Apa Itu Festival Suporter Piala Dunia 2022 yang Digelar di Enam Kota Ternama?

Enam kota terpilih untuk menggelar festival suporter Piala Dunia 2022 di Seoul, London, Mexico City, Rio de Janeiro, Sao Paulo, dan Dubai.

oleh Muhammad Yanto diperbarui 12 Okt 2022, 11:00 WIB
Trofi Piala Dunia FIFA Qatar dipamerkan saat Trophy Tour by Coca-Cola kick-off hari ini dengan first stop event di Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (12/5/2022). (AP Photo/Kamran Jebreili)

Liputan6.com, Jakarta- Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah menunjuk enam kota untuk menggelar festival suporter Piala Dunia 2022 Qatar.

Enam kota terpilih itu yakni Seoul London, Mexico City, Rio de Janeiro, Sao Paulo, dan Dubai. Nantinya, keenam kota tersebut akan menggelar berbagai acara menarik yang sejalan dengan acara utama di Taman Al Bidda, Doha, Qatar.

Menurut FIFA, keenam kota festival suporter ini akan menawarkan siaran pertandingan langsung dari Piala Dunia yang dikemas dengan hiburan, termasuk pertunjukan DJ internasional, musisi dan artis lokal, dan penampilan dari FIFA Legends.

Festival supoter akan dibuka pada tanggal dan waktu tertentu selama Piala Dunia dimulai pada 20 November 2022.

“Festival Penggemar FIFA dirancang untuk menyatukan para penggemar di luar stadion untuk merasakan yang terbaik dari sepak bola, musik, budaya, dan gaya hidup,” kata Chief Business Officer FIFA Romy Gai.

“Kami merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan Budweiser, Corona, dan Brahma untuk membawa konsep FIFA Fan Festival yang berpusat di Doha dan menggemakannya di sekitar kota besar dan membawa atmosfer Piala Dunia 2022 yang meraih ke depan pintu para penggemar di seluruh dunia," sambungnya.

Piala Dunia 2022 akan berlangsung pada 20 November hingga 18 Desember 2022. Turnamen dibuka dengan laga perdana antara tuan rumah Qatar malawan Ekuador.

Piala Dunia 2022 akan tercatat dalam sejarah sebagai yang pertama berlangsung pada musim dingin. Ini juga pertama kalinya digelar di negara kawasan Timur Tengah


Festival Gurun

FIFA resmi meluncurkan logo Piala Dunia 2022 di Doha, Qatar, Selasa (3/9/2019). (AFP).

Sementara itu, pemerintah Qatar bakal menggelar festival gurun. Menariknya, tujuannya digelar acara ini untuk menarik minat suporter Inggris dan Wales untuk datang ke negara Timur Tengah.

Di festival gurun nantinya para suporter Inggris dan Wales bisa minum alkohol hingga 17 jam per hari. Penyelenggara Piala Dunia telah membawa promotor Glastonbury Arcadia untuk menjalankan festival selama turnamen.

The Sun mengklaim festival ini bertajuk 'arcadia spektakuler', rencananya dipentaskan di luar ibu kota Qatar Doha. Festival tersebut dapat menampung 15.000 penggemar setiap hari.

Tidak hanya menjual alkohol dari jam 10 pagi hingga jam 03.00 dini hari, festival ini juga bakal menampilkan panggung dan rumah musik.

Bahkan panitia di Qatar telah mempersiapkan pertunjukan lengkap dengan Glastonbury Spider seberat 50 ton.

 


Meraup Pemasukan

Suporter timnas Inggris terlihat kecewa saat menonton siaran langsung babak semifinal Piala Dunia 2018 melawan Kroasia di Hyde Park, London, Rabu (11/7). Langkah Inggris di Piala Dunia 2018 terhenti oleh Kroasia. (AP/Matt Dunham)

Festival Gurun rencananya dipentaskan di antara Bandara Doha di selatan kota dan base camp Timnas Inggris di Souk Al-Wakrah hotel. Jarak tempat festival ini sekitar 20 menit dari Ibu Kota.

Setiap pengunjung wajib membayar 50 dolar AS (sekitar Rp770 ribu) untuk masuk ke Festival Gurun. Banderol tersebut belum termasuk bir, yang biasanya senilai 8 dolar AS (Rp120 ribu) tiap liter.

Meski harga tersebut belum terkonfirmasi, ini akan mendatangkan keuntungan secara finansial bagi penyelenggara atau tuan rumah Qatar.

Tidak hanya suporter Inggris dan Wales, fans dari negara lain yang biasa menenggak alkohol juga bisa datang ke tempat ini.


Awalnya Melarang

Kurang lebih 3 bulan lagi putaran final Piala Dunia 2022 Qatar akan dimulai. Iconic Lusail Stadium terpilih sebagai venue pembuka dan penutup ajang pesta akbar sepak bola 4 tahunan sejagat ini. Tak salah jika Iconic Lusail Stadium terpilih dalam dua laga tersebut dan beberapa laga lainnya karena menjadi stadion terbesar dari 8 stadion yang digunakan di Qatar nanti. Mau tahu seperti apa suasana Iconic Lusail Stadium yang telah menggelar laga uji coba resmi tersebut? Berikut profil singkatnya. (AFP/Mustafa Abumunes)

Qatar telah menghadapi tekanan untuk melonggarkan peraturan ketat seputar alkohol selama turnamen berlangsung. Alkohol memang tidak ilegal di Qatar tetapi biasanya tidak ada toleransi untuk minum di depan umum, dan mabuk juga masuk dalam tindak pidana.

Alkohol biasanya hanya tersedia untuk dibeli untuk anak berusia di atas 21 tahun dari restoran dan bar hotel berlisensi khusus. Meskipun ada juga satu lisensi yang dikendalikan negara yang hanya dapat digunakan oleh penduduk tetap.

Aturan ketat seputar alkohol dan harga penginapan yang mahal di Qatar sempat diprotes suporter khususnya Inggris. Bahkan pendukung Inggris mengancam tidak akan datang ke Qatar pada Piala Dunia 2022.


Disiarkan Emtek Grup

Warga berkumpul menyaksikan proyeksi logo resmi Piala Dunia 2022 yang ditampilkan di sebuah gedung di pasar tradisional Souq Waqif, ibu kota Qatar di Doha, Selasa (3/9/2019). Lambang itu juga diluncurkan secara serentak di 24 kota besar lainnya di seluruh dunia. (Photo by - / AFP)

Para pecinta sepak bola Tanah AIr dapat menyaksikan seluruh pertandingan Piala Dunia 2022 di berbagai platforf Elang Mahkota Teknologi atau Emtek Group.

Pasalnya, Emtek Group sebagai pemegang hak siar bakal menghadirkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 melalui stasiun televisi Indosiar, SCTV, O Channel, Mentari TV dan live streaming Vidio.

Juga di Nex Parabola dan Champions TV. Berita-berita terbaru seputar turnamen akbar empat tahunan tersebut juga bisa didapatkan melalui bola.liputan6.com.

Tak hanya itu, Emtek Group juga mendapat kesempatan untuk menyiarkan secara langsung pertandingan Piala Dunia U-20.

Kejuaraan kelompok umur ini bakal berlangsung di Indonesia dan diikuti oleh timnas Indonesia pada tahun 2023 mendatang.

Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya