Demo Tolak Kenaikan BBM, Puan: Aspirasi Akan Disampaikan ke Pemerintah

Ketua DPR, Puan Maharani, memastikan akan menyerap aspirasi para pendemo yang menggelar aksi tolak kenaikan harga BBM.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 07 Sep 2022, 05:45 WIB
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani pada Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2022, Selasa (16/8/2022) (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR, Puan Maharani, memastikan akan menyerap aspirasi para pendemo yang menggelar aksi tolak kenaikan harga BBM.

“Aspirasi yang disampaikan akan kami akomodir aspirasi tersebut dan nanti akan kami sampaikan melalui komisi-komisi untuk dibicarakan dengan pemerintah,” kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (6/9/2022).

Puan juga memastikan DPR akan mengawal kenaikan harga BBM.

“Tentu saja kami akan mendengar menyampaikan aspirasi tersebut kepada pemerintah. Dan kami meminta bahwa pemerintah memang bersungguh-sungguh dalam melaksanakan penyesuaian harga BBM ini jangan sampai kemudian membuat rakyat menjadi lebih susah atau menjadi lebih sulit,” ujarnya.

Politikus PDIP itu juga berharap bantuan langsung tunai (BLT) pemerintah terkait kenaikan BBM itu tepat sasaran dan cepat disalurkan.

“Kami berharap bahwa itu akan bisa tepat sasaran kemudian memang akan berguna bagi masyarakat dalam pemberiannya, dan tidak ada masyarakat yang harusnya mendapatkan, kemudian salah nama atau salah sasaran atau salah alamat,” kata Puan.


Pengawasan

Menurut Puan, DPR akan selalu melakukan pengawasan dalam penyaluran BLT dari pemerintah. “Fungsi pengawasannya DPR akan melakukan pengawasan terkait dengan hal itu di lapangan,” kata dia.

Selain itu, terkait aksi Walk Out Fraksi PKS dan menyatakan menolak kenaikan BBM dalam paripurna DPR, Puan menyebut hal tersebut adalah hak dan bagian dari demokrasi.

“Apa yang tadi dilakukan oleh rekan kami dari Fraksi PKS ini proses demokrasi yang memang sudah dilakukan, berbeda pandangan itu biasa ya,” pungkas dia.

Infografis Tuntutan dan Alasan Buruh Tolak Kenaikan Harga BBM. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya