16 September 2012: Tragedi Penembakan di Faslitas Militer AS Tewaskan 12 Orang

Seorang pria bersenjata di New Yard AS melakukan penembakan secara ilegal, 12 orang dinyatakan tewas.

oleh Renta Nirmala Hastutik diperbarui 16 Sep 2022, 06:00 WIB
Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Liputan6.com, Washington Seorang mantan anggota cadangan Angkatan Laut menewaskan sedikitnya 12 orang dalam penembakan massal di fasilitas militer AS, yang membuat pihak berwenang mengunci sebagian ibu kota negara bahkan setelah pria bersenjata itu terbunuh dalam perburuan dua pria bersenjata lainnya yang terlihat oleh kamera video, kata para pejabat.

Tetapi otoritas federal mengatakan mereka percaya bahwa penembakan itu adalah tindakan seorang pria bersenjata tunggal, yang diidentifikasi sebagai Aaron Alexis, pria 34 tahun yang bekerja untuk subkontraktor militer.

Kekacauan di fasilitas tersebut, Washington Navy Yard, dimulai tepat setelah pukul 8 pagi. Karyawan sipil menggambarkan adegan kebingungan saat tembakan terdengar melalui lorong-lorong markas besar Komando Sistem Laut Angkatan Laut, di tepi Sungai Anacostia beberapa mil dari Gedung Putih dan sekitar setengah mil dari Capitol.

"Saya mendengar tiga tembakan, dor, dor, dor, dor, berturut-turut," kata Patricia Ward, seorang spesialis manajemen logistik dari Woodbridge, Va, yang berada di kafetaria di lantai pertama ketika penembakan dimulai. 

"Sekitar tiga detik kemudian, ada empat tembakan lagi, dan semua orang di kafetaria panik, mencoba mencari tahu ke arah mana kami akan lari keluar."

Petugas polisi yang mengerumuni fasilitas militer itu bertukar tembakan dengan Alexis, seorang mantan cadangan angkatan laut di Fort Worth. 

Petugas polisi menembak Alexis hingga tewas, kata pejabat penegak hukum, tetapi tidak sebelum belasan orang tewas dan beberapa orang lainnya, termasuk seorang petugas polisi kota, terluka dan dibawa ke rumah sakit setempat.

Mengutip dari laman New York Times, para pejabat mengatakan Alexis mengendarai mobil sewaan ke pangkalan dan masuk dengan menggunakan aksesnya sebagai kontraktor dan menembak seorang perwira dan satu orang lainnya di luar Gedung 197, markas Komando Sistem Laut. Di dalam, Alexis berjalan ke lantai yang menghadap ke atrium dan membidik karyawan yang sedang sarapan di bawahnya.

"Dia menembak dari atas orang-orang," kata seorang pejabat penegak hukum. "Di situlah dia melakukan sebagian besar kerusakannya."


Daftar Nama Korban

ilustrasi peluru tembakan. (iStockphoto)

Nama-nama tujuh korban dirilis Senin malam: Michael Arnold (59), Sylvia Frasier (53), Kathy Gaarde (62), John Roger Johnson (73), Frank Kohler (50), Kenneth Bernard Proctor (46) dan Wisnu Pandit (61). Para pejabat mengatakan nama-nama korban lainnya akan dirilis setelah keluarga mereka dihubungi. 

Semua korban diyakini warga sipil atau kontraktor. Tidak ada personel militer aktif yang tewas, kata Kepala Cathy L. Lanier dari Washington.

Satu korban ditembak di pelipis kiri dan dinyatakan meninggal dalam satu menit setelah tiba di Rumah Sakit Universitas George Washington. "Cedera ini tidak dapat diselamatkan dengan cara apa pun," kata seorang pejabat rumah sakit kepada wartawan. "Pasien sudah meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit."

Delapan orang terluka. Tiga di antaranya tertembak, termasuk Petugas Scott Williams dari kepolisian Washington. 

Yang lainnya menderita luka-luka karena jatuh atau mengeluh sakit dada. Petugas Williams, yang bertugas di unit anjing, menjalani beberapa jam operasi untuk luka tembak di kakinya. Korban kedua menderita luka tembak di bahunya. 

Peluru menyerempet kepala korban ketiga tetapi tidak menembus tengkoraknya, menurut dokter di MedStar Washington Hospital Center.


Senjata yang Digunakan

Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Tiga senjata ditemukan pada Alexis adalah senapan serbu AR-15, senapan dan pistol semi-otomatis, kata seorang petugas penegak hukum senior. 

Tidak jelas apakah dia membawa semua senjata itu bersamanya, kata seorang pejabat penegak hukum lainnya, atau apakah dia telah mengambil satu atau lebih senjata dari korbannya.

Para pejabat mengatakan bahwa mereka masih mencari motif saat mereka meminta bantuan publik dengan memposting foto-foto Alexis di situs web FBI, memperlakukan penembakan itu sebagai investigasi kriminal, bukan yang terkait dengan terorisme.

Para pejabat Angkatan Laut mengatakan pada Senin malam bahwa Alexis telah bekerja sebagai kontraktor di bidang teknologi informasi. Juru bicara Hewlett-Packard mengatakan Alexis adalah karyawan sebuah perusahaan bernama The Experts, subkontraktor dalam kontrak HP Enterprise Services.

Pejabat Angkatan Laut mengatakan Alexis diberhentikan secara umum pada tahun 2011 setelah menunjukkan "pola perilaku buruk," yang para pejabat menolak untuk merinci. 

Tahun sebelumnya, Alexis ditangkap di Fort Worth karena mengeluarkan senjata api setelah seorang tetangga di lantai atas mengatakan bahwa dia telah mengkonfrontasinya di tempat parkir karena membuat terlalu banyak suara, menurut laporan polisi Fort Worth.

Polisi di Seattle, tempat Alexis pernah tinggal, mengatakan pada hari Senin bahwa mereka telah menangkapnya pada tahun 2004 karena menembak ban kendaraan orang lain dalam apa yang kemudian digambarkan oleh Alexis kepada detektif sebagai "pemadaman listrik yang dipicu oleh kemarahan."

Eleanor Holmes Norton, delegasi Kongres dari District of Columbia, menyebut episode itu sebagai "serangan terhadap kota kita."

"Ini adalah serangan terhadap negara kita," tambahnya.

Walikota Vincent C. Gray menyebutnya sebagai "hari yang panjang dan tragis." Presiden Obama juga memuji para korban penembakan sebagai patriot.


Ketegangan Seluruh Kota

Ilustrasi Foto Penembakan dengan Senjata Api (iStockphoto)

Ketegangan di kota itu meningkat hampir sepanjang hari karena polisi mengatakan mereka tidak yakin apakah Alexis bertindak sendiri. Para pejabat mengatakan video pengintaian orang-orang yang melarikan diri dari lokasi penembakan menunjukkan dua pria bersenjata yang mengenakan seragam militer yang berbeda dan memegang senjata. 

Selama berjam-jam, polisi mengatakan mereka percaya bahwa mungkin ada tiga pria bersenjata dan dua di antaranya berkeliaran di kota.

Laporan tentang beberapa tersangka menimbulkan kebingungan di seluruh Washington karena pihak berwenang memberikan pesan yang saling bertentangan tentang bahaya yang terus berlanjut. Para pejabat tidak bergerak untuk mengamankan kota, membiarkan sistem kereta bawah tanah kota beroperasi secara normal. 

Tetapi karena "kewaspadaan yang melimpah," Terrance W. Gainer, sersan Senat, menempatkan kompleks Senat dalam keadaan terkunci setelah pukul 3 sore.

Sekitar waktu yang sama, Washington Nationals menunda pertandingan melawan Atlanta Braves yang memimpin divisi, yang dijadwalkan pukul 19.00 di Nationals Park, di sebelah halaman angkatan laut.

Situs Web Nationals mengatakan "Ditunda: Tragedi" dan memberi tahu para penggemar bahwa kedua tim akan memainkan doubleheader pada hari Selasa sebagai gantinya.

Kota itu semakin terguncang pada Senin malam ketika seseorang melemparkan petasan melewati pagar Gedung Putih, menyebabkan dentuman keras dan mendorong respons cepat dan agresif dari agen Secret Service, yang menangani seorang pria dengan celana pendek putih dan T-shirt di Pennsylvania Avenue.

Infografis Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia Usai Ditembak. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya