Yuk Kurangi Risiko Cedera, Begini Cara Memegang Raket Badminton dengan Benar!

Saat bermain badminton, cara memegang raket menjadi salah satu teknik yang tak boleh diabaikan.

oleh Fachri pada 26 Agu 2022, 23:15 WIB
Ilustrasi sedang lakukan serve. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu pencinta badminton? Atau kamu sering sekali menonton pertandingan bulu tangkis di TV? Atau bahkan kamu memiliki cita-cita untuk menjadi atlet badminton? Jika kamu adalah bagian dari salah satunya, kamu wajib mengetahui teknik dasar dalam permainan ini ya!

Apa itu? Yup, cara memegang raket! Saat bermain badminton, cara memegang raket menjadi salah satu teknik yang tak boleh diabaikan. Ibaratnya, seorang pemain badminton yang baik dimulai dengan bagaimana cara memegang raketnya dengan benar. Selain bisa mengurangi risiko cedera, kamu juga bisa melakukan pukulan yang tepat.

Nah, untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa teknik dasar memegang raket dengan baik dan benar dengan mengikuti cara di bawah ini ya!


1. Forehand Grip

Langkah memegang raket badminton. (Foto: Badmintonisgreat)

Teknik yang pertama bisa kamu terapkan adalah Forehand Grip. Jika ingin menerapkan teknik ini, kamu harus menggunakan jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis sebagai tumpuan utama dalam memukul kok ya. Jika kamu menerapkannya dengan baik dan benar, kamu bisa mendapatkan pukulan yang tepat lho!

Langkah memegang raket badminton. (Foto: Badmintonisgreat)

2. Backhand Grip

Langkah memegang raket badminton. (Foto: Badmintonisgreat)

Yang kedua, kamu bisa menerapkan teknik Backhand Grip. Teknik ini bisa kamu terapkan hanya dengan memosisikan ibu jati di bagian belakang tangkai, sehingga ibu jari kamu menjadi tumpuan jika ingin memukul kok. Biasanya, teknik ini digunakan saat kok meluncur ke arah bawah atau dekat dengan net.

Nah, itu dia dua teknik memegang raket badminton untuk para pemula atau pencinta bulu tangkis ketika ingin bermain badminton ya. Dengan melakukan dua teknik tersebut, kamu bisa meminimalisir cedera dan membuat pukulan kamu tepat pada sasaran dan kamu bisa mendulang poin saat bermain!

Dan jika kamu sedang mencari raket badminton baru untuk menggantikan yang lama dan ingin membeli untuk pertama kalinya, kamu bisa dapatkan perlengkapan lengkapnya hanya di laman Oshop. Jangan lupa juga mampir ke laman satu ini ya. Mau belanja peralatan badminton? Ya hanya di Oshop aja!

 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya