

6. Kulit Wajah Kombinasi

Yang terakhir, kulit wajah ini merupakan kombinasi antara jenis kulit wajah kering atau normal di beberapa area, termasuk pipi. Sedangkan, area wajah lainnya akan berminyak, terutama daerah T wajah. 

Jika kamu memiliki pori-pori yang besar, komedo yang terlihat, dan berkilau di beberapa bagian wajah yang berminyak, itu tandanya kulit wajah kamu berjenis kombinasi. Untuk itu, kamu harus memilih pembersih wajah pria yang tidak mengandung alkohol dan wewangian.

Nah, sudah tahu kan jenis-jenis kulit wajah pria itu seperti apa? Saatnya kamu memilih pembersih wajah pria yang sesua dengan jenis kulit wajah ya, agar penampilan atau kesehatan wajah kamu terjaga dengan maksimal!

 

(*)

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya