Jenazah Ratu Elizabeth II Tiba di Kastil Windsor untuk Kebaktian Kedua Sebelum Dikubur

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II kini telah tiba di St George's Chapel (Kapel St George), di mana upacara the committal service (layanan komitmen) akan berlangsung. Sekitar 800 tamu diperkirakan hadir.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 19 Sep 2022, 22:44 WIB
Prosesi upacara peti mati Ratu Elizabeth II berjalan kaki saat tiba di Kastil Windsor untuk Layanan Komitmen di Kapel St George, di Windsor, Inggris, Senin, 19 September 2022. (Aaron Chown/Pool AP)

Liputan6.com, London - Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II kini telah tiba di St George's Chapel (Kapel St George), di mana upacara the committal service (layanan komitmen) akan berlangsung.

Anggota Household Cavalry berbaris. Penjaga Kastil Windsor menunjukkan tangan mereka saat para bangsawan dan mobil jenazah negara bagian tiba.

Mengutip BBC, Senin (19/9/2022), peti mati Ratu Elizabeth II kemudian segera diangkat dengan hati-hati oleh pihak pembawa dan dibawa menaiki tangga barat ke kapel.

Kapel abad pertengahan ini adalah lokasi pernikahan Duke dan Duchess of Sussex, Pangeran Harry dan Meghan, pada tahun 2018.

Pemakaman Duke of Edinburgh juga dilakukan di kapel itu pada April 2021.

Layanan komitmen dipimpin oleh Dean of Windsor, David Conner. Dimulai dengan prosesi peti mati memasuki kapel dan melanjutkan ke bagian tengah untuk meletakkan peti mati Ratu di quire.

Layanan ini kabarnya dihadiri oleh sekitar 800 tamu.

Sebagian besar jemaat tidak berada di Westminster Abbey pada hari sebelumnya, dan kebaktian kedua ini telah dirancang dengan mempertimbangkan staf kerajaan.

Banyak yang dulu atau sekarang adalah karyawan perkebunan Ratu Elizabeth II. 

Sejumlah politikus terkemuka juga dikabarkan hadir bersama Keluarga Kerajaan.

Di Kapel St George, acara perpisahan untuk Ratu Elizabeth II akan berakhir.

Malam waktu London, Ratu Elizabeth II akan dimakamkan bersama mendiang suaminya, Duke of Edinburgh.

Dia akan dimakamkan di royal vault of King George VI's Memorial Chapel - bagian dari Kapel St George. Ini akan menjadi layanan untuk Keluarga Kerajaan yang berskala kecil dan sangat pribadi.


Amankan Pemakaman Kenegaraan Ratu Elizabeth II, 10.000 Lebih Polisi Dikerahkan

Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II.

Pemakaman Ratu Elizabeth II, satu-satunya pemimpin monarki yang paling banyak dikenal sebagian besar warga Inggris, melibatkan operasi keamanan terbesar yang pernah ada di London.

Wali Kota Sadiq Khan, mengutip AP News, Senin (19/9/2022), mengatakan pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada hari Senin (19/9) merupakan salah satu tantangan keamanan yang “belum pernah terjadi sebelumnya”, pasalnya ada ratusan ribu orang yang akan memadati pusat kota London dan daftar tamu pemakaman yang terdiri dari 500 kaisar, raja, ratu, presiden, perdana menteri, dan para pemimpin lainnya dari seluruh dunia.

"Sudah puluhan tahun sejak para pemimpin dunia sebanyak ini berada di satu tempat," kata Khan. "Ini belum pernah terjadi sebelumnya ... sehubungan dengan berbagai hal yang sedang kami tangani."

"Mungkin akan ada orang yang dengan sengaja membahayakan seseorang atau pemimpin dunia kita nanti," ungkap Khan kepada The Associated Press.

"Jadi kami bekerja sangat keras dari mulai polisi, layanan keamanan, dan masih banyak lainnya. Untuk memastikan pemakaman kenegaraan ini sukses."

Wakil Asisten Komisioner Polisi Metropolitan Stuart Cundy mengatakan operasi kepolisian yang "sangat kompleks" ini adalah yang terbesar dalam sejarah kepolisian London, melebihi Olimpiade London 2012.

Lebih dari 10.000 petugas polisi akan bertugas pada hari pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II. Selain polisi London, akan ada bala bantuan dari 43 pasukan polisi Inggris. Selain itu, ada ratusan sukarelawan marshal dan anggota Angkatan bersenjata juga yang bertindak sebagai penjaga di sepanjang rute prosesi pemakaman kenegaraan.

Mereka merupakan bagian yang paling terlihat dari operasi keamanan yang dijalankan dari pusat kendali berteknologi tinggi di dekat Lambeth Bridge, tidak jauh dari Parlemen.

Selengkapnya di sini...


Mobil Jenazah Ratu Elizabeth II Lewat, Warga Teriak Hip Hip Hore

Mobil jenazah yang membawa peti mati Ratu Elizabeth II tiba di Istana Buckingham, London, Selasa (13/9/2022). Peti mati Ratu Elizabeth II kembali ke Istana Buckingham pada Selasa malam, melewati London yang gerimis saat kerumunan orang memenuhi rute untuk melihat sekilas mobil jenazah dan mengucapkan selamat tinggal padanya. (Paul Childs/Pool Photo via AP)

Jenazah Ratu Elizabeth II sedang dalam perjalanan menuju Windsor Castle untuk disemayamkan. Rakyat pun ikut berdiri di pinggir jalan untuk menyasikan ratu mereka meninggalkan London untuk terakhir kalinya. 

Pada Senin (19/9/2022), acara kebaktian untuk Ratu Elizabeth II telah digelar di Westminster Abbey. Selanjutnya, anggota keluarga kerajaan dan militer mengiringi peti mati menuju Wellington Arch.

Setibanya di Wellington Arch, peti mati Ratu Elizabeth II dipindahkan ke mobil Jaguar yang dimodifikasi khusus, sehingga warga pun bisa melihat peti mati sang Ratu Inggris dengan jelas.

Berdasarkan tayangan di kanal YouTube Royal Family Channel, warga terdengar bertepuk tangan dan sesekali mereka berteriak "hip hip hore!" saat mobil Jaguar itu lewat.

Para warga juga melempar-lempar bunga ke arah mobil jenazah Ratu Elizabeth II. Tentunya banyak yang antusias merekam momen langka tersebut. 

Jarak Windsor Castle tidak jauh dari London. Ratu Elizabeth II akan dikebumikan di St George's Chapel. Lokasi tersebut juga menjadi tempat peristirahatan terakhir Putri Margaret, adik satu-satunya Ratu Elizabeth II, serta Pangeran Philip, suami sang ratu.


Sesuai Umur Ratu Elizabeth, Lonceng di Westminster Abbey Berdentang 96 Kali

Raja Charles III (paling kiri) mengikuti prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II ke Westminster Abbey di London, Inggris, Senin (19/9/2022). Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II yang panjang akan dimulai dengan kebaktian di Westminster Abbey, iring-iringan dan prosesi militer di London, lalu upacara keluarga di sebuah kapel di Kastil Windsor. (AP Photo/Bernat Armangue, Pool)

Lonceng di Westminster Abbey berdentang 96 kali, menghitung tahun umur Ratu Elizabeth II.

Di dalam Westminster Abbey, dipenuhi dengan pasukan seragam, wajah-wajah terkenal dan sekelompok pejabat yang diantar ke bangku di bawah patung dan tugu peringatan.

Mengutip ABC News, lonceng Tenor Abbey berbunyi mulai 19 September 2022 pada pukul 09.24 pagi waktu London  dan akan dibunyikan satu menit sekali sampai upacara pemakaman ratu dimulai pada pukul 11.00 pagi.

Ratusan pelayat telah tiba di katedral Gotik untuk kebaktian. Mereka bergabung dengan bangsawan, kepala negara dan pemimpin politik dari seluruh dunia.

Anggota masyarakat yang diundang dalam prosesi tersebut termasuk perawat lama Nancy O'Neill, yang diakui atas usahanya dalam memerangi COVID-19, dan Pranav Bhanot, yang membantu memberikan 1.200 makanan gratis selama pandemi.

Setelah itu, prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II akan melewati jalan-jalan kota. Peti mati dibawa dengan kereta meriam negara saat menuju Kastil Windsor untuk dimakamkan.

Pihak berwenang London mengatakan hampir tiga jam sebelum prosesi bahwa semua area tontonan publik sudah penuh.

Secara global, jutaan orang diperkirakan akan melihat liputan upacara di Westminster Abbey, tempat Elizabeth menikah dengan Pangeran Philip dan penobatannya.

Ini akan menjadi pemakaman pertama bagi seorang pemimpin monarki Inggris yang diadakan di Westminster Abbey sejak abad ke-18, dan untuk pertama kalinya kamera akan diizinkan di dalam upacara pemakaman untuk seorang pemimpin monarki Inggris.

Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya