Menkes Budi Gunadi Positif COVID-19, Banyak Mobilitas Jadi Penyebabnya

Penyebab Menkes Budi Gunadi Sadikin positif COVID-19 karena banyak mobilitas yang dijalaninya.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 29 Agu 2022, 19:00 WIB
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat membuka '3rd Health Working Group G20' di Hilton Resort, Nusa Dua, Bali pada Senin, 22 Agustus 2022. (Dok Kementerian Kesehatan RI)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin positif COVID-19. Hasil positif COVID-19 ditunjukkan dari tes PCR yang dijalaninya hari ini, Senin (29/8/2022).

Banyak mobilitas disinyalir menjadi penyebab Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin positif terinfeksi virus Corona. 

Menkes Budi Gunadi bukan pejabat publik pertama yang terinfeksi COVID-19, namun ini merupakan pertama kalinya ia terkonfirmasi COVID-19 sejak menjabat sebagai Menteri Kesehatan pada Desember 2020.

Mobilitas yang sangat tinggi dan pertemuan dengan banyak pihak menjadi penyebab Menkes rentan terpapar COVID-19.

Sebagai tindak lanjut, pihak-pihak yang berinteraksi dengan Menkes Budi dalam beberapa waktu terakhir telah diberikan informasi terkait kondisi Menkes serta diminta untuk segera melakukan tes swab dan isolasi mandiri.

Sebagaimana tatalaksana COVID-19 pada umumnya, Menkes Budi Gunadi akan melakukan isolasi mandiri sampai dinyatakan negatif COVID-19. Selama isolasi mandiri, ia tetap akan menjalankan aktivitas biasa melalui ranah virtual.

“Mohon doanya agar saya dapat segera pulih kembali,” ucap mantan Wakil Menteri BUMN melalui pernyataan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Senin, 29 Agustus 2022.


Kondisi Menkes Relatif Sehat

Tenaga kesehatan mengisi jarum suntik dengan vaksin dosis ketiga (Booster) di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (10/3/2022). Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengakui, capaian vaksinasi booster COVID-19 masih sangat rendah. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Walau positif COVID-19, kondisi Menkes Budi Gunadi Sadikin saat ini relatif sehat. Hal ini berkat vaksinasi COVID-19 dan booster.

Meski begitu, vaksinasi COVID-19 tidak menjamin individu terbebas sepenuhnya dari COVID-19, namun berkhasiat untuk mencegah gejala sakit yang parah dan tidak harus dirawat di rumah sakit.

Budi Gunadi menambahkan, keterbukaan terhadap status COVID-19 merupakan bentuk tanggung jawabnya sebagai pejabat publik. Hal ini agar penularan COVID-19 bisa segera diputus dan tidak semakin meluas.

“Karena siapa pun dapat tertular dan menularkan COVID-19. Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk membantu memutus rantai penularannya dengan segera melakukan swab tes," tambahnya.

"Jika hasil tes-nya positif, langsung melakukan isolasi mandiri."


Hadiri Pembukaan 3rd Health Working Group

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat membuka '3rd Health Working Group G20' di Hilton Resort, Nusa Dua, Bali pada Senin, 22 Agustus 2022. (Dok Kementerian Kesehatan RI)

Berkaitan dengan mobilitas, aktivitas Budi Gunadi Sadikin dalam seminggu terakhir cukup tinggi. Bahkan pada akhir pekan, Sabtu (27/8/2022), ia baru saja meresmikan fasilitas produksi dan peluncuran perdana alat kesehatan elektromedik Mindray produksi dalam negeri di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah.

Tepat seminggu lalu, pada Senin (22/8/2022), Budi Gunadi membuka acara pertemuan Presidensi G20 dalam '3rd Health Working Group' di Bali.

Selanjutnya, keesokan hari pada Selasa (23/8/2022), Menkes Budi Gunadi mengikuti rapat terbatas (ratas) Evaluasi PPKM yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Jakarta. Kemudian bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto, ia melakukan konferensi pers mengenai hasil ratas tersebut.

Infografis 6 Tips Cuci Pakaian Hindari Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Niman)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya