Selalu Lengket dan Hancur Saat Menggoreng Ikan? Ikuti Tips Berikut

Tak hanya lengket, saat membalik ikan tersebut pun tak jarang justru akan membuat ikan menjadi hancur.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 26 Agu 2022, 16:00 WIB
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/CPM PHOTO

Liputan6.com, Yogyakarta - Saat menggoreng ikan, sering kali ikan tersebut lengket di penggorengan. Tak hanya lengket, saat membalik ikan tersebut pun tak jarang justru akan membuat ikan menjadi hancur.

Alhasil, tampilan ikan menjadi berantakan dan membuat nafsu makan berkurang. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mencoba beberapa tips menggoreng ikan agar tidak lengket berikut:

1. Gunakan wajan bersih dan minyak baru

Saat menggoreng ikan, pastikan untuk menggunakan wajan yang bersih dan minyak baru. Wajan yang bersih akan meminimalisasi ikan lengket di wajan.

Menggunakan wajan yang sudah digunakan sebelumnya, akan membuat sisa makanan yang menempel menyebabkan ikan menjadi lengket. Selain itu, gunakan juga minyak baru agar ikan tidak terkontaminasi dengan makanan sebelumnya.

2. Goreng ikan saat minyak sudah panas

Saat memasukkan ikan ke dalam wajan, pastikan bahwa minyak sudah panas. Memasukkan ikan ke dalam wajan dengan minyak yang masih dingin atau hangat sangat memungkinkan ikan menjadi lengket dan hancur.

Minyak yang belum panas juga akan membuat ikan menyerap minyak terlalu banyak saat matang. Hal ini justru tidak baik untuk kesehatan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:


Peras Lemon

3. Peras lemon ke dalam minyak

Tips selanjutnya yakni memeras lemon ke dalam minyak. Tak perlu banyak-banyak, cukup peras sedikit saja.

Selain bisa menurunkan risiko ikan lengket, perasan air lemon ini juga menurunkan risiko ikan meletus atau memuncratkan minyak saat digoreng.

4. Balut ikan dengan tepung

Agar ikan tidak lengket, setelah ikan dibumbui dan siap digoreng, balutkan tepung kering ke tubuh ikan. Hal ini bisa membuat ikan tidak mudah lengket.

Membalut tubuh ikan dengan tepung juga akan membuat ikan goreng kering tahan lama. Ini juga membuat ikan bagian luar lebih kriuk dan enak.

Selain itu, kamu juga bisa menaburkan tepung ke wajan saat ikan sedang digoreng. Hal ini bisa menurunkan risiko ikan meletus atau memuncratkan minyak saat digoreng.

5. Balik ikan setelah kering

Tips berikut cukup penting. Usahakan agar membalik ikan saat bagian tubuhnya yang terendam minyak sudah kering.

Hindari membalik ikan berkali-kali. Membalik ikan saat ikan masih basah akan membuatnya rentan lengket dan hancur.

6. Gunakan api sedang

Api yang digunakan untuk menggoreng ikan sebaiknya memiliki suhu sedang. Dalam artian, tidak terlalu panas dan tidak terlalu hangat.

Minyak dengan api yang terlalu panas bisa membuat ikan mudah gosong. Sedangkan, minyak dengan api kecil, akan membuat ikan tidak cepat matang serta kering.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya