Anies Baswedan Masuk Radar Bakal Capres Demokrat

Politikus senior Syarief Hasan mengungkapkan bahwa Anies Baswedan menjadi salah satu tokoh yang masuk radar bakal Capres 2024 yang bakal diusung Demokrat.

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Sep 2022, 23:11 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) memberi isyarat salam kepada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (kanan) saat menerima kunjungannya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (6/5/2021). Kunjungan AHY untuk silaturahmi dan membicarakan Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan mengungkapkan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk dalam radar bakal calon presiden (Capres) Partai Demokrat.

Menurut dia, Anies punya chemistry dengan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Memang sudah sebagian beredar (nama Anies Baswedan). Beliau punya wawasan bagus dan punya chemistry dengan AHY. Tapi ini masih taraf finalisasi," kata Syarif Hasan saat ditemui di Gedung JCC Senayan, Jakarta, Jumat (16/9/2022).

Syarief mengatakan, Majelis Tinggi Partai Demokrat tengah menggodok nama bakal capres-cawapres yang akan diusung untuk Pilpres 2024 mendatang. Dalam waktu dekat, Demokrat bakal mengumumkan dengan siapa akan berkoalisi.

"Doakan saja tidak lama lagi. Kan Oktober kan kita masih punya waktu banyak. Tidak usah buru-buru. Insya Allah tidak lama lagi. Yang penting koalisi dulu dan elektabilitas ditingkatkan. Demokrat sudah tiga besar. AHY juga naik. Kalau makin naik akan jadi bahan pertimbangan," tuturnya.

Dia menambahkan, Demokrat dalam menentukan capres-cawapres tentu melihat elektabilitas. Artinya, tokoh yang bakal diusung harus sesuai keinginan rakyat.

"Saya pikir tadi sudah disebutkan oleh mas AHY bahwa di dalam menentukan capres dan cawapres itu kan yang dikehendaki berdasarkan hasil survei dari lembaga survei bagaimana elektabilitas karena itu akan menggambarkan bahwa itu lah yang diinginkan oleh rakyat," ucap Syarif Hasan memungkasi.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com


Demokrat DKI Ingin Anies Duet dengan AHY

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. (Dok akun Twitter @AgusYudhoyono)

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrat DKI Jakarta Mujiyono menyatakan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan cocok untuk mendamping Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pilpres 2024.

Mujiyono menyampaikan bahwa nama Anies dapat dipasangkan dengan AHY sebagai wakil calon presiden (capres). Sementara itu, AHY tetap diposisi utama sebagai calon presiden (capres).

"Rata-rata di DKI maunya Anies-AHY atau AHY-Anies. Kalau di Demokrat harus AHY-Anies. Kan kami punya kendaraan, kan yang punya STNK atas nama kami," kata Mujiyono di Kantor DPD Demokrat DKI Jakarta, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat 9 September 2022.

Mujiyono mengungkapkan bahwa hampir 70 persen pengurus DPD Demokrat DKI memilih Anies untuk diduetkan dengan AHY untuk Pilpres 2024. Mujiyono mengaku semangat para pengurus Partai Demokrat DKI untuk mengusung Anies cukup tinggi.

"Aspirasi masyarakat DKI Jakarta loh ya, kalau di Jateng beda lagi," ujar dia.

Kendati demikian, Mujiyono mengatakan belum bisa memastikan nama Anies bakal diusulkan dalam rapat pimpinan nasional (rapimnas) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat pada 15 dan 16 September 2022. Pasalnya, kata Mujiyono mekanisme pengusulan capres belum diketahui.

"Nanti di Rapimnasnya belum tahu mekanismenya seperti apa, tapi kalau nanti akan ada permintaan pendapat kaitannya dengan koalisi, kami tentunya harus menyampaikan itu," jelas Mujiyono.

Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya