Resmikan Taman Makam Tokoh Bangsa, Anies: Tempat Mengambil Pelajaran dan Hikmah

Anies menjelaskan bahwa TPU Karet Bivak ini menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi banyak tokoh yang akhir hayatnya di Jakarta.

oleh Winda Nelfira diperbarui 13 Okt 2022, 11:32 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Taman Makam Tokoh Bangsa di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Taman Makam Tokoh Bangsa di Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022). Ia bersyukur rencana panjang yang telah dicanangkan telah rampung.

"Alhamdulilah mari kita mulai dengan bersyukur, bersyukur sebuah rencana panjang bisa kita tuntaskan pada pagi hari ini," kata Anies.

Anies menjelaskan bahwa TPU Karet Bivak ini menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi banyak tokoh yang akhir hayatnya di Jakarta. Padahal, kata Anies, mereka bisa saja lahir dari berbagai tempat di seluruh Nusantara. Tapi kemudian mereka hidup, berkarya, dan bermakna di Jakarta.

"Ini adalah tempat di mana kita sebagai bangsa bisa mengambil pelajaran, hikmah. Karena itulah kenapa kemudian saya undang ibu Kadis Tamhut dan perancang untuk bagaimana membuat tempat ini lebih dari sekadar pemakaman begitu saja," jelas dia.

Menurut dia adanya taman sekaligus galeri dan museum ini, menunjukkan pentingnya Jakarta bagi aktivitas pergerakan dan kebangsaan di Indonesia. Ke depan Anies berharap banyak elemen masyarakat hadir untuk belajar di tempat ini

"Tapi tempat di mana keluarga anak-anak sekolah, mahasiswa bisa datang bisa kemudian mempelajari kisah hidup mereka sehingga bisa menjadi hikmah bagi kita. Bisa menjadi inspirasi," kata dia.

Lebih lanjut, Anies menuturkan, dengan adanya taman tersebut, menunjukkan bahwa makam ini adalah salah satu simpul ke-Indonesiaan. Mengingat banyaknya tokoh-tokoh yang karyanya dikenang dan membawa manfaat bagi masyarakat.

"Di sinilah bisa dibilang simpul ke-Indonesiaan itu dicap erat dan di sinilah berkumpul tokoh-tokoh yang karya-karyanya dirasakan manfaat oleh masyarakat banyak," kata Anies.

 


Jadi Tempat Perkumpulan Gagasan

Anies menyampaikan bahwa hal itulah yang menjadikan Jakarta tempat perkumpulan berbagai sektor ide dan gagasan yang terus menghadirkan kebaruan.

"Karena itulah Jakarta menjadi tempat pergumulan gagasan pergumulan karya, pergumulan berbagai bidang sektor yang menghasilkan terobosan, yang menghasilkan kebaruan," pungkasnya.

Sejauh ini, terdapat 15 tokoh bangsa yang telah diabadikan namanya dalam galeri Taman Makam Tokoh Bangsa, TPU Karet Bivak. Di antaranya Fatmawati, Iswadi Idris, Pramoedya Ananta Toer, Benyamin Sueb, Rohana Kudus.

Nantinya, jumlah ini dapat bertambah seiring dengan pendataan nama-nama tokoh bangsa yang tengah dilakukan oleh dinas terkait.

Infografis Jelang Akhir Jabatan Gubernur Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya