FIFA Gandeng 8 Seniman Mancanegara untuk Kampanyekan Piala Dunia 2022

Piala Dunia Qatar 2022 meluncurkan kampanye "Spotlight: Your Dream"

oleh Muhammad Rizal diperbarui 17 Okt 2022, 21:30 WIB
Logo FIFA. (AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI)

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar sudah di depan mata. Untuk merayakan acara olahraga global, FIFA telah berkolaborasi dengan delapan artis pendatang baru dari berbagai belahan dunia untuk meluncurkan kampanye "Spotlight: Your Dreams".  

Karya seni yang dihasilkan oleh materi iklan global untuk permainan ini terinspirasi oleh bapak pionir Piala Dunia, Jules Rimet. Ide "Spotlight: Your Dreams" tidak hanya menyoroti bakat yang muncul, tetapi juga berfokus pada kisah dan pahlawan dalam komunitas yang berbeda di seluruh dunia.  

Tokoh media sosial terkenal Noah Beck juga telah dipanggil oleh FIFA untuk menambah kegembiraan kampanye melalui jutaan pengikutnya. Beck dan delapan seniman yang tercantum di bawah ini ditugaskan untuk mengumpulkan penggemar di seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam kampanye berbasis seni ini:

Lu Sedova (Argentina)

Seorang seniman dan penjelajah sosial yang sedang naik daun yang menampilkan sepak bola, dan khususnya referensi ke Diego Maradona, dalam seni kanvasnya.

Matt Adnate (Australia) 

Seniman semprot dan akrilik yang sangat dipengaruhi oleh komunitas asli Australia dengan mural yang diakui di seluruh Australia.

Victor Mosquera (Kanada)

Ilustrator digital terkemuka dan penggemar sepak bola dengan gaya psikedelik yang telah bekerja dengan musisi dan sutradara film.

Josephine Henning (Jerman)

Mantan pemain sepak bola internasional yang tetap terlibat dengan olahraga sebagai pundit. Seni akrilik dan kanvasnya adalah contoh sempurna dari persilangan antara sepak bola dan seni.

Farid Rueda (Meksiko)

Muralis terkenal dengan pengikut global yang setia, yang seni grafitinya menampilkan referensi kuat ke budaya Meksiko.

Ashley Dreyfus (Amerika Serikat)

Seniman media campuran dan muralis yang bersemangat dan penuh warna yang berbasis di Los Angeles dengan tujuan untuk membangkitkan kegembiraan dan rasa ingin tahu dengan seni.

Gabe Gault (Amerika Serikat)

Seorang seniman California Selatan dengan fokus pada lukisan modern impresionistik yang didedikasikan untuk menyoroti individu yang bekerja untuk membuat perbedaan positif.

Jaber Henzab (Qatar)

Seniman digital menjanjikan yang menghidupkan bentuk seni yang menarik dan menyoroti stadion Piala Dunia FIFA yang ikonik.


Kolaborasi FIFA dengan Influencer Media Sosial Amerika

FIFA resmi meluncurkan logo Piala Dunia 2022 di Doha, Qatar, Selasa (3/9/2019). (AFP).

FIFA bekerja sama dengan Noah Beck dan delapan seniman yang disebutkan akan mendorong seniman, penggemar, dan creator di seluruh dunia untuk menggambar, melukis, atau secara artistik menghasilkan karya seni yang mengekspresikan impian mereka yang dibayangkan melalui piala mereka sendiri.  

Selain itu, delapan seniman kampanye yang berpartisipasi akan menginspirasi dan melibatkan orang lain melalui seni dan cerita mereka sendiri dengan mendorong pendaftaran ke #FIFADreamContest di setiap negara.

"Saya sangat senang bisa bergabung dengan seniman berbakat ini untuk ambil bagian dalam kontes seni penggemar global terbesar dari jenisnya," kata Beck.

"Setiap Piala Dunia FIFA adalah tentang orang-orang yang bermimpi, kemudian mewujudkan impian mereka, jadi kami ingin sebanyak mungkin orang terlibat dalam #FIFADreamContest. Mari jadikan Piala Dunia FIFA Qatar 2022 sebagai waktu bagi mimpi untuk benar-benar menjadi kenyataan dan soroti apa sebenarnya permainan yang indah itu," tambahnya. 

"Spotlight: Your Dreams" #FIFADreamContest akan mengarah ke kompetisi bergaya braket pada 10 November di mana 16 karya seni kiriman pengguna terbaik yang dikuratori oleh kolaborator kreatif dapat memperoleh suara publik.

Pemenang kompetisi, yang akan ditentukan pada 14 November, akan memenangkan perjalanan ke Piala Dunia FIFA di Qatar.


Cara Mengikuti #FIFADreamContest

Bola resmi Piala Dunia 2018, Telstar 18. (FIFA)

Fans dapat mengikuti #FIFADreamContest dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat karya seni orisinal yang mencerminkan impian Piala Dunia FIFA Anda

2. Pastikan terdapat piala pada bagian karya Anda

3. Ingatlah bahwa ini tentang sepak bola, seni, dan mimpi. Potongan yang tidak pantas atau tidak terkait akan didiskualifikasi

4. Bagikan karya Anda di Twitter dan/atau Instagram dengan #FIFADreamContest

5. Jangan sertakan teks dalam entri gambar atau video Anda

6. Pastikan Anda mengirimkan entri Anda sebelum 3 November 2022

"Kami senang bahwa seniman lokal berbakat ini telah memutuskan untuk menjadi bagian dari kampanye 'Spotlight: Your Dreams' selama Tur Trofi Piala Dunia FIFA," kata Colin Smith, Chief Operating Officer FIFA untuk Piala Dunia.

"Sebagai pertunjukan terbesar di dunia, Piala Dunia FIFA adalah kesempatan untuk melibatkan semua orang dalam sepak bola. Seniman ini membantu orang bermimpi melalui seni, budaya, dan permainan yang indah."

Untuk informasi lebih lanjut tentang kampanye "Spotlight: Your Dreams", #FIFADreamContest kunjungi situs resmi FIFA.com/trophytour.


Populasi Qatar Naik 13,2 Persen Jelang Piala Dunia 2022

Gambar yang dirilis pada 20 November 2019, Stadion Lusail yang menjadi venue Piala Dunia 2022 sedang dalam pembangunan di utara ibu kota Qatar, Doha. Piala Dunia 2022 Qatar rencananya akan dimulai pada 21 November hingga 18 Desember. (Qatar’s Supreme Committee for Delivery and Legacy/AFP)

Populasi Qatar naik sebesar 13,2 persen dalam satu tahun terakhir, menurut data resmi, di saat negara kecil di wilayah Teluk Arab itu merekrut ribuan pekerja asing menjelang perhelatan Piala Dunia yang akan berlangsung bulan depan untuk mengantisipasi kedatangan pengunjung dalam jumlah besar.

Populasi negara kaya itu mencapai 2,94 juta setelah sekitar 370.000 orang pindah ke Qatar dalam satu tahun terakhir belakangan, berdasarkan data yang dikumpulkan pada September dan dirilis oleh otorita statistik Qatar beberapa pekan lalu.

Kebanyakan penduduk di negara itu adalah para pekerja migran berpendapatan rendah dan pekerja asing lain, sementara jumlah warga negara Qatar sendiri hanya sekitar 380.000. 

Penyelenggara Piala Dunia menghadapi kekurangan personel di tengah Qatar yang bersiap menerima sekitar 1,2 juta pengunjung dalam perhelatan sepak bola terbesar di dunia itu, yang diduga akan memberikan tekanan pada sektor infrastruktur, perholetan dan pariwisata serta keamanan.

Operator hotel Accor merekrut 12.000 pegawai asing sementara untuk mengoperasikan 65.000 kamar di apartemen-apartemen dan rumah-rumah untuk menampung pengunjung Piala Dunia Qatar.

Qatar memiliki perjanjian dengan Turki untuk menyediakan lebih dari 3.000 polisi anti huru-hara dan Pakistan juga setuju untuk mengerahkan pasukan ke Qatar selama turnamen berlangsung.

Qatar telah membangun jalan tol, tujuh stadion sepak bola, hotel dan gedung pencakar langit. Menurut dokumen anggaran, biaya yang dihabiskan setidaknya mencapai $229 miliar. Sekitar separuh dari populasi Qatar bekerja dalam industri konstruksi.

Dalam beberapa tahun setelah turnamen, populasi Qatar diperkirakan akan berkurang sekitar 1.2 persen setiap tahun dan merosot ke 2.5 juta pada 2027, menurut perkiraan Dana Moneter Internasional (IMF).


Turki Siap Kirim Bantuan

Parlemen Turki pada Rabu (6/10) menyetujui mosi untuk mengirim pasukan ke Qatar guna memberikan bantuan keamanan selama Piala Dunia FIFA 2022.

"Atas permintaan dari Qatar, sebuah mosi diajukan ke parlemen pada Sabtu (1/10) untuk mengerahkan tentara di negara itu selama enam bulan untuk memberikan keamanan selama turnamen sepak bola pada November 2022," kata parlemen dalam sebuah pernyataan.

Operasi tersebut bertujuan untuk "mengambil tindakan yang diperlukan terhadap berbagai ancaman, terutama terorisme, yang dapat mempengaruhi keamanan acara tersebut," tambahnya, dikutip dari laman Xinhua, Kamis (6/10/2022).

Selain Turki, Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Italia, dan Pakistan juga akan memberikan bantuan keamanan selama Piala Dunia di Qatar, menurut laporan media Turki.

Laporan tersebut mengatakan, Piala Dunia Qatar menghadapi kekurangan personel keamanan saat bersiap untuk turnamen sepak bola FIFA selama sebulan.

Infografis Stadion Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya