Cek Kondisi, PJ Wali Kota Kupang Tinjau Pasar Penfui dan Pasar Oeba

Penjabat Wali Kota Kupang, George Melkianus Hadjoh meninjau Pasar Penfui dan Pasar Oeba, pada Rabu (24/8).

oleh Fachri pada 24 Agu 2022, 16:45 WIB
PJ Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh meninjau Pasar Penfui dan Pasar Oeba, Rabu (24/8/2022). (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Kupang Dalam rangka memantau kebersihan dan penataan letak lapak pedagang agaer lebih tertata dan terasa nyaman bagi para pedagang atau pengunjung, Penjabat Wali Kota Kupang, George Melkianus Hadjoh meninjau Pasar Penfui dan Pasar Oeba, pada Rabu (24/8).

Kunjungan secara langsung PJ Wali Kota Kupang tesebut dilakukan pukul 05.30 WITA. Pantauan di beberapa selokan yang ada di dalam pasar, terdapat penumpukan sampah yang mengakibatkan penyumbatan. PJ Wali Kota Kupang pun meminta untuk adanya koordinasi antar stakeholders.

"Perusahaan Daerah Pasar (PD Pasar) diminta segera berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan untuk mengatasi bersama masalah sampah di lingkungan pasar," katanya.

Selanjutnya PJ Wali Kota Kupang bersama rombongan melanjutkan pemantauan di Pasar Oeba. Dalam kunjungannya ke Pasar Oeba, beliau didampingi oleh Direktur Perusahaan Daerah Pasar, Ferdinand Le'u beserta para koordinator serta Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kota Kupang.

Dalam kunjungan di Pasar Oeba, PJ Wali Kota Kupang menegaskan agar setiap sudut jalan masuk ke pasar agar segera diperbaiki dan dilakukan pengaspalan oleh dinas terkait.

"Pemilik tempat usaha di tepi jalan yang terdapat trotoar dan saluran drainase agar dapat melakukan penataan dengan baik. Toko-toko bangunan dilarang menumpuk material di depan toko atau trotoar," minta George.

 

PJ Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh meninjau Pasar Penfui dan Pasar Oeba, Rabu (24/8/2022). (Foto: Istimewa)

Terkait kebersihan pasar, setiap pedagang diminta untuk menyiapkan kantong sampah di setiap lapak untuk kemudian dibuang pada titik lokasi pembuangan sampah yang telah diatur oleh pihak PD Pasar. Selain itu para pemilik lapak di pinggir jalan dekat Pura Oebanantha ditata dengan baik agar akses jalan masuk lebih luas.

PJ Wali Kota Kupang meminta kepada Dirut PD Pasar melakukan rapat bersama tim dan para stakeholders terkait, agar saling berkoordinasi denga pemuda di sekitar lingkungan pasar. Setelah itu, melakukan kerja sama denga TNI-Polri serta Satpol PP Kota Kupang guna menata dan menertibkan kondisi pasar.

Selain itu, Dinas Perhbungan Kota Kupang juga diminta untuk menertibkan mobil angkutan penumpang di ruas jalan Timor Raya agar tidak menimbulkan kemacetan serta masalah harga tarif karcis parkir yang di atas normal yang bisa menimbulkan pungutan liar.

Sebagai informasi, sehari sebelumnya, PJ Wali Kota Kupang telah memantau kondisi kebersihan dan penataan lapak pedagang di Pasar Kasih Naikoten 1 dan Pasar Oebebo. Peninjauan tersebut juga diharapkan bisa mengatasi permasalahan sampah agar segera bisa diarasi oleh instansi terkait.

 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya