5 Tips Jitu Cari Pasangan di Aplikasi Kencan, Salah Satunya Punya Kriteria Spesifik

Kini, aplikasi kencan jadi media yang standar untuk mencari pasangan. Namun tak dapat dimungkiri, mencarinya tak selalu jadi perkara mudah.

oleh Diviya Agatha diperbarui 10 Okt 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi Penggunaan Aplikasi Kencan Online Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Liputan6.com, Jakarta Era saat ini membuat aplikasi kencan jadi media yang standar untuk mencari pasangan. Aplikasi kencan memberikan kemungkinan untuk Anda bertemu dengan orang baru, terutama di luar lingkup pertemanan Anda.

Survei yang dilakukan oleh Pew Research menemukan bahwa 48 persen orang dewasa berusia 18 hingga 29 tahun di Amerika Serikat menggunakan atau pernah menggunakan aplikasi kencan.

Penggunaan aplikasi kencan pun umum di kalangan orang Indonesia. Banyak pasangan yang berlanjut hingga ke jenjang pernikahan usai menemukan tambatan hatinya di sana.

Namun tak dapat dimungkiri, menggunakan aplikasi kencan tak selalu berjalan dengan mulus. Hal tersebut bergantung pada bagaimana Anda menggunakan, berkomunikasi, bahkan mengemas profil.

Master-certified relationship coach, Amie Leadingham mengungkapkan bahwa penting untuk banyak bersabar ketika menggunakan aplikasi kencan.

"Jangan berharap akan langsung menemukan belahan jiwamu setelah swipe right beberapa kali. Menemukan orang yang cocok dan punya nilai-nilai yang sama dengan Anda akan membutuhkan waktu," ujar Amie mengutip Bustle, Senin (10/10/2022).

"Bagaimanapun, kesabaran adalah kuncinya, dan Anda tidak bisa terburu-buru untuk mencintai seseorang."

Lalu, tips apa sajakah yang bisa Anda coba bila hendak mencari pasangan di aplikasi kencan? Berikut diantaranya.

1. Spesifik dalam Apa yang Anda Cari

Jumlah orang yang perlu Anda swipe untuk menemukan yang paling cocok bisa jadi sangat banyak. Sehingga Amie menyarankan untuk menjadi spesifik dalam apa yang Anda cari.

"Jelaskan niat Anda sejak awal, dan kemungkinan besar Anda akan menemukan seseorang yang mencari hal yang sama. Bersikap jujur akan membantu menyingkirkan orang-orang yang tidak sepaham dan mengundang prospek yang lebih serius ke kotak masuk Anda,” kata Amie.


2. Pilih Aplikasi Kencan yang Tepat

Ilustrasi kencan online. (dok. Pixabay.com/amrothman)

Menurut profesor komunikasi seksual di California State University Fullerton, dr Tara Suwinyattichaiporn, jenis aplikasi yang Anda gunakan juga memiliki efek penting pada tingkat keberhasilan Anda dalam hal menemukan kecocokan yang berkualitas.

"Memilih aplikasi kencan yang tepat dapat membantu menyingkirkan orang-orang yang hanya ingin sekadar terhubung. Ada aplikasi yang memiliki reputasi sebagai aplikasi kencan padahal bukan itu tujuan pendirinya," kata Tara.

"Jadi gunakanlah yang memang tepat dan bahkan berbayar, karena itu bisa menandakan Anda cukup serius untuk mencari pasangan," tambahnya.

3. Buat Keterangan yang Jelas

Selanjutnya yang juga penting saat menggunakan aplikasi kencan adalah dengan memberikan keterangan yang jelas pada profil Anda.

Selain menggunakannya sebagai kesempatan untuk memamerkan kepribadian atau selera humor Anda, Tara mengungkapkan bahwa cara tersebut bisa dapat membantu memilah profil yang tidak sesuai dengan Anda.

"Anda bisa mengatakan bahwa Anda tengah mencari hubungan jangka panjang, bukan jangka pendek. Itu bisa menjelaskan ekspektasi Anda menggunakan aplikasi kencan," ujar Tara.


4. Ketahui Karakter Spesifik yang Dicari

Ilustrasi berkencan (Pixabay)

Selain memperjelas bahwa Anda sedang mencari pasangan untuk hubungan yang serius, Amie menyarankan untuk menambahkan juga karakter spesifik yang Anda cari dalam diri pasangan ke profil Anda.

Pada beberapa aplikasi kencan, Anda dapat mencantumkan beberapa kriteria spesifik dalam diri Anda, yang dapat dijadikan bahan obrolan hingga tanda pada siapapun yang melihatnya bahwa Anda mencari yang seperti apa.

Menurut Amie, cara tersebut dapat mempersempit ruang lingkup Anda, yang mana dapat membantu untuk menarik orang yang Anda inginkan, dan mengurangi kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang tidak Anda inginkan.

"Apa yang tidak boleh Anda sertakan dalam profil adalah segala hal negatif. Misalnya, terlalu lama lajang membuat Anda mengatakan bahwa Anda tidak menginginkan banyak drama atau basa-basi, yang terdengar sangat pahit dan mungkin menunjukkan bahwa Anda menarik banyak drama. Fokuslah pada pernyataan positif," kata Amie.


5. Kirimkan Pesan Pembuka yang Tepat

Ilustrasi Menggunakan Aplikasi Kencan Online Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Setelah profil Anda mulai mendatangkan calon pengisi hati, saatnya mengobrol. Jika Anda mencari pasangan, Amie menyarankan untuk menghubungkan hal-hal yang mungkin menghubungkan Anda bersama.

"Salah satu cara terbaik untuk memulai percakapan adalah dengan menemukan kesamaan dengan berfokus pada sesuatu yang terhubung dengan Anda di profil mereka," ujar Amie.

Saat Anda menyusun kalimat pembuka yang sempurna, Amie juga mengingatkan Anda untuk menjaga alur percakapan tetap berjalan dengan mengajukan pertanyaan terbuka.

“Ketika mengenal seseorang, ajukan pertanyaan yang akan menghasilkan jawaban lebih dari sekadar ya atau tidak. Itu sangat penting. Daripada bertanya 'Apakah Anda suka alam bebas?', coba tanyakan apa hal favorit untuk dilakukan di luar ruangan,” kata Amie.

Hal tersebut dapat membantu percakapan jadi lebih panjang karena ada ruang untuk penjelasan, yang kemudian bisa dikembangkan.

Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online. (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya