5 Fancam K-Pop Idol Terpopuler, Siapa Sih Pelopornya?

Apa arti dari Fancam yang kerap dilakukan para K-Pop Idol?

oleh Afifah Nur Andini diperbarui 14 Okt 2022, 06:30 WIB
Yuri SNSD. Foto: via fanpop.com

Liputan6.com, Jakarta - Penggemar K-Pop pasti familiar dengan istilah yang satu ini. Fancam adalah video yang diambil oleh fan dan diunggah melalui media sosial.

Istilahnya sendiri sudah menunjukkan arti fancam tersebut, yaitu dari kata "fan" atau penggemar dan "cam" yang artinya kamera. Fancam umumnya hanya fokus kepada satu anggota dari seluruh penampilan grup.

Pengambilan video ini bertujuan untuk fokus merekam penampilan idol, mulai dari pakaian yang dikenakannya, gerakan koreografi yang dilakukan, sampai ekspresi wajahnya.

Budaya fancam ini pertama kali dipopulerkan oleh SNSD, tepatnya saat masa K-Pop generasi kedua. Waktu itu SNSD sedang menampilkan lagu "Oh!" di Namyangju Central Stadium pada 2010.

Setelah itulah beredar video fancam pertama. Jumlah penayangan video fancam solo yang menampilkan salah satu personil SNSD, yaitu Yuri hampir mencapai jumlah 270.000 kali tayangan di YouTube.

Saat itu jumlah tersebut merupakan angka yang besar. Video ini menjadi fancam pertama Yuri SNSD, sekaligus mempelopori budaya fancam hingga saat ini.

Fancam ini pun mulai diadopsi oleh kelompok fan dari grup lainnya, yang mulai merekam penampilan idolanya secara individu.

Sejak itu, banyak fan mulai menyukai fancam solo karena memungkinkan mereka untuk fokus memperhatikan gerakan dan ekspresi dari satu idol tertentu.

Dari fancam, fan juga dapat belajar korerografi lagu yang dibawakan idol tersebut.

Fancam menjadi sesuatu yang identik dengan dunia K-Pop. Tidak hanya fan, kini budaya fancam juga sudah digunakan acara-acara musik untuk merekam tiap-tiap anggota grup ketika melakukan penampilan di panggung, lalu mengunggahnya di YouTube.

Variasi bentuk video fancam pun mulai muncul. Misalnya facecam, yang hanya merekam idol dari kepala sampai dada.

Facecam di sini bertujuan untuk fokus terhadap wajah dan ekspresi yang ditunjukkan idol ketika tampil.

 

 

 

 

 


1. Winter (GOT the Beat)

Winter aespa

Salah satu member Aespa, Winter, banyak menarik perhatian dalam penampilannya membawakan lagu "Step Back". Lagu ini dibawakan oleh grup subunit dari SM Entertainment, GOT the Beat.

Subunit ini terdiri dari anggota girl group berbakat dari SM Entertainment dari tiga generasi, yaitu BoA, Taeyeon, dan Hyoyeon dari Girls' Generation, serta Seulgi dan Wendy dari Red Velvet.

Selain Winter, ada juga Karina Aespa bergabung dalam grup subunit tersebut.

Fancam tersebut telah dirilis sejak 29 Januari tahun ini. Sampai saat ini, video tersebut sudah diputar sebanyak 14 juta kali di YouTube.


2. Tsuki (Billlie)

Billlie TSUKI 4K Fancam GingaMingaYo (the strange world) (ARIRANG K-POP YouTube Channel)

Tsuki dari girl grup Billlie sempat viral di internet setelah rekaman fancam-nya yang membawakan lagu comeback "GingaMingaYo" beredar di media sosial.

Penampilan Tsuki yang sangat ekspresif ketika tampil menyita perhatian banyak penggemar di dunia K-Pop.

Saat ini, video yang diunggah oleh kanal YouTube Arirang K-Pop ini sudah memiliki lebih dari 10 juta penonton.

Belum banyak yang mengetahui bahwa idol dengan nama lengkap Fukutomi Tsuki ini merupakan seorang model asal Jepang, yang lahir pada September 2002.

Tsuki debut bersama Billlie di 2021 dan memiliki peran sebagai main dancer.


3. Wonyoung (IVE)

Jang Wonyoung IVE. (Foto: Instagram/ for_everyoung10)

Fancam Wonyoung saat menampilkan lagu "LOVE DIVE" ini telah menarik perhatian penggemar dan telah diputar sebanyak lebih dari tiga juta kali di YouTube. Video ini dirilis pada 19 Juni 2022.

Sebelum bergabung bersama IVE, Wonyoung sempat tampil sebagai salah satu anggota grup IZ*ONE. Ketika grup tersebut dibubarkan, ia pun mulai debut dalam grup IVE membawakan lagu "ELEVEN".

Belum lama ini, IVE melakukan comeback keduanya tahun ini membawakan lagu "After Like".


4. V (BTS)

Kim Taehyung atau V BTS. (Facebook/ BTS (방탄소년단))

Salah satu member BTS ini dikenal memiliki banyak video fancam dengan jumlah penonton yang tidak sedikit. Fancam V BTS menjadi salah satu fancam yang banyak digemari penggemar K-Pop.

Pada video ini, idol dengan nama lengkap Kim Taehyung membawakan lagu berjudul "Anpanman", di atas panggung acara Permission to Dance on Stage in Seoul.

Fancam ini dirilis pada 12 Maret lalu dan saat ini sudah ditayangkan sebanyak empat juta kali di YouTube.

Video fancam lain dari V BTS yang populer adalah ketika dirinya membawakan lagu "Yet To Come" dan "For Youth".


5. Jungkook (BTS)

Jungkook BTS di Season's Greetings 2021. (dok. Facebook/bangtan.official)

Sama dengan V, Jungkook juga memiliki jumlah penonton yang tidak kalah banyak. Salah satu fancam-nya yang mendapatkan penonton terbanyak adalah ketika ia menampilkan lagu "Fake Love" di atas panggung konser Permission to Dance on Stage in Seoul.

Sampai saat ini, fancam tersebut sudah mendapatkan lebih dari tiga juta penonton di Youtube, sejak tanggal perilisannya pada 13 Maret 2022.

Tidak hanya itu, beberapa fancam Jungkook paling populer di kalangan penggemar di antaranya ketika ia membawakan lagu "Dope" dengan 2 juta penonton, serta saat dirinya membawakan lagu "Butter" di panggung yang sama dan telah ditayangkan lebih dari 1,5 juta kali.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya